10 Manfaat Ampas Kopi Untuk Kecantikan

Manfaat ampas kopi untuk kecantikan sudah terbukti nyata. Siapa sangka jika minuman yang lebih dikenal sebagai pengusir rasa ngantuk ini ternyata bisa juga digunakan untuk perawatan kecantikan. Bahkan tidak sedikit salon kecantikan juga menggunakan manfaat kopi dalam salah satu perawatan yang ditawarkan. Penasaran ingin tahu apa saja manfaat dari ampas kopi untuk kecantikan? Yuk simak lebih lanjut ulasan berikut!

1. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Perawatan rambut dengan ampas kopi bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut dan membuatnya semakin berkilau. Untuk mendapatkan manfaat ini mudah saja, hanya perlu mengaplikasikan ampas kopi pada rambut sebelum keramas. Balurkan ampas kopi secara merata sembari memberi pijatan ringan.

Perawatan kecantikan rambut yang satu ini dapat merangsang folikel rambut untuk memaksimalkan kinerjanya, sehingga rambut akan tumbuh lebih subur dan lebih cepat. Selain itu, perawatan ampas kopi ini dapat membuat rambut menjadi lebih harum.

2. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Ampas kopi bisa dimanfaatkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk mendapatkan manfaat ini gunakan ampas kopi sebagai scrub alami. Gunakan scrub ampas kopi untuk wajah dan badan secara rutin. Perawatan kulit dengan ampas kopi yang rutin, akan membuat kulit menjadi lebih halus bebas dari sel-sel kulit mati.

Jika ingin membuat kulit lebih kencang dan segar coba tambahan gula secukupnya pada scrub ampas kopi. Campuran scrub ampas kopi dan gula ini akan membuat kulit lebih kencang, segar, dan menghilangkan kantung mata secara efektif.

3. Mengurangi Selulit

Ampas Kopi

Ampas Kopi

Kegunaan ampas kopi lainnya yaitu dapat mengurangi selulit. Keberadaan selulit jelas cukup mengganggu. Pastinya tidak ada satu orang wanita pun yang ingin memiliki masalah dengan selulit. Tidak perlu khawatir, karena selulit bisa dikurangi menggunakan ampas kopi. Gunakan ampas kopi pada area munculnya selulit baik itu di paha atau di lengan. Aplikasikan dengan cara menggosok-gosok ampas kopi secara merata lalu diamkan beberapa saat sebelum dibilas sampai bersih.

Untuk mendapatkan manfaat tambahan, mencampurkan ampas kopi dengan manfaat jahe dan manfaat buah anggur. Kombinasi dari ketiga bahan tersebut diyakini dapat menghilangkan selulit sekaligus menjadikan kulit lebih halus secara alami.

4. Menghilangkan Bau Amis

Bagi wanita yang suka memasak, terkadang kegiatan memasak meninggalkan aroma bumbu di tangan. Tidak terkecuali bau amis baik dari ikan atau olahan makanan laut lainnya. Aroma amis tersebut pun cenderung lebih kuat, lebih menyengat, dan susah hilang daripada aroma bumbu dapur yang lain. Untuk mengatasi masalah ini, bisa memanfaatkan ampas kopi untuk menghilangkannya.

Caranya cukup dengan menggosokan ampas kopi pada tangan secara merata, kemudian dilanjutkan dengan mencuci tangan dengan sabun seperti biasa. Hasilnya tangan akan terbebas dari bau amis dan bersih.

Itulah beberapa manfaat ampas kopi untuk kecantikan. Siapa bilang perawatan kecantikan tidak bisa dilakukan di rumah dengan biaya murah? Setelah mengetahui adanya khasiat ampas kopi untuk kecantikan, kini kita dapat melakukan perawatan kecantikan mulai dari rambut, wajah, dan kulit badan di rumah. Lebih mudah dan hemat pastinya. Selamat mencoba.

5. Tingkatkan Warna Rambut

Perendaman rambut di ampas kopi atau penggosokan dengan alasan bisa memperdalam warna rambut cokelat muda atau coklat tua, menambahkan highlight ke rambut berambut cokelat yang lebih gelap, dan memberi semua warna rambut yang bersinar luar biasa. Selain itu, perendaman kulit di sisa kopi bisa memberi kesan bercahaya sehat tan tanpa terkena sinar matahari.

6. Dapatkan Rambut Berkilau dan Halus

Efek pengelupasan dan stimulasi kopi bisa diaplikasikan pada rambut juga! Cobalah mencampur dasar kopi bekas dengan kondisioner favorit Anda dan dengan lembut gosok kulit kepala Anda selama beberapa menit. Tidak hanya akan terasa hebat, tapi kafein bisa membantu menstimulasi pertumbuhan rambut baru! Usahakan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil terbaik.

4. Manfaat Ampas Kopi Untuk Tanaman dan Kebun

  1. Perkaya tanah: mencampur ampas kopi dengan tanah dapat mengurangi kebutuhan kompos konvekional, dan bahkan berhenti menggunakannya. Ini juga efektif untuk menuangkan ampas kopi langsung di sekitar tanaman, sama di pot bunga seperti di seluruh tanah kebun. Hasilnya adalah pupuk yang menghasilkan kompos organik lainnya, dan lebih alkaline daripada acidifying.
  2. Nitrogenasi tanah: bahkan  ini membuat kita memikirkan unsur kimia, sampai pada bubuk kopi dari pengolahan biji kopi. Itu cocok untuk memenuhi tanah dengan nitrogen yang akan membantu tanaman tumbuh, mekar dan menghasilkan buah.
  3. Beri makan cacing tanah dari kompos: kita akan mendapatkan kompos kaya jika menambahkan cacing tanah ke tanah, dan di antara nutrisi lainnya, kita memberi mereka makanan dengan bubuk kopi. Sudah cukup untuk menambahkan beberapa gulma, menjaga agar tidak menambah banyak sehingga kompos tidak akan diasamkan.
  4. Pupuk cair: campurkan dasar kopi dengan air dan biarkan sampai larut malam. Kita akan mendapatkan pupuk cair yang bisa dioleskan tepat pada batang dan daun dengan semprotan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Minuman
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.