Sponsors Link

27 Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Kegunaan asam folat mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat terutama oleh ibu hamil. Ibu yang sedang hamil sangat membutuhkan asam folat demi janin yang ada di dalam kandungannya. Sebenarnya tidak hanya ibu hamil saja yang membutuhkan asam folat tersebut namun manusia biasa pun membutuhkan asupan akan asam folat. Asam folat adalah vitamin B9 dan termasuk ke dalam vitamin B kompleks, vitamin ini akan mudah larut di dalam air dan sifatnya tidak mampu bertahan lama di dalam tubuh sebab, setelah dikonsumsi vitamin ini akan diambil oleh tubuh kemudian vitamin itu akan dikeluarkan bersamaan dengan urin. Oleh sebab itulah ibu hamil harus mengkonsumsi asam folat setiap hari. Kebutuhan akan asam folat bisa tercukupi dengan makanan yang mengandung asam folat dan pengkonsumsian vitamin B9.

Asam folat sering diberikan oleh bidan atau dokter kandungan ketika kontrol kehamilan. Namun sebaiknya bagi ibu yang sedang hamil, tetap mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat terutama kandungan asam folat yang ada pada sayur.  Berikut ini manfaat dari asam folat yang perlu kita ketahui :

1. Menyuburkan Kandungan

Asam folat cocok dikonsumsi oleh pasangan yang mendambakan momongan. Bagi pasangan yang belum dikaruniai momongan ada baiknya mengkonsumsi supplemen asam folat dam juga mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Asam folat bisa digunakan untuk menyuburkan kandungan atau menyuburkan sel telur. Banyak orang yang belum dikaruniai momongan dikarenakan sel sperma pria maupun sel telur pada wanita tidak subur.

2. Menguatkan Sel Telur

Tidak hanya menyuburkan kandungan atau menyuburkan sel telur saja, asam folat juga bisa digunakan untuk menguatkan sel telur sehingga sel telur itu akan kuat menempel di dinding rahim. Banyak yang gagal hamil dikarenakan sebelum berkembang menjadi embrio sel telur itu sudah gugur dari dinding rahim.

3. Meningkatkan Kuantitas Sperma

Bagi pria, manfaat asam folat adalah menambah jumlah atau volume sperma. Asam folat yang dikonsumsi oleh pria bisa meningkatkan jumlah atau kuantitas sperma sampai dengan 74 persen. Peningkatan jumlah atau kuantitas sperma ini berguna untuk meningkatkan peluang kehamilan seseorang.  Hal itu dikarenakan dibutuhkan ribuan sel sperma untuk bisa membuahi sel telur. Jumlah sperma yang sedikit bisa menghasilkan sel sperma yang sedikit pula sehingga pembuahan akan minim terjadi.

4. Peningkat Kualitas Sperma

Asam folat yang diminum oleh pria memiliki manfaat sebagai peningkat kualitas sel sperma. Untuk terjadinya kehamilan tidak hanya dibutuhkan sperma yang banyak saja namun juga dibutuhkan sperma yang berkualitas dikarenakan dari sel sperma yang berkualitaslah yang bisa membuahi sel telur dengan berkualitas pula. Asam folat yang diminum oleh pihak pria juga memiliki manfaat untuk menurunkan jumlah sel sperma yang tidak normal sehingga semakin kecil sel sperma yang tidak normal kecil kemungkinannya pembuahan itu akan gagal.

5. Mengurangi Kecacatan Bayi

Bayi bisa cacat sejak dalam kandungan, oleh sebab itu diperlukan kandungan asam folat untuk bisa mencegah kecacatan tersebut. Ternyata kecacatan ini bisa muncul sejak terjadinya pembuahan. Sperma tidak berkualitas yang membuahi sel telur bisa menyebabkan bayi menjadi cacat di dalam kandungan.

6. Mencegah Down Sindrome

Kualitas sperma juga bisa mencegah penyakit lain pada bayi atau kelainan kromoson pada bayi. Kelainan kromosom itu disebabkan oleh sperma tidak berkualitas yang berhasil membuahi sel telur. Penyakit kelainan kromosom bisa menyebabkan janin yang ada di dalam kandungan mengalami penyakit baby down sindrome.

