24 Manfaat Minum Coklat Panas Nikmat Kaya Nutrisi

Coklat panas adalah minuman hangat terbuat dari coklat bubuk, coklat batangan dan berbagai jenis coklat lain yang dicampur dengan gula, susu dan juga air panas. Minuman coklat panas ternyata dipercaya jika sudah diciptakan Suku Maya dengan cara mencampur pasta dari biji coklat, air tepung jagung dan juga cabai. Coklat panas kemudian mulai diperkenalkan ke Eropa dan menjadi minuman para bangsawan. Pada tahun 1800, barulah bubuk coklat dikembangkan masyarakat Belanda dengan memisahkan mentega coklat yang berminyak dari biji coklat dan diolah menjadi bubuk sehingga akan lebih mudah dicampur dengan susu atau air. Minuman yang terasa sangat nikmat khususnya saat cuaca sedang dingin ini bisa dinikmati dalam berbagai suasana baik tua maupun mudah. Tidak hanya enak, namun ada begitu banyak manfaat minum coklat panas untuk tubuh yang bisa anda dapatkan seperti berikut ini.

  1. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Manfaat coklat panas mengandung flavonoid yang sangat baik untuk mencegah penggumpalan darah, meningkatkan sirkulasi darah yang lancar dan menurunkan tekanan darah sehingga kesehatan jantung akan terjaga secara baik. Flavonoid yang merupakan antioksidan ini juga berperan penting dalam menangkal radikal bebas berbahaya yang juga menjadi penyebab utama penyakit jantung. Untuk itu, minum coklat panas sangat disarankan supaya tubuh memiliki antioksidan yang lebih banyak sehingga berbagai penyakit jantung seperti jantung koroner bisa diturunkan resikonya.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Kemampuan coklat panas yang bagus untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengandung flavonoid ini juga berguna dalam meningkatkan aliran oksigen ke otak sehingga bisa lebih fokus untuk mencegah demensia yang bisa terjadi karena berkurangnya aliran oksigen di otak. Minum coklat panas sangat disarankan saat belajar atau bekerja sehingga bisa lebih berkonsentrasi.

  1. Meningkatkan Mood

Serotonin juga terkandung dalam coklat panas yang ampuh dalam melepaskan endorphin. Endorphin sendiri merupakan hormon yang diekskresikan otak serta sistem saraf untuk meningkatkan perasaan agar lebih baik seperti perasaan nyaman sehabis olahraga atau bertemu seseorang yang berarti. Hormon endorphin ini tidak hanya meningkatkan mood namun juga ampuh untuk menurunkan stres.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Dari sebuah penelitian membuktikan jika kandungan antioksidan dalam coklat panas lebih banyak dari kandungan antioksidan dalam 1 gelas minuman anggur merah yang sangat bagus sebagai solusi kanker. Minum coklat panas sangat disarankan di minum pada pagi hari untuk memberikan manfaat berlimpah pada tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan dan flavonoid dalam secangkir coklat panas sudah cukup ampuh dalam melindungi kulit dari berbagai penyakit kulit termasuk kanker kulit. Kandungan antioksidan dan juga flavonoid akan melindungi kulit untuk menurunkan penyerapan efek buruk dari sinar UV. Selain itu, coklat panas juga berfungsi untuk menghidrasi kulit sehingga tetap lembab sebagai solusi kecantikan kulit terbaik dan terenak.

  1. Meningkatkan Produksi Kolagen

Dari berbagai zat mineral yang terkandung dalam coklat, kolagen merupakan salah satu mineral penting yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat kolagen ini berguna untuk meregenerasi kulit, otot dan juga tubuh. Hasilnya, kulit akan terlihat lebih elastis serta mencegah kerutan dan penuaan dini.

  1. Menguatkan Gigi

Coklat panas yang dikonsumsi secara rutin juga ampuh untuk menguatkan gigi sebab dalam coklat panas mengandung asam oksalat yang bisa menurunkan kadar asam dalam mulut dan mencegah pertumbuhan karies gigi serta plak. Dengan mengkonsumsi coklat panas secara teratur, gigi akan terjaga kesehatan dan kebersihannya.


  1. Mencegah Anemia

Minum coklat panas yang terbuat dari dark chocolate atau coklat hitam juga tinggi akan kandungan vitamin serta mineral seperti potasium, tembaga, magnesium dan zat besi sehingga bisa meningkatkan produksi sel darah merah untuk melindungi tubuh dari anemia.

  1. Meningkatkan Gairah Seks

Dari Journal of Sexual Medicine membuktikan jika seorang wanita secara teratur mengkonsumsi coklat baik dalam bentuk coklat batangan atau minuman akan mendapatkan kehidupan seks yang lebih aktif dan berkualitas sebab dalam coklat mengandung penylethlamine yang bisa meningkatkan perasaan senang atau gembira.

  1. Meringankan Gejala Parkinson

Coklat panas secara menakjubkan juga memiliki kemampuan unik dalam menurunkan dan mengurangi gejala parkinson seperti gemetar karena kandungan penylethlamine dalam coklat tersebut yang bisa menghasilkan lebih banyak dopamin. Dopamin ini sangat diperlukan sistem saraf otak dan tubuh dalam koordinasi gerakan tubuh. Menurunnya kadar dopamin dalam tubuh menjadi penyebab utama dari gejala parkinson yang bisa diatasi dengan cara nikmat yakni minum 1 cangkir coklat panas dengan teratur.

