24 Manfaat Traveling Sendirian dan Rame-Rame

Sering mendengar kata traveling? Sebenarnya apa sih traveling itu? Kita akan ulas sedikit tentang traveling ya kawan-kawan, dalam bahasa Indonesia sendiri dijelaskan jika traveling adalah suatu kegiatan  mencari hiburan dari satu tempat ke tempat lainnya. Mungkin kalau dalam bahasa Indonesia istilahnya melancong mungkin ya? Traveling itu sendiri sering disebut dengan jalan-jalan atau liburan lah istilahnya. Biasanya gak cuman dilakukan ke 1 tempat saja, namun dilakukan dari 1 tempat ke tempat yang lainnya.

Hobi yang satu ini saat ini sedang nge-tren banget lho di Indonesia, gak cuman di Indonesia aja sih. Bahkan traveling juga menjadi hobi-nya orang luar negeri juga. Banyak orang yang suka melakukan hobi ini entah sendirian atau mungkin bersama orang lain atau istilahnya rame-rame gitu. Traveling sendiri tidak dibatasi ya teman-teman, mau sama siapa saja, kemana saja, berapa lama, tujuannya apa. Semua itu menjadi hak dari masing-masing pribadi kita. Toh yang mengeluarkan biaya kita juga, hehehe…

Nah tujuan traveling setiap orang itu berbeda-beda ya sobat, ada yang ingin traveling karena mungkin sedang membutuhkan inspirasi, ada yang mungkin memang senang menjelajah alam, ada yang sekedar ingin refreshing, banyak sekali ya tujuannya. Dibalik tujuan-tujuan itu juga sebenarnya ada manfaat dari traveling. Kegiatan yang satu ini rupanya memiliki berbagai manfaat bagi kita insan manusia, lantas apa saja ya manfaat dari traveling? Kita simak beberapa ulasan di bawah ini yuk!

Manfaat Solo Traveling

Yang pertama kita akan membahas manfaat traveling untuk diri kita sendiri, siapa bilang traveling harus rame-rame? Banyak lho traveller yang hobinya melancong sendirian tanpa teman. Tidak hanya karena traveling sendirian bisa mengurangi keseruan traveling itu ya guys! Tetep seru kok walau cuman sendirian aja! Yuk simak beberapa manfaat solo traveling buat kamu yang pengen nyoba traveling sendirian!

Baca juga: Manfaat Membuat Denah.

1. Tidak Ada yang Mengganggu Liburan Anda

Mungkin kalau anda butuh ketenangan atau ingin rehat sebentar dari pekerjaan yang melelahkan anda bisa memilih untuk traveling sendirian. Dengan solo traveling ini anda bisa mendapatkan ketenangan yang mungkin tak bisa anda dapatkan ketika mungkin anda sedang bekerja. Jadi dengan liburan sendirian anda bisa berelaksasi dan beristirahat tanpa diganggu orang lain.

2. Bertemu dengan Orang Baru

Ketika anda traveling sendirian anda tentunya akan bertemu dengan orang-orang baru. Anda mungkin akan sering bertanya dan berinteraksi dengan orang-orang baru, dan karena itu anda akan berkomunikasi dengan baik. Tentu saja itu juga akan meningkatkan kehidupan anda dalam bersosialisasi.

Baca juga: Manfaat Bersosialisasi dengan Orang Lain.

3. Mengenal Diri Sendiri Lebih Banyak

Ini yang menjadi nilai plus ketika anda memilih untuk traveling sendiri. Dengan traveling anda akan pergi ke tempat baru yang mungkin belum pernah anda kenal dan disana anda akan mengetahui atau mengenal diri sendiri lebih banyak dari biasanya. Sendirian, dan merepotkan diri anda adalah salah satu bagian menyenangkan dari solo traveling.

4. Keluar dari Zona Nyaman

Ini merupakan manfaat melakukan solo traveling, anda akan keluar dari zona nyaman anda sendiri. Di sela-sela anda traveling mungkin akan ada beberapa masalah yang muncul, mungkin dari segi bahasa, tempat asing, atau masalah-masalah kecil lainnya. Kalau mungkin biasanya anda hidup dengan kemudahan, saat traveling anda akan mungkin sedikit dihadapkan dengan masalah dan anda akan mencoba untuk menyelesaikannya sendiri.

Baca juga: Manfaat Membuat Jadwal KegiatanManfaat Hidup Sederhana.

5. Belajar Bahasa Asing

Nah ini salah 1 kebaikan anda traveling sendiri, misalnya ketika anda traveling ke luar negeri atau mungkin diluar daerah anda. Bahasa yang digunakan pastinya beda bukan? Kalau anda traveling bersama orang lain mungkin anda akan meminta 1 dari mereka yang ahli untuk mentranslate ketika berinteraksi dengan warga lokal. Tapi kalau anda traveling sendirian, mau tidak mau harus anda yang berbicara. Dengan seperti itu anda bisa meningkatkan languange skill anda.

Baca juga: Manfaat Bahasa AsingManfaat Mempelajari Bahasa Asing.


