15 Manfaat Tepung Lotus Sebagai Bahan Makanan dan Obat Berbagai Penyakit

Jika anda tinggal di daerah berawa atau berlumpur pasti sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan lotus atau seroja yang sering tumbuh di permukaan air. Tumbuhan yang dikenal dengan nama latin nelumbo nucifera ini  sering keliru disangka sebagai tumbuhan teratai karena beberapa persamaan seperti memiliki bunga yang cantik dan tumbuh di permukaan air. Padahal keduanya merupakan spesies tumbuhan yang berbeda.

Baca juga:

Perbedaannya yang dapat dilihat secara langsung adalah melalui kelopak bunganya yang lebih lebar dan tidak teratur dibandingkan dengan teratai yang kelopak bunganya lebih lancip dan teratur. Selain itu daun lotus berdiri tegak dan tidak jatuh di atas permukaan air seperti daun teratai.

Dengan bunganya yang cantik dan berwarna-warni lotus kerap dijadikan tanaman hias untuk mempercantik pemandangan atau tampilan suatu tempat. Padahal dengan berbagai kandungan nutrisi dan senyawa baik yang dimilikinya lotus juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit. Mulai dari akar, daun, batang, bunga, dan benang sarinya dapat dimanfaatkan untuk dijadikan obat penyakit-penyakit tertentu.

Baca juga: manfaat tanaman sri rejeki – manfaat bunga sepatu

Salah satunya yang akan kita bahas kali ini yaitu tepung lotus yang merupakan hasil pengolahan dari umbi atau rimpang lotus dan biji lotus. Ya kedua jenis bagian tumbuhan lotus ini dapat diolah menjadi tepung lotus yang memiliki beragam manfat. Umbi lotus yang biasanya djadikan sup, digoreng, atau ditumis dapat dijadikan tepung dan dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit.

Selain itu tepung lotus juga dapat dibuat dari bijinya. biji ini bisa didapatkan dari kelopak bunga lotus yang dijemur dan dibiarkan membusuk. seteleah itu kelopaknya akan pecah dan mengeluarkan biji lotus yang kemudian dapat ditumbuk sehingga menjadi tepung.

Tepung lotus mengandung berbagai kandungan nutrisi baik diantaranya kalsium, kalium, lemak, karbohidrat, protein, dan vitamin  C. Ini menjadikan tepung lotus memiliki banyak manfaat bagi kesehatan saat dikonsumsi diantaranya :

1. Obat sakit maag

Manfaat paling populer dari tepung lotus adalah sebagai obat sakit maag baik dalam level ringan maupun maag yang sudah akut. Bahkan telah diproduksi obat herbal Cina berupa tepung lotus yang khusus ditujukan untuk mengatasi penyakit maag. Berbagai gejala maag seperti perut terutama ulu hati terasa nyeri, mual, muntah, dan perut kembung dapat diatasi dan diredakan denga rutin mengonsumsi obat ini.

Baca juga: manfaat jeruk lemon untuk maag – manfaat daun sirih untuk maag

2. Aman bagi penderita diabetes

Rimpang lotus yang merupakan salah satu bahan dasar pembuatan tepung lotus mengandung etanol yang dikenal sangat baik untuk mengontrol kadar gula darah sehingga sangat aman dan baik bagi penderita diabetes. Anda dapat mengonsumi tepung lotus tanpa perlu khawatir gula darah akan naik.

3. Sebagai antioksidan

Tepung lotus mengandung sejumlah antioksidan seperti fenolat, tokoferol, fenolik, saponin, alkaloid, dan flavonoid sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas baik yang diproduksi akibat reaksi kimia di dalam tubuh maupun pengaruh lingkungan seperti polusi dan gaya hidup tidak sehat.

Baca juga: manfaat coklat – manfaat buah mengkudu

4. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan pada tepung lotus juga sangat baik untuk mencegah penuaan dini. Hal ini sangat bermanfaat terutama bagi kaum wanita sehingga tubuh tidak menua terlalu cepat seperti dengan timbulnya kerutan di daerah sekitar mata di usia yang terbilang belum tua.

