Sponsors Link

Manfaat Air Hangat Untuk Diet Sehat

Sponsors Link

Apakah Anda sedang menjalani program diet? Bagi kebanyakan orang apabila mendengar kata diet, yang terlintas dibenaknya adalah pross penurunan berat badan. Padahal, pengertian diet cukup luas. Secara umum diet dapat diartikan sebagai pengaturan pola makan baik dari segi porsi, ukuran maupun kandungan gizinya. Secara bahasa, diet berasal dari bahasa Yunani yang berarti cara hidup.

artikel terkait:

Di sisi lain, definisi diet dalam nutrisi berarti jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang. Diet yang dijalankan oleh orang ini berbeda-beda tergantung dari latar belakang asal maupun keyakinan individu tertentu. Diet dalam upaya pengaturan nutrisi ini terdiri dari beberapa jenis, yaitu diet penurunan berat badan, diet peningkatan berat badan dan diet pantangan terhadap jenis makanan tertentu.

Mengenai diet penurunan berat badan, konon salah satu upaya yang dapat membantu menurunkan berat badan adalah dengan minum air hangat. Apakah benar? Mengapa konsumsi air hangat dapat membantu penurunan berat badan? Mari kita cari tahu dalam penjelasan pada artikel berikut ini.

Mengapa air hangat dapat membantu menurunkan berat badan?

Well, telah kita singgung sebelumnya bahwa minum air putih hangat dipecaya dapat membantu tubuh dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan ketika air hangat masuk ke dalam tubuh, tubuh memiliki semacam ‘kewajiban’ untuk menyesuaikan suhu air hangat dengan suhu tubuh. Kondisi ini membuat metabolism tubuh semakin meningkat sehingga dapat membantu dalam proses penurunan berat badan secara alami. Hal ini dikarenakan air putih yang masuk ke dalam tubuh selain mengenyangkan dan mengurangi nafsu makan juga membuat kalori yang dibakar lebih banyak sehingga berat badan pun menjadi berkurang.

Terlepas dari hal tersebut, konsumsi air putih hangat juga membantu tubuh dalam proses detoksifikasi. Air hangat yang masuk ke dalam tubuh dapat membantu tubuh dalam meluruhkan racun yang terdapat di dalam tubuh.

Meskipun demikian, ada yang bilang bahwa Anda tidak perlu meminum air hangat secara terus-menerus sepanjang hari karena ini akan membuat lambung bekerja lebih ekstra. Anda hanya perlu meminum air hangat ini sebanyak dua atau tiga gelas saja sehari yang diimbangi dengan minum air putih untuk mencukupi kebutuhan tubuh.

artikel terkait: manfaat gandum untuk dietmanfaat rambutan untuk diet

Tips diet air hangat

Untuk diet air hangat ini, berat badan Anda tidak akan serta merta turun hanya dengan meminum air putih hangat saja sepanjang hari. Namun hal ini perlu diimbangi dengan tindakan-tindakan lain yang dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Berikut kami sajikan tips diet air hangat bagi Anda.

  • Minum air hangat sebelum sarapan

Minum air putih hangat sebelum sarapan pagi dipercaya dapat membantu untuk menurunkan berat badan seseorang. Hal ini dikarenakan air putih hangat memberikan efek yang mengenyangkan sehingga tubuh akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori per hari. Selain dapat membantu mengontrol nafsu makan, air putih hangat yang dikonsumsi di pagi hari juga dapat membantu menghidrasi tubuh dan air mengalir lebih cepat ke dalam perut lebih cepat dibandingkan dengan air dingin. Pendapat ini diperkuat dengan temuan para peneliti di Virginia Tech di Blackburg Amerika, bahwa konsumsi air sebelum makan merupakan cara terbaik untuk menahan nafsu makan dan membantu mengurangi berat badan sebanyak beberapa pon. Meskipun demikian, menurut Health Me Up, hal ini konon hanya efektif bagi orang yang berusia lebih dari 35 tahun. Waahh,.. coba buktikan sendiri aja deh kalau gitu hehe

artikel terkait: manfaat jahe dan lemon

  • Variasikan air hangat Anda agar tidak bosan

Dalam diet air hangat ini Anda sangat boleh untuk mengkonsumsi air putih yang tidak hangat sebagai selingan. Namun apabila Anda bosan, Anda dapat menambahkan campura citarasa alami lain dalam air putih hangat Anda seperti peraasan jeruk nipis, lemon, mentimun, the dsb tanpa gula agar manfaat air hangat dalam penurunan berat badan tetap maksimal.

artikel terkait: manfaat jambu biji untuk diet

sponsored links
  • Hindari konsumsi air yang mengandung kalori berlebihan

Satu hal yang perlu diingat dalam melakukan diet dengan hangat, Anda disarankan untuk tidak meminum minuman lain yang mengandung kalori secara berlebihan.  Apabila Anda melakukan diet air hangat namun Anda tetap meminum minuman yang mengandung kalori seperti gula, madu maupun pemanis lain, hal ini tidak akan membantu dalam proses pembakaran kalori meskipun suhunya tetap hangat. Hal ini dikarenakan oleh tingginya pemanis atau kadar gula yang digunakan dalam minuman tersebut.

artikel terkait: manfaat buah pepaya untuk diet

  • Imbangi dengan olahraga

Dalam melakukan diet, termasuk diet air hangat ini, olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat disarankan untuk dilakukan. Lakukanlah olahraga ringan setidaknya 20 menit setiap sesi untuk membantu menurunkan berat badan. Anda dapat melakukan olahraga ketika pagi maupun sore, kemudian minum air putih agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

artikel terkait: manfaat timun untuk diet

  • Anda juga dapat konsumsi air putih hangat sebelum tidur

Ada pendapat lain yang mengatakn bahwa konsumsi air putih hangat sebelum tidur dapat membantu menurunkan berat badan, detoksifikasi, mencegah dan membakar kalori ketika Anda tidur serta membuat tubuh Anda lebih segar ketika pagi menjelang. Air hangat yang dikonsumsi sebelum tidur dipecaya dapat memperlancar metabolism tubuh ketika tubuh beristirahat yang kemudian dapat membantu dalam pembakaran kalori yang ekstra sehingga berat badan menjadi lebih berkurang secara alami.

  • Imbangi dengan konsumsi salad

Dalam melakukan diet air hangat, dianjurkan pula untuk mengkonsumsi salad sayuran maupun salad buah. Salad dikenal sebagai makanan yang kaya vitamin yang dapat membantu tubuh dalam memperlancar proses pencernaan. Selain itu, air hangat juga dipercaya dapat membantu tubuh dalam menghadapi sembelit sehingga pencernaan pun lancar. Dengan demikian, air putih hangat dan salad dipercaya sebagai kombinasi yang pas dalam membantu proses penurunan berat badan secara sehat dan alami.

artikel terkait: manfaat kacang panjang untuk diet

Adakah efek samping konsumsi air hangat?

Meskiun air hangat dapat membantu tubuh dalam proses penurunan berat badan, namun air hangat juga memiliki efek samping bagi kesehatan seperti berikut

  • Tidak membantu menghilangkan haus
  • Dapat melelahkan lambung bahkan merusak pencernaan apabila dikonsumsi secara terus-menerus secara berlebihan
  • Beresiko menyebabkan penyakit akut, serta
  • Apabila air yang dikonsumsi terlalu panas dapat melarutkan lemak pada ginjal sehinga dapat berakibat buruk pada saraf-saraf.

artikel terkait: manfaat apel hijau untuk diet

Memang tidak ada salahnya untuk melaukan diet dan air putih hangat pun memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Meskipun demkian, jangan lakukan secara berlebihan yaa dan tetap sehat!

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 09th, February 2017 / 00:35 Oleh :
Kategori : Solusi Kesehatan