30 Manfaat Baking Powder Selain Untuk Kue

Baking powder sudah cukup dikenal keberadaannya sebagai salah satu bahan tambahan pembuat kue. Fungsi utamanya dalam adonan kue atau roti ini adalah sebagai pengembang. Baking powder sendiri merupakan campuran dari baking soda dan cream of tartar serta zat pati. Orang menggunakan baking powder supaya adonan kue atau roti dapat mengembang sempurna serta memiliki tekstur bagus.

artikel terkait:

Di dalam baking powder terdapat kandungan soidum bikarbonat dimana cairan ini dapat aktif setelah terkena cairan dan panas. Oleh karena itu dalam penyimpanannya sangat dianjurkan untuk menyimpan di tempat yang sejuk, kering dan tidak terkena sinar matahari. Sangat dilarang untuk menyimpannya di tempat yang sangat panas karena bisa membuat kekuatan dari baking powder menurun. Saat ini sudah cukup banyak merek dagang pada baking powder dan bisa anda dapatkan dengan mudah di toko-toko pembuat roti terdekat.

Manfaat baking powder

Sudah jelas bahwa manfaat utama dari baking powder ini adalah sebagai pengembang kue. Dengan menggunakan baking powder adonan kue atau roti akan mengembang sempurna dengan tekstur terbaik sehingga dihasilkan rasa kue yang lezat dengan kelembutan terbaik. Namun tahukah anda bahwa baking powder tidak hanya bermanfaat untuk pengembang kue saja akan tetapi juga bermanfaat untuk hal lainnya, apa sajakah itu? Simak selengkapnya berikut ini.

  1. Membersihkan buah dan sayur

Mengonsumsi buah dan sayur sangat dianjurkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat. Namun anda juga harus memerhatikan masalah kebersihan dari buah dan sayur yang hendak dimakan. Tahukah anda bahwa kemungkinan buah dan sayur yang ada di pasaran saat ini mengandung pestisida dan kotoran lainnya yang cukup berbahaya bagi tubuh.Oleh karena itu kita harus cermat dalam mencuci buah dan sayur. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah menggunakan baking powder dalam mencuci buah dan sayur. Caranya sangat mudah hanya dengan memberikan baking powder pada permukaan buah dan sayur kemudian bilas sampai bersih dengan air bersih. Ini akan membuat buah dan sayur terjamin kebersihan dan kesehatannya.

artikel terkait: manfaat buah naga bagi kulit

  1. Membersihkan kerak di peralatan dapur

Tidak hanya untuk membersihkan buah dan sayur saja namun baking powder juga cukup ampuh dalam membersihkan kerak yang biasanya menempel pada peralatan dapur seperti kompor, panci, wajan dan lainnya. Dari pada susah payah menggosoknya dengan sabun lebih baik anda menggunakan baking powder terlebih dahulu supaya kerak cepat mengelupas dan anda tinggal menggosoknya cepat. Kini peralatan dapur anda bisa kembali seperti baru tanpa ada noda kerak.

  1. Menyegarkan bunga dalam vas

Jika kita memiliki bunga asli yang diabadikan dalam vas biasanya masalah utama yang akan dihadapi adalah bunga itu akan cepat layu walaupun sudah diberi air. Nah untuk membantu membuatnya tetap segar lebih lama anda bisa menambahkan baking powder ke dalam vas bunga. Dengan ini anda bisa mengabadikan bunga segar lebih lama bukan?

artikel terkait: manfaat minya zaitun herborist


  1. Menghindarkan noda kuning pada baju

Masalah yang banyak dihadapi oleh semua orang adalah baju yang menguning terutama pada baju putih serta noda kuning di bagian ketiak. Tentu saja ini sangat tidak baik bukan karena bisa menurunkan rasa percaya diri dan bisa berujung pada keborosan karena harus membeli baju baru. Nah, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan baking powder. Caranya sangatlah mudah yaitu dengan menaburkan baking powder pada baju putih atau di bagian ketiak kemudian rendam dan cuci. Usahakan untuk menguceknya ya supaya hasil lebih maksimal.

  1. Membersihkan sepatu

Bukan hanya baju saja namun jika anda memiliki sepatu yang berbahan kanvas putih atau karet putih juga dapat dibersihkan dengan menggunakan baking powder. Membersihkan sepatu terkadang menjadi hal yang cukup menjengkelkan karena cukup sulit supaya sepatu kembali menjadi bersih apalagi jika warna putih. Caranya sangat mudah hanya dengan melarutkan baking powder pada wadah kemudian gunakan sikat gigi yang tidak terpakai dan sikat sepatu secara perlahan. Dijamin sepatu anda akan menjadi putih bersih seperti baru dan pastinya anda tidak perlu lagi capek untuk membersihkan sepatu ya.

artikel terkait: manfaat sabun sereh

  1. Membersihkan noda krayon di tembok

Hidup bersama anak-anak memang menyenangkan namun mereka ini sangatlah aktif dan tidak boleh terlalu dikekang supaya anak tidak stres dan terus ceria. Salah satu tanda dari anak aktif adalah biasanya mereka sangat suka dengan warna dan mengekspresikannya pada berbagai media. Salah satunya adalah dengan mencorat-coret tembok dengan krayon ajaib mereka.

Meskipun menyebalkan namun yang namanya anak masih belum mengerti akan hal yang mereka lakukan bukan? Dari pada memarahinya lebih baik membiarkannya mengeksplor bakatnya. Masalah tembok yang terdapat coretan krayon serahkan saja pada si bubuk putih baking powder. Caranya hanya dengan menggunakan bantuan dari lap basah yang diberi baking powder dan kemudian lap crayon di tembok, seketika noda krayon akan hilang dan anda tidak lagi perlu khawatir.