5. Bahan pembuatan kue dan roti

Kita mengenal beberapa jenis tepung seperti tepung beras dan tepung terigu yang kerap digunakan sebagai bahan pembuatan kue atau roti. Namuna ada satu lagi jenis tepung yang juga memiliki peranan serupa yaitu tepung lotus yang diolah dari biji lotus yang dihaluskan.

Baca juga: manfaat tbm untuk kue – manfaat baking powder

6. Bahan olahan makanan

Selain untuk pembuatan kue tepung lotus juga dapat diolah menjadi berbagai makanan lain yang menggunakan tepung sebagai bahan dasarnya. Berbagai kandungan nutrisinya menajadikan tepung lotus sebagai bahan pangan alternatif di samping bahan pangan yang biasa kita konsumsi.

7. Mengatasi insomnia

Insomnia merupakan gangguan tidur yang membuat penderitanya sulit tidur dengan baik yang tentu saja berakibat buruk pada produktivitas dan kesehatannya. Gangguan kesehatan ini juga dapat diatasi dengan mengonsumsi tepung lotus yang diolah dari biji tumbuhan lotus.

Baca juga: manfaat daun pandan – manfaat buah angco

8. Mengatasi pembengkakan dan iritasi

Terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh merupakan salah satu tanda bahwa tubuh sedang mengalami peradangan sebagai reaksi tubuh dalam melindungi dirinya. Meskipun demikian peradangan dapat diatasi dengan mengonsumsi berbagai obat herbal alami salah satunya tepung lotus.

9. Menghilangkan stres

Tidak hanya masalah kesehatan, masalah mental seperti stres pun dapat diatasi dengan mengonsumsi tepung lotus. Hal ini tentu sangat bermanfaat terutama bagi kaum wanita yang rentan mengalami stres.

Baca juga: 18 manfaat tertawa bagi kesehatan – 18 manfaat teriak untuk kesehatan

10. Diet atau menurunkan berat badan

Jika kamu sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan maka tepung lotus dapat dimasukkan dalam salah satu menu diet karena manfaatnya dalam penurunan berat badan. Disamping tentu saja diperlukan oragahraga rutin dan teratur untuk mendapatkan tubuh langsing, sehat, dan ideal seperti yang diharapkan.

11. Mencegah infeksi virus

Biji lotus yang diolah menjadi tepung mengandung senyawa etanol yang sangat membantu menghambat perkembangan virus seperti virus herpes simpleks tipe 1 atau HSV-1 yang menjadi penyebab penyakit herpes.

Baca juga: manfaat acyclovir –  manfaat buah mahkota dewa

12. Antibakteri

Tepung lotus juga memiliki sifat antibakteri sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah perkembangan dan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh.

13. Antijamur

Selain bakteri jamur juga dapat menjadi penyebab timbulnya gangguan kesehatan seperti kurap, kutu air, dan panu. Untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit akibat infeksi jamur kita bisa memanfaatkan tepung lotus yang memiliki sifat antijamur.

Baca juga: manfaat minyak kelapa bagi kesehatan – manfaat lidah buaya

14. Mengatasi gangguan haid

Para wanita pasti sudah tidak asing lagi dengan rasa nyeri yang timbul sebelum atau ketika masa haid. Levelnya beragam ada yang ringan, sedang, bahkan berat hingga mengganggu aktivitas penderitanya. Gangguan kesehatan ini bisa diatasi dengan memanfaatkan tepung lotus.

15. Mengatasi hipertensi

Manfaat lain yang bisa dirasakan dengan mengonsumsi tepung lotus adalah mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi. Penyakit ini agak sulit dideteksi tanpa pemeriksaan langsung karena gejalanya yang tidak terlalu signifakan seperti pusing, mudah marah, dan sering merasa gelisah.

Baca juga: manfaat daun ciplukan untuk hipertensi – manfaat daun alpukat untuk hipertensi

Wah ternyata ada banyak manfaat tepung lotus yang belum kita ketahui. Selain sebagai bahan membuat kue ternyata terpung lotus bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit. Oleh karena itu mulai sekarang jangan sepelekan ya manfaat olahan tanaman air satu ini.

, , ,
Post Date: Tuesday 19th, September 2017 / 20:26 Oleh :
Kategori : Makanan