7. Masalah Kehamilan

Kualitas sperma yang tidak bagus bisa menyebabkan berbagai macam masalah kehamilan misalnya saja adalah hamil BO atau hamil kosong. Selain itu hamil anggur pun bisa terjadi jika kualitas sperma si pria tidak bagus. Pada hamil kosong, sel sperma yang tidak berkualitas banyak yang tidak berisi kromosom, sel sperma itu mampu membuahi sel telur namun tidak berisi kromosom. Sehingga wanita yang mengalami hamil BO dia akan tetap merasakan tanda-tanda kehamilan namun setelah di USG rahimnya kosong dan tidak ada bakal janin di dalamnya. Memang kantung janin telah terbentuk namun bakal janin tidak ada.

8. Memproduksi Sel Darah Merah

Selain obat penambah darah ternyata asam folat juga mampu digunakan untuk memproduksi sel darah merah di dalamt ubuh. Sel darah merah sangat penting bagi ibu hamil. Kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan ibu hamil mengalami anemia. Ibu hamil yang mengalami anemia akan merasakan pusing, lesu, lemas dan gejala anemia lainnya. Ibu hamil yang terkena anemia juga rentan menurunkan anemia itu kepada janinnya.

Janin pada ibu yang terkena anemia rentan untuk terkena kelainan darah. Janin juga akan kekurangan oksigen di dalam tubuh sebab sel darah merah juga berfungsi sebagai pengangkut oksigen. Oksigen yang kurang pada tubuh janin membuat kecerdasan bayi di bawah rata-rata.

9. Perkembangan Syaraf Otak

Bagi ibu yang sedang hamil pengkonsumsian asam folat bermanfaat untuk mengembangkan syaraf pusat yang ada di otak bayi. Selama dalam kandungan sel syaraf pusat bayi dari waktu ke waktu mengalami perkembangan. Jika tidak berkembang, janin yang ada di dalam kandungan rawan untuk terkena kecacatan otak. Bayi yang cacat otak akan mengalami kemampuan berfikir yang kurang. Tidak hanya itu saja, perkembangan syaraf pusat yang terganggu akan memungkinkan syaraf pada tubuh bayi lainnya akan mengalami gangguan pula misalnya syaraf penglihatan, pendengaran dan lain sebagainya.

10. Perkembangan Syaraf Motorik

Syaraf motorik pada janin juga berkembang dari waktu ke waktu. Syaraf motorik ini ada di otak dan sangat penting bagi janin yang ada di dalam kandungan. Syaraf motorik merupakan syaraf yang menggerakkan tubuh bayi. Hal itu karena syaraf ini merupakan syaraf yang memberikan sinyal dari otak ke otot di bagian sumsum tulang belakang.

Sumsum tulang belakang ini adalah otot yang berfungsi untuk menggerakan otot-otot di seluruh tubuh. Jika syaraf motorik terganggu bayi saat besar nanti akan mengalami masalah dengan gerakannya misalnya saja adalah bayi tidak bisa menggerakkan tubuhnya sendiri dan dia akan membutuhkan bantuan dari orang lain.

11. Menghindarkan Kecacatan Pada Bagian Tabung Syaraf Janin

Asam folat yang dikonsumsi oleh ibu hamil bermanfaat dalam menghindarkan dari kecacatan tabung syaraf janin. Tabung syaraf sendiri merupakan struktur embrio yang kemudian berkembang menjadi otak, sumsum tulang belakang pada janin dan berbagai jaringan yang menyertai.

Pada kehamilan normal dan sehat, tabung syaraf akan terjadi ketika awal kehamilan dan perkembangan akan berhenti saat hari ke-28 setelah terjadi pembuahan. Kecacatan tabung syaraf ini bisa mengakibatkan bayi mengalami kecacatan pada bagian sumsum tulang belakang dan menyebabkan kelainan pada tulang belakang bayi. Bayi dengan kecacatan ini tidak bisa duduk maupun berdiri.

