7 Manfaat Teh Beras Merah Untuk Diet dan kesehatan

Selain manfaat teh oolong yang berguna untuk kesehatan, manfaat teh hitam untuk kecantikan, manfaat teh chamomile, manfaat teh hijau dan berbagai jenis teh lainnya, baru baru ini manfaat beras merah juga semakin populer dikonsumsi karena mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Meskipun dinamakan sebagai teh, akan tetapi minuman ini tidak terbuat dari daun teh seperti minuman teh pada umumnya. Teh beras merah dibuat dari beras merah yang sudah di sangrai sampai harum dan kemudian di rebus bersama air selama 10 menit. Air rebusan ini kemudian disaring dan bisa dinikmati langsung atau ditambah dengan madu atau gula pasir, gula kelapa dan gula merah untuk menghilangkan rasa beras merah dalam minuman ini. Teh beras merah tidak hanya menjadi salah satu minuman terkenal di Indonesia namun juga terkenal di negara Korea Selatan dengan nama Hyeonmi cha. Untuk mengetahui apa saja manfaat teh beras merah untuk kesehatan bisa langsung anda simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  1. Menurunkan Berat Badan

Meskipun manfaat kalori juga sangat dibutuhkan dalam tubuh, akan tetapi jika berlebih bisa membahayakan. Dalam teh beras merah memiliki kandungan kalori yang sangat rendah sehingga sangat baik untuk menghilangkan penumpukkan lemak di bawah permukaan kulit sekaligus membakar lemak yang nantinya akan keluar dari tubuh bersama dengan keringat. Dalam beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang akan memberikan tenaga lebih banyak sekaligus membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga anda bisa mengurangi porsi makan. Konsumsi teh beras merah ini sebanyak 1 kali di pagi hari dan 1 kali untuk malam sebelum pergi tidur dan jangan ditambahkan gula agar proses penurunan berat badan bisa terasa lebih cepat dan manfaat lemak bisa didapatkan tubuh namun sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebih.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dalam teh beras merah juga mengandung serat tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan sehingga bisa terhindar penyakit yang berhubungan dengan metabolisme tubuh. Teh beras merah ini bisa dikonsumsi secara teratur sehingga metabolisme tubuh juga dapat ditingkatkan. Dengan meningkatnya metabolisme tubuh, maka ini juga berpengaruh untuk menjaga keseimbangan berat badan anda. Manfaat beras merah organik yang sangat baik bisa dijadikan pilihan beras untuk membuat minuman teh berkhasiat ini.

  1. Menjaga Keseimbangan Gula Darah

Manfaat glukosa memang tetap dibutuhkan tubuh, akan tetapi penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengontrol gula dalam darah dengan baik. Minum teh beras merah bisa dijadikan solusi herbal dalam mengontrol glukosa dalam darah karena kandungan rendah kalori serta gula dalam minuman tersebut. Anda bisa mengkonsumsi teh beras merah ini di sela waktu makan anda untuk menjaga dan mengontrol tekanan darah pada penderita.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat kolesterol sangat dibutuhkan tubuh, namun untuk kolesterol jahat yang lebih dikenal dengan istilah LDL adalah jenis kolesterol yang harus dihindari. Kadar kolesterol jahat dalam tubuh ini bisa dikurangi secara bertahap hanya dengan mengkonsumsi teh beras merah secara rutin. Selain itu risiko penyakit tinggi kadar kolesterol jahat seperti jantung juga bisa dicegah.

  1. Mengatasi Batu Ginjal

Beberapa penelitian yang sudah dilakukan membuktikan jika manfaat serat tinggi dalam teh beras merah ini akan sangat baik untuk mencegah terjadinya batu ginjal. Kandungan dalam teh beras merah ini akan membersihkan sisa makanan dan juga garam dari dalam tubuh lebih cepat.


  1. Sumber Antioksidan Tinggi

Teh beras merah menjadi salah satu minuman terbaik yang dapat anda konsumsi untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh sehingga berbagai masalah seperti masalah kulit bisa diatasi dengan baik tanpa menimbulkan efek samping yang berbahaya.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Manfaat magnesium, manfaat kalsium dan juga vitamin D tinggi dalam teh beras merah sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan gigi serta tulang. Anda bisa mengkonsumsi teh beras merah ini secara teratur supaya mencegah beberapa masalah gigi serta tulang seperti gusi berdarah, sakit gigi dan juga mencegah banyak penyakit tulang seperti encok dan osteoporosis.


Manfaat teh beras merah ini tidak hanya berguna untuk mengatasi banyak penyakit, namun juga baik untuk kecantikan kulit dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Anda bisa mengkonsumsi teh beras merah instan yang bisa dibeli atau membuatnya sendiri sehingga kandungan alami dari beras merah tidak terbuang dan bercampur dengan bahan kimia.

, ,
Post Date: Tuesday 10th, October 2017 / 21:07 Oleh :
Kategori : Minuman