Sponsors Link

Manfaat Biji Fumayin Untuk Pleci – Lovebird – Kenari

Sponsors Link

Fumayin masih dalam keluarga cannabis atau yang lebih dikenal sebagai ganja ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk beberapa aspek. Di Indonesia sendiri keberadaan fumayin ini masih kerap kali dianggap tabu karena merupakan ganja yang notabenenya haram atau dilarang baik oleh agama atau pemerintah. Namun ada beberapa hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu mengenai fumayin ini supaya fikiran anda terbuka dan tidak menganggapnya sebagai sesuatu hal yang tidak bleh dibahas karena haram dan tidak ada gunanya.

ads

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua tanaman fumayin adalah ganja. Yang dijadikan ganja atau marijuana adalah jenis fumayin yang memiliki bunga betina dengan daun yang ada disekelilingnya jika sudah tua. Sedangkan varietas lainnya sebenarnya tidak apa-apa dan anda bisa menggunakannya. Biji fumayin ini sudah banyak digunakan dalam berbagai industri di luar negeri. Oleh karena itu saat ini juga ada beberapa pihak yang melakukan budidaya biji fumayin yang bukan masuk dalam ganja untuk keperluan industri tersebut.

artikel terkait manfaat biji:

Pemanfaatan fumayin

Tahukah anda bahwa fumayin ini juga memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk kehidupan sehari-hari. Ya, biji fumayin dapat diekstrak menjadi minyak fumayin, serat serta bungkil. Manfaat ini ternyata sudah diketahui oleh orang sejak dahulu kala selama 10.000 tahun yang lalu. Di Indonesia sendiri biji fumayin ini sudah sangat terkenal terutama bagi para pecinta burung karena salah satu manfaat yang ada di dalam fumayin ini adalah sebagai penyemangat kawin burung serta membuat suara kicau menjadi lebih merdu dan apik.

Cara menanam fumayin sebenarnya tidak ada perubahan dari dulu hingga sekarang. Jadi jika anda menanamnya sebenarnya akan sangat mudah. Namun karena saat ini masih banyak orang yang menganggapnya sebagai ganja maka banyak orang yang enggan menanamnya. Diluar dari fakta tersebut ternyata fumayin juga memiliki manfaat lain sebagai pembuat kain. Ya fumayin mengandung serat yang didapatkan setelah proses degumming. Namun untuk membuat kain biasanya serat fumayin ini dicampur dengan serat lainnya seperti serat rotan, sutera, kapas dan lainnya. setelah dicampur dengan serat lainnya kemudian serat fumayin ini dipintal dan menjadi kain. Selain kain ada juga karung, terpal, kanvas, tali dan lainnya yang bisa sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, biji fumayin juga bisa digunakan menjadi minyak. Sebenarnya biji fumayin bisa dijadikan snack yang gurih dan sehat namun banyak orang lebih suka dengan minyak fumayin. Hal ini masih dikaitkan dengan label dilarangnya fumayin ini. minyak fumayin ini juga digunakan untuk industri bukan untuk konsumsi. Minyak fumayin ini lebih cocok untuk menjadi campuran cat lukis. Selain itu juga bisa digunakan untuk membuat campuran kue atau bahkan untuk menggoreng makanan. Bungkil dari fumayin juga bisa dimanfaatkan menjadi pakan ternak. Ternak yang mendapatkan bungkil fumayin ini akan menjadi lebih sehat dan gemuk.

artikel terkait:

Manfaat biji fumayin untuk burung

Salah satu manfaat dari tanaman fumayin dan biji fumayin adalah sebagai pakan ternak terutama burung. Biji fumayin sudah menjadi rahasia umum untuk meningkatkan performa burung supaya lebih lincah, aktif dan mendapatkan kicau yang lebih merdu. Namun mungkin anda saat ini masih cukup bingung apakah memang biji fumayin ini baik untuk burung anda atau tidak. hal ini tidak terlepas dari label haram yang diberikan kepada fumayin atau ganja. Fumayin dianggap bisa membuat burung menjadi ketergantungan sehingga membuat burung menjadi ketagihan. Namun percayalah bahwa hal tersebut tidaklah benar.

Memang performa burung akan terlihat langsung meniingkat dan membua burung menjadi sangat lincah ketika diberikan biji fumayin sebelum melakukan perlombaan namun ketika sudah selesai burung malah menjadi loyo dan tidak bergairah. Hal ini bukanlah disebabkan oleh ketergantungan dari biji fumayin namun cara member makan biji fumayin yang salah. Bagi anda yang akan melakukan kontens burung sebaiknya memberikan makan burung dengan biji fumayin secara rutin sebelum melakukan kontes dengan dosis yang sedikit-sedikit saja supaya performa burung menjadi baik.

artikel terkait: manfaat ulat hongkongmanfaat ebood jossmanfaat apel untuk burung kenari

Penggunaan biji fumayin pada burung kenari

Burung kenari merupakan salah satu burung yang biasanya dilombakan karena memiliki kicau yang khas serta bulunya yang cantik. Burung kenari juga akan mendapatkan harga yang mahal jika bisa memenangkan suatu perlombaan. Berikut ini adalah tips untuk memberikan pakan biji fumayin pada burung kenari sebelum ajang perlombaan.

  • Mulai dari hari ke lima sebelum melakukan perlombaan, burung kenari diberikan pakan 6 hingga 10 biji fumayin secara teratur setiap harinya.
  • Selama 2 hari setelah lomba juga diberikan pakan biji fumayin setiap hari sebanyak 4 hingga butir supaya burung kenari tidak merasa cepat loyo.
  • Pada 2 hari berikutnya atau hari ke 3 dan ke empat setelah pasca lomba diberikan pakan biji fumatin sebanyak 2 sampai 3 butir.
  • Kemudian pada hari ke lima dan ke enam pasca lomba diberikan pakan biji fumayin sebanyak 1 butir saja.

Penggunaan pakan dengan biji fumayin ini memang tidak boleh dihentikan secara mendadak melainkan harus bertahap karena itu akan lebih sehat bagi burung kenari. Jika dihentikan secara mendadak maka akan membuat burung kenari menjadi loyo dan tidak bergairah. Jadi, anda sebaiknya mengikuti langkah yang telah ditentukan saja supaya lebih aman dan sehat untuk burung anda.

ads

artikel terkait: manfaat kinamanfaat daun saga – manfaat kerodong

Penggunaan biji fumayi untuk burung love bird

Selain burung kenari ada juga beberapa jenis burung yang memiliki kicau yang indah dan terkadang dijadikan ajang perlombaan. Misalnya saja burung love bird. Burung love bird saat ini sedang menjadi favorit karena memiliki kicau yang merdu dan indah serta bulunya yang cantik dengan beraneka ragam warnanya. Burung love bird tidak jarang juga bisa melakukan perlombaan karena ada banyak sekarang ini para pecinta love bird yang mengadakan perlombaan.

Pada intinya pemberian biji fumayin pada burung love bird ini tidak jauh berbeda dengan menggunakannya pada burung kenari. Namun letak perbedaannya adalah dosisnya yang diberikan lebih tinggi dari yang diberikan kepada burung kenari. Jangan lupa selain memberikan pakan biji fumayin anda juga bisa memberikan pakan lainnya yang sehat dan bisa membuat burung love bird lebih lincah lagi.

artikel terkait : manfaat bunga sepatumanfaat daun pepaya bagi ternakmanfaat cuka apel dan madu

Penggunaan biji fumayin untuk burung pleci

Selain burung love bird ada juga burung lainnya yang juga terkenal memiliki suara atau kicauan yang indah yaitu adalah burung pleci. Burung pleci kerap kali diberikan biji fumayin sebagai salah satu ramuan untuk mendoping stamina dan kicauan. Selain memberikan biji fumayin anda juga disarankan untuk melakukan beberapa hal supaya bisa mendongkrak stamina burung pleci diantaranya adalah dengan menjemur burung pleci dan melatih fisik burung pleci. Meskipun dianggap sepele namun ini adalah salah satu cara ampuh supaya burung pleci mau memunculkan kicauannya yang bagus dan optimal.

artikel terkait : manfaat eceng gondok – manfaat daun gamaimanfaat daun bunga matahari

Penggunaan biji fumayin pada burung pemakan non biji

Jika anda bisa memberikan biji fumayin ini pada beberapa burung seperti kenari, love bird dan pleci yang nobatene merupakan burung pemakan biji lalu bagaimana cara memberikannya kepada burung pemakan non biji? Cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menumbuk biji fumayin sampai lembut kemudian rendam serbuk fumayin ke dalam air panas dan tutup rapat hingga satu hari sampai menjadi dingin. Berikan minuman tersebut cukup dua sendok saja setiap harinya dan sisanya dapat anda simpan di dalam kulkas.

artikel terkait: manfaat air rebusan jagungmanfaat peoaya untuk asam lambungmanfaat kjokkenmoddinger

Demikian ulasan mengenai manfaat biji fumayi yang dapat anda gunakan. Semoga bermanfaat

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 30th, May 2016 / 02:34 Oleh :
Kategori : Tumbuhan