  1. Merilekskan kaki

Setelah melakukan aktivitas padat sepanjang hari selama seminggu penuh tentu saja ini membuat kaki anda merasa pegal dan kaku. Luangkan waktu anda di akhir pekan untuk memanjakan kaki anda supaya dapat beraktivitas normal kembali pada minggu depan. Tidak perlu ke salon untuk melakukan perawatan kaki ya, cukup di rumah saja sambil nonton acara kesayangan anda di televisi.

Biayanya pun tidak mahal karena anda hanya membutuhkan baking powder yang dicampurkan di dalam air hangat untuk merendam kaki anda. Selain itu sikat dan pijat kaki supaya kaki lebih bersih dan rileks. Dengan ini kaki anda akan menjadi fit kembali dan hidup anda akan menjadi lebih rileks.

artikel terkait: manfaat sabun kopi

  1. Mengurangi bau mulut

Memiliki masalah bau mulut memang sangat menjengkelkan apalagi jika ada moment penting dengan kolega bisnis atau masalah asmara dengan si pujaan hati. Bau mulut tentunya akan membuat rasa percaya diri anda menurun bukan? Dan hal ini dapat menggagalkan rencana yang telah anda buat dari jauh hari. Nah, untuk mengatasi bau mulut juga dapat menggunakan baking powder ya. Hanya dengan melarutkan baking powder dan kemudian digunakan untuk berkumur selama 30 detik masalah bau mulut yang anda hadapi dapat terselesaikan dengan cepat dan ampuh.

  1. Memutihkan gigi

Manfaat lainnya dari baking powder adalah untuk membantu memutihkan gigi. Ya dari pada anda pergi ke dokter gigi untuk memutihkan gigi dan mengeluarkan uang banyak lebih baik anda berusaha menjaga putihnya gigi sendiri dengan biaya murah dan aman dilakukan. Adalah dengan menggunakan baking powder caranya. Hanya dengan menambahkan baking powder di pasta gigi dan gosok gigi anda akan membuat gigi lebih putih.

artikel terkait: manfaat saun JF sulfur

  1. Sebagai lulur

Baking powder juga dapat digunakan sebagai lulur lho. Lulur ini digunakan untuk menghilangkan daki dan kotoran lain serta sel kulit mati sehingga kulit menjadi lebih bersih, cerah dan terawat. Jika anda kehabisan lulur maka dapat menggunakan baking soda. Hanya dengan menggunakan baking powder yang dicampurkan dengan jus lemon kemudian diusapkan pada tubuh seperti halnya ketika anda luluran biasanya maka sensasi scrub bisa anda dapatkan. Dengan ini anda akan mendapatkan kulit yang bersih dan cerah.

  1. Mengatasi rambut lepek

Rambut lepek seringkali menjadi masalah karena dapat menurunkan rasa percaya diri dan membuat penampilan tidak maksimal. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan baking powder. Caranya dengan mengoleskan baking powder pada kulit kepala dengan menggunakan kuas dan kemudian kibaskan rambut supaya tidak ada noda putih yang terlihat. Dengan ini masalah rambut jelek anda bisa diatasi dengan mudah bukan?

artikel terkait: manfaat sabun zaitun

  1. Membersihkan kuas make up

Kuas make up yang sudah lama digunakan akan menimbulkan penumpukan make up pada kuas yang berimbas pada hasil make up yang kurang maksimal di wajah. Ini juga akan menjadi sarang kotoran yang bisa saja hinggap di wajah ketika menggunakannya. Tentu saja ini tidak baik dan berbahaya. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan baking powder. Caranya hanya dengan memberikan sedikit baking powder di air hangat dan rendam kuas make up sebentar kemudian keringkan.


  1. Mengatasi wastafel mampet

Saluran wastafel mampet merupakan salah satu masalah yang bisa menyebabkan seluruh penghuni rumah menjadi kewalahan. Oleh karena itu lebih baik segera diperbaiki. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan baking kemupowder. Hanya dengan memberikan baking powder di saluran yang mampet kemudian siram dengan air cuka dan air hangat biarkan sebentar dan saluran tidak akan lagi mampet.

artikel terkait: manfaat sabun frutamin

  1. Menghilangkan bau amis

Ketika masak ikan pastinya tidak terlepas dari bau amis yang disebabkan oleh ikan itu sendiri. Tangan pun akan menjadi bau amis dan susah dihilangkan. Dengan menggunakan baking powder akan membantu menghilangkan bau amis di tangan akibat ikan.

Manfaat lainnya dari baking powder adalah sebagai berikut ini:

  1. Mengatasi sepatu yang bau
  2. Memudahkan saat mengupas telur
  3. Mengusir hama
  4. Mengatasi jerawat
  5. Memutihkan kulit
  6. Membersihkan kulit
  7. Menghilangkan minyak berlebih di wajah
  8. Menghilangkan flek hitam
  9. Mencerahkan kulit ketiak
  10. Mengangkat sel kulit mati
  11. Membersihkan kuku
  12. Sebagai pelembab rambut
  13. Sebagai scrub alami
  14. Menghilangkan ketombe
  15. Menyembuhkan ruam dan gatal
  16. Mengatasi rambut berminyak

artikel terkait: manfaat amoniak bubukmanfaat roti tawar

Demikian artikel mengenai manfaat baking powder, terima kasih dan semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan