9 Manfaat Wortel dan Tomat untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Wortel dan tomat merupakan jenis sayur yang banyak sekali digunakan masyarakat termasuk anda untuk memasak berbagai jenis makanan. Keduanya juga merupakan sayuran wajib yang harus ada di lemari pendingin. Banyak sekali orang setiap harinya mencari wortel dan tomat di pasar hanya untuk melengkapi bahan masakan sehari- hari. Hal ini karena keduanya merupakan salah satu bahan masakan dengan rasa yang enak jika dimasak. Biasanya wortel banyak digunakan untuk memasak soup, cap jay, tumis, dan masih banyak sekali masakan yang berbahan dasar wortel. Untuk jenis sayur berbeda dengan jenis sayur lainnya.

Wortel memiliki rasa yang cenderung manis dan segar serta renyah, banyak orang menggemarinya. Berbeda dengan tomat yang memiliki rasa asam manis dan berbeda pula jika anda melihat manfaat kembang kol untuk diet, kebanyakan orang menjadikan tomat sebagai bahan dasar berbagai macam saus. Selain itu tomat juga memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan buah, sehingga banyak juga orang memanfaatkannya sebagai jus dan minuman.

Selain itu adapun perpaduan antara wortel dan tomat yang biasanya tidak hanya dimasak saja tetapi juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan jus. Jus wortel dan tomat tidak hanya baik untuk anak- anak saja berbeda jika anda melihat manfaat kaktus, anda juga dapat mengkonsumsinya selain untuk memenuhi nutrisi juga menjaga kesehatan. Hal ini karena kandungan wortel dan tomat yang baik untuk kesehatan anda.

Kandungan Jus Wortel dan Tomat

  • Betakaroten
  • Karotenoid
  • Lecopene
  • Zat antiseptic
  • Lutein
  • Zeaxanthin
  • Antioksidan
  • Serat
  • Glukosa
  • Kalori
  • Vitamin A dan C

Selain karena banyaknya kandungan yang ada pada wortel dan tomat, jus wortel dan tomat memiliki rasa yang sangat lezat. Dengan warna yang merah keorenan serta perpaduan antara manis dan asam yang segar, jus yang satu ini dapat menjadi menu minuman anda sehari- hari. Selain karena rasa yang enak dengan kandungan yang banyak berbeda jika anda melihat manfaat singkong kukus, wortel dan tomat juga memiliki banyak sekali manfaat. Bagi anda yang penasaran dengan apa saja manfaat dari wortel dan tomat, berikut kami sampaikan penjelasannya.

Manfaat Wortel dan Tomat

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan betakaroten serta vitamin A yang ada pada wortel dan tomat mampu menjaga kesehatan mata anda agar tetap sehat. Untuk itu anda bisa mengkonsumsi wortel dan tomat setiap pagi sebelum melakukan aktivitas apapun.

  1. Menyembuhkan Silinder

Selain dapat menjaga kesehatan mata anda, dengan mengkonsumsi wortel dan tomat setiap hari bagi anda yang memiliki riwayat silinder dapat teratasi. Jika anda rutin mengkonsumsinya, maka silinder anda akan sembuh dan mata anda jadi sehat kembali.

  1. Menyembuhkan Katarak

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit katarak, anda dapat mengkonsumsi wortel dan tomat. Kandungan nutrisi yang ada dapat membuat mata anda berangsur- angsur sembuh dari katarak. Anda dapat mengkonsumsinya setiap hari sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

  1. Meningkatkan Reproduksi ASI

Bagi anda yang sedang menyusui berbeda jika anda melihat manfaat manggis untuk jantung koroner, penting untuk memperhatikan kadar ASI anda. Dan bagi anda yang cenderung memiliki kadar ASI rendah, anda dapat mengkonsumsi wortel dan tomat setiap pagi dan sore sebelum anda menyusui.

  1. Menguatkan Kandungan

Memiliki buah hati merupakan dambaan terbesar setiap orang, sebelumnya tak jarang pula banyak sekali wanita yang hamil muda mengkonsultasikan kandungannya. Bagi anda yang sedang hamil muda, untuk menguatkan kandungan agar bayi dapat lahir dengan sehat nantinya, anda bisa mengkonsumsi wortel dan tomat secara berkala.


  1. Menjaga Kesehatan Janin

Tidak hanya dapat menguatkan kandungan anda saja, dengan mengkonsumsi wortel dan tomat secara rutin setiap hari anda juga mampu menjaga kesehatan janin. Dengan mengkomsumsi wortel dan tomat maka janin anda akan lebih kuat dan sehat ketika lahir.

  1. Melancarkan Pencernaan

Wortel dan tomat sangat bermanfaat bagi anda yang sering mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah BAB, anda bisa mengkonsumsinya secara rutin sebelum sarapan.

  1. Menyembuhkan Diare

Diare merupakan salah satu penyakit pada pencernaan, untuk mengatasinya ada berbagai cara mudah dan efektif. Salah satunya yaitu meminum jus wortel dan tomat, hal ini karen jus mamiliki kandungan antiseptic yang mampu membunuh bakteri serta virus penyebab diare.

  1. Sebagai Detoksifikasi

Mengkonsumsi wortel dan tomat di pagi hari sebelum memulai aktivitas dan sarapan dapat membantu proses pengeluaran zat racun melalui sistem metabolisme tubuh dengan lebih efektif dan cepat.

Itulah berbagai macam manfaat pada wortel dan tomat yang baik untuk kesehatan anda sama halnya jika anda melihat manfaat teh afrika, semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran