5 Manfaat Bahasa Asing untuk Kehidupan

Bahasa merupakan alat komunikasi yang biasa digunakan sehari-hari. Bahasa merupakan salah satu syarat mutlak untuk membuat orang lain mengerti dengan maksud dan tujuan kita. Biasanya setiap orang lebih lancar untuk berbahasa dimana dia dibesarkan dan tumbuh kembang disana. Berbeda dengan bahasa dari tempat lain dimana bahasa ini disebut juga dengan bahasa asing. Tidak semua orang bisa menguasai bahasa asing dengan baik. Untuk menguasai bahasa asing perlu belajar yang tekun sehingga mampu mempraktekkanya secara lisan dan tulisan. Salah satu contoh bahasa asing yang telah menjadi bahasa internasional adalah bahasa inggris. Bahasa inggris termasuk bahasa asing yang paling banyak dipelajari dan diminati. (Baca juga : Manfaat mempelajari bahasa asing)

Sekarang mempelajari bahasa asing bisa secara formal dan informal. Berikut ini ulasan dari manfaat mempelajari bahasa asing antara lain :

1. Anda Pintar

Bahasa asing merupakan bahasa yang dianggap berbeda dan orang yang mampu menguasai bahasa asing secara lancar dianggap sebagai orang yang pintar. Betapa tidak karena hampir semua orang kadang merasa kesulitan untuk mempelajari bahasa asing. Namun jika anda mampu menguasai bahasa asing dengan baik maka semua orang akan mencap anda sebagai orang yang pintar. Menjadi pintar merupakan hal yang menyenangkan karena selain mudah untuk bersosialisasi anda juga akan memiliki banyak teman untuk bercerita atau sekedar berbagi tentang informasi.

Artikel terkait :

2. Disegani oleh orang

Manfaat dari bahasa asing berikutnya adalah disegani oleh orang lain. Mampu berbahasa asing menjadi point tersendiri yang positif bagi diri Anda. Jika berada ditempat yang ramai Anda akan menjadi seseorang yang disegani karena kemampuan Anda untuk berbahasa asing. Bahasa asing yang dikuasai tidak harus bahasa inggris, banyak jenis bahasa yang juga bisa dipelajari. Semakin banyak bahasa yang anda kuasai maka semakin baik dan semakin disegani Anda dalam suatu pertemuan.

3. Mudah mendapat beasiswa

Beasiswa merupakan dana yang disediakan oleh suatu lembaga atau pemerintah untuk anak-anak pintar. Namun semua beasiswa beragam jenisnya sehingga ada beasiswa prestasi, beasiswa tidak mampu dan beasiswa peningkatan prestasi. Beasiswa khususnya yang diperuntukkan untuk keluar negeri memiliki syarat khusus. Syarat khusus yang biasanya harus dimiliki oleh calon penerima beasiswa adalah menguasai bahasa asing terutama bahasa inggris. Ditambah lagi kemampuan tersebut harus disertai dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga yang bersertifikasi. Gunanya adalah sebagai bahan pertimbangan berkas administrasi untuk mendapatkan beasiswa. Jika Anda mampu menguasai bahasa asing maka akan mudah sekali untuk apply beasiswa dalam negeri ataupun beasiswa luar negeri.

(Baca juga : Manfaat internet bagi pendidikan)


4. Bisa bekerja diluar negeri

Kesempatan untuk bekerja diluar negeri sangat terbuka sekali bagi para pencari kerja yang mampu berbahasa asing. Contohnya anda memiliki kemampuang berbahasa mandarin yang lancar, jadi Anda bisa apply lamaran ke china untuk bekerja disana. Kemampuan Anda untuk berbahasa mandarin tersebut akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan sesama orang china. Dan imbasnya pekerjaanpun menjadi cepat untuk diselesaikan. Tidak hanya itu selai apply lamaran kalau Anda memang memiliki skill maka kadang Anda tidak perlu apply karena direkomendasikan oleh orang terdekat untuk langsung direkrut. Intinya jadi orang pintar berbahasa asing sangat banyak sekali manfaatnya.

Artikel terkait :

5. Menjadi tour guide

Tour guide adalah jenis pekerjaan yang berhubungan dengan wisata. Wisata disuatu tempat mendorong banyak orang untuk mengunjunginya tidak terkecuali para turis. Jika pengunjung merupakan turis yang datang secara beramai-ramai untuk menikmati wisata yang disuguhkan tentu membutuhkan seorang tour guide. Seorang tour guide harus bisa berbahasa inggris karena dialah yang akan menjadi tempat para turis bertanya dan menjelaskan tentang tempat wisata tersebut.

Artikel terkait :

Nah, itulah beberapa manfaat dari mempelajari bahasa asing, jadi mulai sekarang jangan malas untuk mempelajarinya.

,
Post Date: Wednesday 22nd, March 2017 / 04:02 Oleh :
Kategori : Sosial