12. Menghindari Kecacatan Fisik

Asam folat yang dikonsumsi oleh ibu hamil bermanfaat untuk menghindarkan janin dari kecacatan fisik. Kecacatan fisik tiu bisa terjadi saat dalam kandungan. Janin yang di dalam kandungan butuh asam folat untuk membentuk jaringan dalam organ bayi. Misalnya saja adalah untuk membentuk tangan dan kaki, asam folat akan menyusun jaringan di dalamnya sehingga tangan dan kaki bisa terbentuk dengan sempurna.

13. Menghindarkan dari Penyakit Jantung

Asam folat bisa digunakan untuk menghindarkan dari penyakit jantung. Fungsi asam folat yang bisa digunakan untuk memproduksi sel darah merah bisa mencegah terjadinya penggumpalan darah yang ada di dalam tubuh manusia. Jika tubuh mengalami penggumpalan darah maka, aliran darah tidak bisa mengalir dengan sempurna begitupula dengan darah yang menuju ke jantung.

14. Menghindari Keguguran

Sel telur yang kuat tidak akan mudah terlepas dari dinding rahim. Manfaat asam folat untuk ibu hanil yang digunakan untuk menguatkan sel telur, terbukti mampu menghindarkan dari gugurnya sel telur dari dinding rahim. Sel telur itu akan menjadi embrio dan berubah menjadi bakal janin. Embrio yang kekurangan asam folat dia akan lemah dan tidak mampu kuat menempel pada dinding rahim sehingga embrio itu akan luruh dan terjadilah keguguran.

15. Mencerdaskan Anak

Ibu hamil yang menjaga kehamilannya dengan baik bisa melahirkan anak-anak cerdas yang membanggakan. Hal itu dikarenakan ibu hamil sangat memperhatikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Ibu yang menjaga kehamilannya dengan baik senantiasa mengkonsumsi asam folat sejak dinyatakan hamil pertama kali.

Asam folat yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa mencerdaskan janin yang ada di dalam kandungannya sebab asam folat itu mampu menjaga perkembangan otak janin sehingga otak janin terbetuk dengan sempurna, tidak hanya itu saja sel darah merah yang diproduksi oleh asam folat bisa membuat aliran darah manusia dan oksigen berjalan lancar terutama ketika menuju ke bagian otak janin. Kecerdasan dan kemampuan berfikir janin akan dipergaruhi oleh sel darah merah dan oksigen yang ada di kepalanya. Banyak fakta menunjukkan bahwa orang yang mengalami anemia dia akan sulit konsentrasi sebab di kepalanya kekurangan oksigen dan sel darah merah.

16. Mencegah Stroke

Orang yang kekurangan asam folat kebanyakan mengalami masalah pada syaraf pusatnya. Syaraf pusat sangat penting sebab syaraf pusat ini membawahi syaraf yang ada di sistem panca indera. Gangguan di syaraf pusat juga merupakan sumber berbagai macam penyakit misalnya saja stroke. Kebanyakan stroke disebabkan oleh masalah atau terganggunya sistem di syaraf pusat manusia.

17. Meningkatkan Daya Ingat

Mengkonsumsi asam folat secara rutin bisa digunakan sebagai peningkat daya ingat. Saat seseorang mudah lupa hal itu menandakan bahwa aliran oksigen dan aliran sel darah merah ke otak menjadi terganggu. Terganggunya oksigen dan sel darah merah yang menuju ke otak bisa diatasi dengan mengkonsumsi asam folat hal itu dikarenakan asam folat bisa digunakan untuk memproduksi sel darah merah dan meningkatkan jumlah sel darah merah di dalam tubuh manusia.

18. Mengobati Depresi

Penelitian yang dilakukan menemukan fakta bahwa orang yang kekurangan asam folat akan mudah terkena depresi. Tidak haya itu saja, asam folat juga dipercaya bisa digunakan untuk mengobati depresi pada manusia. Sebanyak 35 pasien depresi di dalam dirinya mengandung sedikit asam folat.

