6 Manfaat Udara Segar Untuk Kesehatan

Sejak kecil kita selalu didorong untuk pergi keluar ruangan dan mendapatkan udara segar. Namun selama bulan – bulan di musim panas, orang cenderung melupakan pentingnya menghabiskan waktu di luar ruangan. Bahkan anak – anak seringkali tidak mendapatkan waktu di luar ruangan sebagaimana yang dibutuhkan karena lebih banyak berada di dalam ruangan kelas daripada anak – anak zaman dulu. Selagi sebagian orang tumbuh dengan bermain di lapangan dan taman terbuka, sebagai orang dewasa kita juga kerap menghabiskan waktu di dalam ruangan. Dengan pola hidup yang sebagian besar berpusat di dalam ruangan tersebut untuk bekerja dan belajar, maka akan sulit bagi kebanyakan orang untuk mendapatkan waktu di luar ruangan. Sehingga pentingnya berada di luar ruangan kerap kali dilupakan atau diremehkan. Padahal beberapa manfaat udara segar berikut ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

1. Meningkatkan sistem imun

Selama musim panas, resiko terkena flu tetap saja ada. Anda bisa melawan penyakit dengan bantuan udara segar yang akan membantu sistem imun Anda untuk melawan penyakit lebih efektif, karena sel tubuh yang lebih sehat. Cara ini juga mensuplai sistem imun Anda dengan oksigen yang dibutuhkan untuk membasmi bakteri, virus dan kuman. Bernapas di udara yang tidak segar tidak akan menyuplai tubuh dengan oksigen yang cukup untuk menjaga sel tetap terpenuhi dan berfungsi secara optimal.

2. Kurangnya polusi

Ventilasi alami tetap lebih sehat daripada menghirup udara yang kurang segar di dalam ruangan. Anda bisa mendapatkannya ketika berolahraga di luar ruangan atau membiarkan udara segar masuk ke dalam rumah agar terjadi sirkulasi udara yang bagus. Bahkan menurut Environmental Protection Agency dari AS, udara di dalam rumah ternyata dua atau lima kali lebih terpolusi dari udara di luar ruangan. Udara segar juga terisi dengan ion negatif, yang berhubungan dengan perasaan lebih sehat dan sejahtera.[AdSense-B]

3. Membersihkan paru – paru

Paru – paru akan mengembang lebih banyak dari peningkatan oksigen yang dihirup. Ketika mengeluarkan udara dari paru – paru, maka kita juga melepaskan racun dari udara. Menghirup udara segar akan mendatangkan manfaat udara segar yang sangat baik bagi paru – paru Anda. Tidak hanya terasa baik, hal itu akan membantu jalan udara di paru – paru untuk mengembang lebih penuh dan memperbaiki proses pembersihan paru – paru Anda.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat udara segar dengan berada di luar ruangan untuk menghirup udara langsung dari luar akan membantu baik itu tekanan darah dan detak jantung karena menurunnya tingkat polusi. Berada di luar akan membantu Anda mendapatkan kesehatan jantung yang lebih menyeluruh. Udara yang kurang segar dan kotor memaksa tubuh untuk bekerja lebih keras untuk mendapatkan jumlah oksigen yang lebih layak bagi tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan otak

Anda akan menghirup lebih banyak oksigen ketika keluar di udara terbuka. Ketika otak mendapatkan oksigen lebih banyak, maka otak akan lebih mampu berfungsi secara efektif. Otak yang berfungsi baik akan membawa kejernihan pikiran lebih baik dan memperbaiki kemampuan konsentrasi.

6. Meningkatkan suasana hati

Semakin banyak manfaat udara segar yang dihirup, maka akan lebih banyak juga oksigen yang didapatkan untuk bernapas sehingga akan meningkatkan jumlah serotonin, yaitu hormon yang membawa perasaan bahagia. Semakin besar jumlah serotonin maka akan sangat menjauhkan Anda dari kemungkinan stres dan tidak bahagia. Emosi yang positif kerap diasosiasikan dengan kebiasaan kesehatan jangka panjang, yang penting juga untuk menurunkan resiko penyakit jantung dan kematian. Tingkat emosi positif yang lebih tinggi juga diasosiasikan dengan kurangnya merokok, aktivitas fisik yang lebih baik, kualitas tidur lebih baik dan kesehatan secara keseluruhan. [AdSense-C]

Mendapatkan Udara Segar

Selain melalui kegiatan olahraga di luar ruangan, manfaat udara segar juga bisa Anda dapatkan ketika sedang beraktivitas di rumah atau di dalam ruangan lainnya. Beberapa cara untuk mendapatkan manfaat udara bersih dan segar bisa Anda dapatkan dengan tips untuk mendapatkan manfaat ventilasi udara sebagai berikut:

  • Gunakan pintu tarik – Cara ini menawarkan tips yang berguna untuk mendapatkan manfaat udara segar di dalam rumah dan memungkinkan aliran udara yang baik di seluruh rumah. Pintu semacam ini akan membantu menjauhkan serangga dari rumah namun udara tetap akan mengalir dengan mudah. Memasang kawat nyamuk pada pintu atau jendela juga akan membantu Anda membuka pintu tanpa khawatir masuknya serangga.
  • Membuka jendela – Jika udara tidak terlalu panas dan lembap selama bulan – bulan di musim panas, Anda bisa mendapatkan manfaat udara segar dengan membuka jendela dan membiarkan manfaat angin masuk dengan bebas. Cara ini biasanya penting untuk dilakukan di dapur jika Anda menggunakan produk pembersih secara berkala yang memerlukan sirkulasi udara yang baik. Cara ini juga bagus untuk mendinginkan rumah pada musim panas tanpa harus menyalakan pendingin ruangan dan memboroskan energi.

Sebagaimana yang kita pelajari di sekolah, pepohonan menggunakan fotosintesis untuk mengubah karbondioksida menjadi oksigen yang kita butuhkan untuk bernapas. Dalam satu tahun saja, keberadaan pepohonan bisa menyelamatkan 850 nyawa dan mencegah 670 ribu kasus masalah pernapasan akut, menurut jurnal Environmental Pollution di AS. Pohon akan menghilangkan polusi dari udara, membuatnya menjadi sehat untuk dihirup oleh manusia sebagiamana pada manfaat angin lembah. Manfaat udara segar yang diproduksi oleh pohon khususnya penting untuk orang – orang  yang tinggal di area urban, dimana udaranya mengandung polusi tinggi. Begitu juga manfaat energi angin yang dihasilkan pada udara yang sangat berguna bagi kehidupan manusia, misalnya manfaat energi angin bagi dunia penerbangan dan manfaat energi angin bagi hewan.