6. Biaya Murah

Dengan anda memilih traveling sendiri, pengeluaran anda juga akan sedikit. Anda hanya membutuhkan biaya transportasi, makan, dan lain-lain untuk diri sendiri. Jadi mungkin agak ramah di kantong ya?

7. Membuat Diri Anda Bahagia Jangka Panjang

Research menunjukkan jika liburan atau traveling akan meningkatkan kebahagiaan kita. Carolyn Gregoire menambahkan jika traveling sendirian akan meningkatkan kebahagiaan dalam diri kalian karena menghabiskan waktu sendirian bisa mengurangi stres anda.

Baca juga: Manfaat Senyum.

8. Menambah Pengalaman

Dengan melakukan solo traveling akan menambah pengalaman anda tentunya. Anda akan mengenal orang-orang luar, mengenal budaya baru, mencoba beradaptasi dan lain sebagainya. Disitu mungkin anda akan mengubah cara berpikir dan pandangan anda terhadap kehidupan.

9. Bebas

Yang utama anda akan bebas, anda tidak perlu khawatir kapan anda harus pulang, tidak usah menjaga perasaan, dan tidak usah berdebat untuk menentukan tujuan kemana anda mau pergi karena hanya ada anda sendirian. Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan orang lain, anda hanya harus bertanggung jawab terhadap diri anda sendiri.

10. Bisa Menjadi Diri Sendiri

Ini juga bisa menjadi nilai positif anda ketika anda melakukan solo traveling. Anda bisa menjadi diri sendiri, anda bisa membanggakan diri sebagai manusia. Anda bebas melakukan apa saja tanpa harus takut ada yang melarang anda, asal jangan melakukan hal yang merugikan ya! Kalau mungkin saat traveling bersama anda sedikit tidak enak melakukan suatu hal walaupun ketika bersama keluarga atau sahabat. Tapi kalau anda sendirian, bebas untuk melakukan apapun. Ekspresikan diri anda sendiri!

11. Lebih Mandiri

Seperti yang sudah saya bahas diatas tadi, kalau anda traveling bersama orang lain mungkin anda akan memecahkan suatu masalah bersama-sama. Tapi kalau anda traveling sendirian? Apa-apa harus anda kerjakan sendirian, masalah yang ada harus anda pecahkan sendirian. Itu artinya anda akan menjadi pribadi yang lebih mandiri setelah melakukan solo traveling, anda akan mencoba mendobrak rasa takut anda dan akan belajar menyelesaikan semuanya sendiri mungkin dengan sedikit bantuan dari orang asing.

Baca juga: Manfaat Hidup Mandiri.


12. Lebih Bersyukur

Ketika anda mencoba solo traveling mungkin anda akan mendapat banyak sekali pelajaran kehidupan. Dan dengan itu anda akan lebih tahu makna tentang hidup yang sesungguhnya, saya yakin anda akan mengubah cara pandang hidup anda dan menjadi lebih bersyukur atas kehidupan yang anda miliki saat ini.

13. Belajar Budaya Lain

Ini juga bisa menjadi nilai plus, selain belajar bahasa anda juga bisa belajar budaya negara lain atau daerah lain di mana anda berkunjung. Anda akan melihat kebiasaan orang-orang lokal, akan melihat keseharian dan kebudayaan mereka. Dan anda juga tentunya akan sedikit belajar tentang budayanya.

Baca juga: Manfaat Keberagaman Budaya.

14. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Ini juga bisa anda dapatkan ketika anda solo traveling, ini akan menambah wawasan dan pengetahuan anda. Mungkin yang sebelumnya anda tidak tahu, dengan melancong ke daerah lain akan menambah wawasan dan pengetahuan anda. Mungkin tentang destinasi wisata disana, kebudayaan, dan bahasanya.

15. Membuat Anda Menjadi Traveller yang Hebat

Setelah membahas beberapa manfaat diatas, melakukan solo traveling akan menjadikan anda lebih berpengalaman dan tentunya akan menjadikan anda traveller yang hebat. Anda akan memiliki pengalaman yang lebih dan jika ingin melakukan traveling lagi anda sudah siap.

Baca juga: Manfaat Hutan bagi Kehidupan.

Itulah manfaat melakukan traveling sendirian atau istilah kerennya solo traveling. Banyak sekali kan yang bisa kita dapatkan dengan melakukan solo traveling, maka dari itu tidak ada salahnya mencoba keluar dari zona nyaman anda. Tidak ada salahnya anda mencoba solo traveling, ingat ya. Melakukan traveling sendirian itu bukan karena anda kesepian tetapi karena anda ingin mendapatkan sesuatu yang berharga dan berbeda dari sebelumnya. Jadi apa salahnya mencoba untuk melakukan solo traveling?

Manfaat Traveling bersama Orang Lain

Kalau tadi kita membahas tentang manfaat solo traveling atau manfaat traveling untuk diri kita sendiri. Sekarang ini kita akan membahas manfaat traveling ketika kita melakukannya bersama orang lain, misalnya ketika kita melakukan bersama keluarga atau sahabat-sahabat kita. Apa saja ya manfaat melakukan liburan / traveling bersama orang-orang terdekat kita? Kita simak beberapa ulasan di bawah ini yuk!

Baca juga: Manfaat Liburan.

1. Aman

Nah yang pertama, manfaat yang anda dapatkan ketika anda melakukan traveling beramai-ramai adalah anda akan aman. Mungkin ketika anda melakukan solo traveling anda akan menjadi target kejahatan seperti di rampok. Namun ketika anda terlihat bersama orang lain, anda akan menjadi lebih aman karena sang perampok mungkin tak akan berani mendekati anda. Artinya anda lebih aman jika melakukan liburan / traveling bersama orang lain.

2. Lebih Menyenangkan

Yang kedua, akan menyenangkan jika melakukan traveling bersama orang-orang dekat kita. Anda bisa tertawa ataupun menangis bersama-sama, apalagi ketika anda memutuskan untuk traveling bersama sahabat anda. Ini akan menguatkan hubungan persahabatan anda, anda dapat melewati pengalaman menyenangkan ini bersama sahabat-sahabat anda. Tentunya akan menambah pengalaman anda sekaligus mempererat hubungan anda.

Baca juga: Manfaat Menangis.

3. Membuat Kenangan Indah

Dengan melakukan traveling bersama sahabat atau kerabat anda, anda tentunya bisa membuat kenangan indah bersama mereka bukan? Anda akan melewati berbagai suka dan sedih perjalanan anda bersama orang-orang yang anda sayangi, itu semua akan membekas di benak anda dan akan terkenang sampai kapanpun. Anda akan mengingat perjalanan itu sebagai perjalanan yang indah dan tak terlupakan.

4. Lebih Mengenal Karakter Satu Sama Lain

Ini juga akan menjadi nilai positif ketika anda melakukan perjalanan anda dengan sahabat ataupun keluarga anda. Anda akan mengerti dan mengenal karakter satu sama lain, anda akan mencoba memahami perasaan orang lain, anda juga akan mencoba menerima pendapat orang lain, anda juga bisa belajar menahan ego anda. Itu semua membuat anda jadi lebih mengerti karakter setiap orang yang anda kenal.

Baca juga: Manfaat Berpikiran Positif.

5. Murah

Traveling sendirian juga akan murah lho sobat! Mungkin ketika anda ingin makan atau pergi ke suatu tempat anda bisa patungan, jadi biaya yang dikeluarkan per orangnya mungkin akan lebih murah ya?

Baca juga: Manfaat Berkunjung ke Museum.

6. Tidak Bosan

Mungkin  kalau anda traveling sendirian anda akan merasakan bosan ya teman-teman? Tapi kalau anda traveling bersama sahabat ataupun keluarga anda mungkin anda merasa bosan. Anda akan merasa tidak bosan karena selalu ada saja topik yang akan anda bahas bersama mereka.

7. Dokumentasi Lebih Mudah

Lebih mudah jika anda traveling bersama orang-orang terdekat anda. Mungkin ketika anda melakukan solo traveling akan ada kendala ketika anda ingin berfoto ya, atau istilahnya ketika anda akan mendokumentasikan akan sedikit sulit karena anda sendirian. Namun jika anda berpergian bersama sahabat atau keluarga anda, jika anda ingin berfoto mudah saja. Tinggal meminta tolong bantuan mereka untuk memfotokan anda? Mudah bukan?

8. Panjang Umur

Berdasarkan penelitian, traveling bersama sahabat akan membuat anda lebih bahagia dan tentunya akan membuat anda panjang umur  bukan? Stress yang anda punya sebelumnya mungkin saja akan hilang sejenak karena keceriaan yang bisa anda dapatkan ketika anda traveling bersama sahabat atau keluarga anda.

Baca juga: Manfaat Tertawa bagi Kesehatan.

9. Mempererat Tali Persaudaraan

Ini juga bisa menjadi manfaat ketika anda melakukan perjalanan beramai-ramai. Dengan traveling bersama orang lain akan mempererat tali persaudaraan anda, anda akan memiliki hubungan yang lebih akrab dengan orang lain.

Baca juga: Manfaat Hidup Rukun.

Itulah beberapa manfaat dari traveling yang bisa anda dapatkan, mau solo traveling atau ketika anda traveling bersama sahabat maupun keluarga anda. Mungkin selain beberapa manfaat yang saya sebutkan diatas masih banyak lagi ya manfaat-manfaat lainnya. Sekarang pilihannya ada di tangan anda, mau mencoba solo traveling atau traveling bersama itu semua terserah anda, sesuaikan dengan tujuan yang ingin anda dapatkan setelah traveling.

Kalau mungkin anda ingin mendapatkan ketenangan bisa dicoba solo traveling, tapi kalau mungkin belum berpengalaman ramai-ramai saja ya sebaiknya. Selain itu dengan traveling akan membuat kita lebih mencintai alam kita dan tentunya membuat kita lebih bersyukur lagi. Jadi bagaimana sekarang? Tertarik menjadi traveller? Ayo dicoba, gak ada salahnya mencoba! Semoga bermanfaat ya sobat!

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Sosial