19. Menghilangkan Racun

Asam folat yang dikonsumsi oleh tubuh bisa berfungsi sebagai media detox. Media detox merupakan media yang bisa digunakan untuk mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Ketika racun dikeluarkan tubuh akan menjadi sehat.

sponsored links

20. Menghindari Alzheimer

Alzheimer merupakan penyakit kepikunan yang telah parah. Mengkonsumsi asam folat setiap harinya bisa mencegah terjadinya alzheimer pada tubuh kita sebanyak 55 persen. Studi yang dilakukan di California menunjukkan bahwa pria yang memiliki sedikitnya 400 mcg asam folat didalam tubuhnya secara signifikan bisa terhindar dari penyakit ini. Hal itu dikarenakan fungsi asam folat yang bisa mencegah kerusakan otak dan cacat otak sedangkan alzheimer sendiri merupakan penyakit yang bisa menyerang otak.

20. Membantu Pertumbuhan Jaringan Tubuh

Asam folat yang anda konsumsi bermanfaat untuk menumbuhkan semua jaringan yang ada di dalam tubuh anda. Misalnya saja adalah pertumbuhan jaringan rambut. Orang yang memiliki asupan asam folat yang baik, dia akan mudah dalam menumbuhkan rambutnya sehingga dia akan memiliki rambut yang panjang dan juga kuat.

22. Menghindarkan dari Cacat Jantung

Jantung adalah organ bayi yang penting. Untuk berkembang dengan sempurna bayi membutuhkan asupan asam folat yang cukup. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan jantung mengalami berbagai macam masalah misalnya saja adalah jantung bocor, kelainan katup jantung dan masih banyak lagi lainnya.

23. Perkembangan Plasenta

Plasenta merupakan sesuatu yang penting dalam kehamilan. Plasenta ini menyertai janin sampai janin dilahirkan ke dunia ini. Plasenta pun akan berkembang dari waktu ke waktu, sayangnya kekurangan asam folat bisa menyebabkan pertumbuhan plasenta menjadi tidak sempurna. Plasenta akan berfungsi jika dia mampu berkembang dengan sempurna.

Plasenta memiliki fungsi sebagai pertukaran ekskresi, penyuplai makanan, penyalur oksigen antara ibu janin ke janin yang ada di dalam kandungan dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, agar plasenta bisa menjalankan fungsinya dengan baik perkembangan plasenta juga harus baik dengan didukung mengkonsumsi asam folat.

24. Bayi Prematur

Ibu hamil yang kurang dalam mengkinsumsi asam folat dia akan beresiko melahirkan bayi prematur. Bayi prematur memiliki banyak kelemahan sebab organ-organ yang ada di dalamnya belum berkembang dengan sempurna. Angka hidup pada bayi prematur tergolong rendah terutama jika banyak organ bayi banyak yang belum matang.

25. Berat Badan Bayi Rendah

Ibu hamil yang kekurangan asam folat dia akan melahirkan bayi dengan berat badan yang rendah. Bayi yang kekurangan berat badan rentan mengalami mal nutrisi.

26. Menghilangkan dan Menghindari Nyeri Otot

Nyeri otot yang sering dialami mungkin suatu tanda bahwa di dalam tubuh sedang kekurangan asam folat. Asam folat merupakan vitamin B9 yang tergolong dalam vitamin neurotropik. Vitamin neurotropik adalah vitamin yang bermanfaat bagi otot diantaranya adalah penghilang dan pencegah nyeri otot.

27. Mencegah Osteoporosis

Asam folat berguna untuk mencegah osteoporosis dikarenakan mampu mengubah homosistein menjadi metionin. Tidak hanya itu saja asam folat mampu menurunkan kadar homosistein di dalam tubuh. Homosistein itu merupakan  penyebab munculnya osteoporosis.

Jika ada yang berfikiran bahwa asam folat hanya bisa dikonsumsi oleh ibu hamil anggapan tersebut salah sebab asam folat bisa dikonsumsi oleh masyarakat umum baik pria maupun wanita. Melihat dari banyaknya manfaat asam folat untuk kesehatan tubuh, mulai dari sekarang anda bisa mengkonsumsi asam folat baik entah itu bentuknya supplemen maupun dari makanan yang mengandung asam folat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 19th, January 2016 / 04:47 Oleh :
Kategori : Nutrisi