5 Manfaat Biang Kunyit Untuk Rahim dan Kesuburan

Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang tergabung dalam family Zingiberaceae yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit. Namun, ada juga bagian dari kunyit yang dimanfaatkan secara khusus untuk mengatasi beberapa masalah yang terjadi pada rahim, yakni biang kunyit. Biang kunyit sebenarnya merupakan bagian dari kunyit, yakni kepala kunyit. Secara kandungan gizi antara kunyit dan biang kunyit sebenarnya hampir sama, hanya saja bentuknya sedikit berbeda dan biang kunyit lebih ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan, salah satunya untuk mengatasi masalah rahim. artikel terkait:

Kandungan Gizi Biang Kunyit

Tidak berbeda jauh dengan kandungan pada kunyit, biang kunyit juga memiliki beragam kandungan gizi di dalamnya. Yang terkandungan dalam biang kunyit yakni kurkumin, minyak atsiri, karbohidrat, lemak, vitamin C, protein, Kalsium, fosfor, zat besi dan mengandung pati. Beberapa zat yang terkandung di dalam biang kunyit tersebut yang dapat bermafaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

artikel terkait: manfaat kunyit putih untuk keputihanmanfaat kunyit dan madu – manfaat kunyit untuk diabetes

Manfaat Biang Kunyit Untuk Rahim

Biang kunyit sebenarnya memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Lebih rincinya, biang kunyit memiliki beberapa manfaat untuk menjaga kesehatan rahim. Beberapa manfaat biang kunyit untuk kesehatan rahim diantaranya:

  1. Mencegah Terjadinya Kanker Rahim

Kanker disebabkan karena sistem imun terlalu lemah sehingga sel kanker dapat menyerang tubuh dengan cepat. Bagi kebanyakan wanita, bagian yang banyak diserang oleh sel kanker yakni bagian rahim, sehingga banyak penderita kanker rahim. Mengatasi dan mencegah kanker rahim dapat dilakukan dengan memanfaatkan biang kunyit. Kandungan kurkumin yang terkandung di dalamnya mampu membantu mencegah masuknya sel kanker di dalam tubuh termasuk di dalam rahim. Dengan begitu, risiko terkena kanker rahim akan dapat diminimalisir.

artikel terkait: manfaat air kunyit

  1. Mengatasi Nyeri Haid

Wanita yang mengalami haid, berarti sedang terjadi peluruhan darah dari dinding rahim. Apabila haid lancar, maka yang dirasakan hanyalah sedikit nyeri pada bagian pinggang. Namun, apabila nyeri pada bagian rahim, bisa jadi disebabkan adanya bakteri yang menyebabkan rahim nyeri ketika haid. Menggunakan obat pereda nyeri terkadang dapat menyebabkan ketergantungan dan tidak baik untuk tubuh karena menandung bahan kimia. Obat alami yang digunakan untuk mengatasi bakteri penyebab nyeri haid yakni dengan biang kunyit. Kandungan dalam biang kunyit bersifat sebagai antiseptik  dan antibakteri, sehingga dapat membunuh bakteri yang menyebabkan haid menjadi nyeri.

artikel terkait: manfaat biang kunyit


  1. Melancarkan Darah Pada Area Rahim

Mengkonsumsi biang kunyit dapat menjaga kesehatan rahim dengan baik. Kandungan dalam biang kunyit mampu membantu melancarkan peredaran darah pada rahim. Dengan begitu, dapat rahim menjadi lebih sehat karena aliran darah yang lancar.  Lancarnya aliran darah pada area rahim dapat membantu menjaga kesehatan rahim dan meningkatkan kesuburan.

artikel terkait: manfaat sari kunyit

  1. Mengatasi Keputihan

Keputihan terjadi karena adanya jamur yang hidup di dalam rahim. Keputihan akan menyebabkan gatal dan bau tak sedap di bagian kewanitaan. Cara mengatasinya tidak harus menggunakan sabun khusus area kewanitaan, namun juga dapat menggunakan biang kunyit yang diambil ekstraknya kemudian diminum secara rutin.

artikel terkait: manfaat jamu kunyit asam


  1. Mencegah Peradangan Pada Rahim

Peradangan yang terjadi pada rahim terkadang dapat menyebabkan rasa sakit pada bagian rahim. Salah satu cara mengatasinya yakni dengan meminum air kunyit secara rutin. Kandungan dalam biang kunyit dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi pada rahim.

artikel terkait: manfaat kunyit

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan biang kunyit untuk menjaga kesehatan rahim. Beberapa cara memanfaatkan biang kunyit yakni :

  1. Meminum air perasan parutan biang kunyit.
  2. Merebus biang kunyit dalam 3 gelas air, kemudian sisakan sampai hanya tinggal 1 gelas saja.
  3. Merebus biang kunyit dengan asam, kemudian diminum secara rutin.

Tidak sulit memanfaatkan biang kunyit sebagai obat alami yang dapat membantu menjaga kesehatan rahim. Namun diperlukan ketelatenan agar biang kunyit dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan rahim.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 21st, August 2017 / 15:54 Oleh :
Kategori : Herbal