Manfaat Singkong Kukus

Singkong yang merupakan sejenis umbi umbian ini sangat banyak dikonsumsi masyarakat negara berkembang seperti Indonesia karena mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan. Manfaat singkong bisa diperoleh jika sudah melewati proses memasak sebab jika masih dalam keadaan mentah mengandung efek berbahaya dalam jumlah yang besar. Dalam singkong yang mengandung tepung ini merupakan sumber kalori dan karbohidrat serbaguna yang bisa dikonsumsi secara utuh, di parut atau di giling menjadi tepung untuk membuat roti serta biskuit, dibuat menjadi tepung tapioka dan sebagainya. Beberapa nutrisi penting yang ada dalam singkong diantaranya adalah kalori, karbohidrat, serat, thiamin, kalsium, fosfor dan juga riboflavin. Sedangkan manfaat singkong kukus atau rebus juga masih mengandung sejumlah kecil vitamin C, zat besi dan niasin karena proses memasak yang tidak terlalu merusak nutrisi dalam singkong. Berikut ini kami punya ulasan menarik tentang manfaat singkong kukus yang bisa anda peroleh jika dikonsumsi secara teratur.

  1. Sumber Energi

Dalam setiap 100 gram singkong kukus mengandung 38 gram karbohidrat dan 160 kkal yang membuatnya menjadi sumber energi sangat baik untuk aktivitas fisik yang berat. Energi yang dihasilkan dari singkong ini akan dipecah menjadi glukosa kemudian di simpan dan diubah menjadi glikogen dalam otot sebagai sumber energi.

  1. Memperbaiki Jaringan Tubuh

Singkong juga mengandung protein yang akan melindungi dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Beberapa jenis protein yang terkandung diantaranya adalah lisin, isoleusin, valin, leusin dan berbagai arginin yang lebih baik dari kedelai dan telur sebagai sumber protein.

  1. Menurunkan Kolesterol Darah

Sebuah studi yang dilakukan di Filipina membuktikan jika mengkonsumsi singkong sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam manusia. Dalam studi tersebut terlihat singkong secara signifikan akan menurunkan kadar kolesterol LDL yang merupakan jenis kolesterol buruk dalam tubuh sekaligus menurunkan kadar trigliserida karena tinggi akan serat. Singkong juga merupakan sumber saponin yang sangat baik untuk mengikat asam empedu dann kolesterol sehingga tidak diserap dalam usus halus.

  1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Selain ampuh untuk mengurangi kadar kolesterol, singkong kukus juga sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan risiko penyakit jantung karena tinggi akan serat dan bisa menjaga pembuluh darah serta sirkulasi dari dalam tubuh.

  1. Menguatkan Tulang dan Gigi

Kalsium yang terkandung di dalam singkong dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Mengkonsumsi singkong kukus sangat disarankan untuk membangun massa tulang dengan cara mempromosikan aktivitas osteotrofik pada tulang dan mencegahnya kekurangan mineral khususnya kalsium.

  1. Menjaga Metabolisme

Singkong juga menjadi sumber vitamin B kompleks seperti folat, piridoksin, riboflavin, thiamin dan asam pantotenat yang sangat penting untuk menghasilkan hormon metabolisme dan menjaganya supaya tetap normal.

  1. Mengatur Detak Jantung dan Tekanan Darah

Potassium dalam singkong merupakan komponen cairan sel dan tubuh yang akan membantu mengatur detak jantung dan juga tekanan darah. Dari penelitian membuktikan jika potasium yang dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi sangat baik untuk menurunkan tekanan darah sistolik. Sedangkan kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan supaya detak jantung bisa lebih kencang. Seseorang yang mengalami masalah irama jantung bisa mengkonsumsi singkong yang menjadi pilihan terbaik.

  1. Mencegah Sembelit dan Menurunkan Berat Badan

Selain banyak manfaat singkong rebus untuk diet, singkong yang diolah dengan cara kukus juga memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Amilosa dalam singkong adalah sumber karbohidrat kompleks yang secara perlahan akan hancur di dalam tubuh dan memberikan rasa kenyang. Singkong juga mengandung serat tinggi yang bisa mencegah sembelit sekaligus menurunkan berat badan dengan cara mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

  1. Mengatasi Penyakit Celiac

Singkong merupakan makanan bebas gluten yang merupakan jenis protein pada gandum. Seseorang dengan penyakit celiac atau kelainan dan kerusakan usus halus yang tidak tolerir pada gluten bisa mengkonsumsi singkong kukus ini secara aman.

  1. Menurunkan Gula Darah

Serat dalam singkong akan memproses penyerapan gula dalam aliran darah lebih lambat. Ini merupakan kabar baik karena banyak manfaat singkong untuk diabetes sehingga bisa merasa kenyang lebih lama tanpa perlu khawatir gula darah menjadi naik.

  1. Mencegah Kanker

Singkong juga merupakan sumber antioksidan yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas dan menjadi penyebab kanker. Antioksidan kuat seperti vitamin C, beta karoten dan saponin yang merupakan antioksidan kuat untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas dan memperbaiki DNA rusak sehingga menjadi makanan solusi kanker yang baik.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Serat dalam singkong kukus sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan probiotik atau bakteri baik dalam usus yang juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Probiotik dalam singkong kukus ini akan membatasi jumlah mikroorganisme patogen dalam tubuh.

  1. Mencegah Kerusakan Saraf

Dalam singkong juga mengandung vitamin K yang terbukti ampuh mengobati penyakit alzheimer dengan membatasi kerusakan neuron pada otak sekaligus melindungi otak dan mencegah penurunan fungsi otak.

  1. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam singkong kukus akan membantu tubuh untuk membentuk dua jenis protein penting yakni hemoglobin yang merupakan molekul protein dalam sel darah merah dan juga mioglobin yakni protein yang ditemukan pda jantung dan otot. Kedua jenis protein ini akan membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh dan mencegah kekurangan zat besi yang bisa menyebabkan anemia dan membantu proses pembaharuan sel darah merah.

  1. Meringankan Stres dan Kecemasan

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam singkong sangat baik untuk mengurangi stres dan kecemasan dengan cara meningkatkan suasana hati yang baik. Sedangkan magnesium dalam singkong dikenal sebagai pereda stres sekaligus menenangkan sistem saraf.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.