4 Manfaat Air Dingin untuk Diet yang Sangat Efektif

Air merupakan salah satu komponen terpenting dalam kehidupan, tidak hanya tumbuhan saja yang memerlukan air. Makhluk hidup lainnya juga memerlukan air berbeda jika anda melihat manfaat puasa untuk ginjal, terlebih bagi manusia dan hewan. Bahkan beberapa jenis hewan seperti ikan tidak mampu bertahan hidup tanpa air, hal ini karena ikan memiliki habitat di dalam. Berbeda dengan ikan, hewan lainnya yang memiliki habitat di darat memerlukan air untuk memenuhi nutrisi serta zat cair dalam tubuhnya. Apalahi bagi kita manusia, air merupakan komponen yang tidak dapat ditinggalkan.

Hampir sekitar 75 hingga 80 persen dari tubuh kita adalah air, seluruh sel- sel yang ada pada tubuh kita pun bagiannya merupakan air dan memerlukan air untuk proses regenerasi. Tidak hanya sebagai komponen dalam hal memenuhi kebutuhan nutrisi saja, air juga sangat penting bagi peradaban manusia. Ada banyak sekali manfaat dari air yang tidak pernah luput dari pandangan serta kebiasaan kita. Air dimanfaatkan sebagai salah satu komponen dalam hal kebersihan seperti mandi dan mencuci. Untuk mandi dan mencuci, tidak bisa sembarang jenis air yang bisa digunakan.

Tentunya seperti yang anda ketahui hanya air yang bersih dan layak pakai saja yang bisa digunakan. Dalam artian, air tersebut merupakan air yang bersih dan tidak berbau serta warnanya yang jernih. Air juga tidak boleh mengandung racun walaupun digunakan sebagai pembersih badan dan pakaian. Tidak hanya itu saja, air juga digunakan sebagai salah satu bahan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada sayuran dan berbagai jenis bahan makanan. Oleh karena itu, untuk menjaga kualitas serta kelayakan konsumsi pada sayur ataupun bahan makanan anda tidak disarankan menggunakan air yang tercemar.

Selain sangat bermanfaat dalam hal kebersihan berbeda dengan manfaat jeruk nipis dan serai, nyatanya air juga sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Air memiliki banyak sekali jenisnya, mulai dari air biasa atau air mineral, air asin, hingga beberapa jenis air dengan kandungan yang berbeda- beda. Selain dilihat dari jenisnya yang tergantung dari asal, air juga bisa dibedakan jenisnya menurut suhu. Ada jenis ar panas, air hangat, dan air dingin. Untuk air panas sendiri merupakan air yang diproses dengan cara memanaskannya hingga mendidih.

Sedangkan air hangat merupakn campuran antara 2 jenis air yaitu air panas dan air dingin, ata air yang panaskan dengan suhu rendah. Lalu untuk air dingin merupakan jenis air yang telah melalui proses pendinginan, biasanya untuk membuat air dingin bisa dimasukkan terlebih dahulu ke dalam lemari pendingin. Air dingin tentunya memiliki rasa yang sangat menyegarkan dan lebih banyak disukai untuk dikonsumsi terlebih jika hari sedang panas. Selain menyegarkan dan menghilangkan haus, air dingin memiliki banyak manfaat khususnya bagi anda yang saat ini sedang menjalankan program diet.

Manfaat Air Dingin untuk Diet

  1. Membantu Proses Diet

Bagi anda yang ingin diet berjalan lancar tanpa ada halangan apapun seperti mudah lelah dan sakit, anda bisa mencoba cara yang satu ini. Minumlah air dingin sebagai pendamping diet anda berbeda dengan manfaat jeruk nipis dan kecap, terutama bagi anda yang memiliki kecenderungan mudah haus. Selain lebih menyegarkan karena suhu juga dapat menghilangkan lelah yang anda rasakan karena banyaknya aktivitas anda. Sehingga dengan mengkonsumsi air dingin akan membantu kelancaran proses diet anda tanpa mengalami rasa lelah ataupun mudah sakit.

  1. Menurunkan Kadar Lemak

Kebanyakan jenis diet bertujuan untuk kesehatan, terutama bagi anda yang memiliki kecenderungan tinggi kolesterol atau kadar lemak dan susah untuk menurunkannya. Anda jangan khawatir, dengan minum air dingin selama proses diet akan menurunkan kadar lemak pada tubuh anda. Tentunya sebisa mungkin anda juga harus menghindari makanan berlemak tinggi seperti daging.


  1. Mengonterol Nafsu Makan

Nafsu makan merupakan salah satu faktor penyebab kegagalan diet yang utama bila terlalu besar, apalagi jika anda mudah merasa lapar. Jika ini diteruskan dan tidak diatasi, tentunya anda tidak akan sukses berdiet. Untuk mengatasinya sangat mudah dan sederhana berbeda dengan manfaat jahe cuka dan madu untuk wajah, yaitu dengan minum 2 gelas air dingin sebelum makan. ini akan membantu anda untuk mengontrol nafsu makan. Anda tidak akan mudah lapar ataupun memiliki nafsu makan setelah minum karena air akan mengisi sebagian besar lambung, sehingga sebelum makan, anda sudah merasa kenyang.

  1. Menurunkan Berat Badan

Ada banyak sekali jenis diet berdasarkan kebutuhan serta tujuannya, jika anda memiliki tujuan berdiet karena memiliki berat badan berlebih, ada sebuah cara sederhana yang sangat efektif. Yaitu dengan minum air dingin setiap 2 jam sekali dan sebelum makan berbeda dengan manfaat daun jeruk purut untuk kulit, ini sangat membantu anda. Hal ini tentunya selain dapat mengurangi nafsu makan anda secara drastis juga menurunkan berat badan anda.

Itulah berbagai manfaat dari air dingin yang dapat kami sampaikan, tentunya informasi di atas sangat bermanfaat bagi anda yang ingin sukses menjalankan diet. Semoga diet anda berjalan lancar dengan menerapkan informasi di atas.

, ,
Oleh :
Kategori : Minuman