  1. Mengatasi Letih Pasca Olahraga

Untuk anda yang gemar olahraga secara teratur, minum coklat panas sangat ampuh untuk mengurangi rasa sakit sesudah latihan atau olahraga. Dari International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism membuktikan jika kombinasi antara coklat dan protein dari susu sangat baik untuk meregenerasi jaringan otot secara cepat.

  1. Menjaga Kesehatan Arteri

Flavonoid dalam coklat panas sangat baik untuk menjaga kesehatan arteri karena bisa menurunkan tekanan darah dan memperbaiki pembuluh darah. Pilih coklat berkualitas untuk membuat coklat panas yang tidak mengandung gula dan rendah lemak sehingga lebih sehat dan disarankan mengkonsumsi 2 kali sehari.

  1. Menurunkan Berat Badan

Jika anda ingin menurunkan beberapa kilo dari berat badan, minum coklat panas sangat disarankan karena merupakan minuman lezat namun rendah kalori sehingga bisa dikonsumsi setiap hari sebagai pengganti minuman tidak sehat seperti alkohol dan soda.

  1. Memperbaiki Memori

Untuk menjaga daya ingat dan memori otak, maka aliran darah ke otak harus dijaga dengan baik. Intensitas aliran darah sangat dibutuhkan otak agar bisa melakukan berbagai tugas berbeda sesuai dengan fungsinya. Flavanol dalam coklat panas sangat ampuh untuk meningkatkan aliran darah ke otak sehingga kinerja sebagian otak dan akhirnya memori serta daya ingat bisa ditingkatkan.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Coklat panas mengandung antioksidan, mineral dan vitami tinggi yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh semakin baik. Sistem kekebalan tubuh yang kuat ini penting untuk menjaga tubuh manusia agar tetap produktif sehingga bisa beraktivitas lebih semangat sepanjang hari.

  1. Mengatur Gula Darah

Lemak sehat yang terkandung dalam secangkir coklat panas akan membuat tubuh bisa menyerap gula darah secara perlahan sehingga peningkatan insulin terlalu drastis bisa dicegah. Untuk itu bagi penderita diabetes sangat disarankan untuk minum coklat panas tanpa gula setiap hari.

  1. Meningkatkan Kekuatan Otak

Sebuah studi membuktikan jika minum coklat panas bisa meningkatkan kekuatan otak secara menyeluruh karena kandungan flavonoid dalam coklat baik untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen sehingga bisa berpikir lebih baik, memperbaiki daya ingat dan juga meningkatkan mood.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Dalam coklat panas mengandung asam oleat yakni lemak sehat yang juga ditemukan dalam minyak zaitun serta mengandung asam stearat dan palmitat yang bagus untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 membuktikan jika seseorang yang mengkonsumsi coklat panas secara rutin hanya dalam 1 minggu sudah bisa memperbaiki profil lipid dan menurunkan reaktivitas trombosit bagia pria dan wanita.

  1. Mencegah dan menghentikan Serangan Asma

Untuk para penderita asma juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi coklat panas karena mengandung 3 komponen penting yakni teofilin, kafein dan juga theobromine. Semua komponen ini sangat efektif untuk menghentikan bronkospasme dan membuka saluran bronkial yang terhambat karena asma.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Mengkonsumsi coklat panas juga sangat baik dalam menjaga kesehatan rambut karena bisa melancarkan sirkulasi darah di kepala sehingga rambut bisa tumbuh lebih sehat dan berkilau, menambah volume rambut, membuat rambut tebal dan kandungan anti inflamasi dalam coklat yang sangat baik untuk mengatasi infeksi kulit kepala.


  1. Mengatasi Diare

Coklat panas adalah solusi diare terbaik dan terenak yang sudah dibuktikan dalam penelitian para ilmuwan di Children’s Hospital Oakland Research Institute dimana kandungan flavonoid dalam coklat panas akan mengikat protein yang mengatur sekresi cairan pada usus kecil sehingga bisa dijadikan solusi diare.

  1. Mengatur Metabolisme

Minum coklat panas yang mengandung antioksidan tinggi ini akan meningkatkan kesehatan tubuh menyeluruh dalam jangka panjang. Minum coklat panas hanya 2 minggu saja sudah bisa menurunkan hormon kortisol yang merupakan hormon penyebab stres, memperbaiki metabolisme tubuh secara menyeluruh sekaligus meningkatkan aktivitas mikroba dalam usus.

  1. Menyembuhkan Batuk

Theobromine yang ada dalam coklat sangat baik untuk solusi batuk bahkan lebih bagus dibandingkan obat batuk komersil hanya dengan minum 2 cangkir coklat panas.

  1. Menyehatkan Usus

Dari banyak penelitian juga membuktikan jika polifenol yang terkandung dalam coklat panas akan bekerja secara langsung dalam memodulasi biomarker untuk menjaga kesehatan usus. Polifenol dalam coklat panas ini merupakan sumber prebiotik yang akan memberi makan usus sehingga bisa lebih sehat.

Manfaat minum coklat panas tidak hanya nikmat, namun ternyata ada banyak khasiat tersembunyi yang akan didapatkan tubuh jika dikonsumsi secara teratur. Agar khasiatnya lebih maksimal, pilih coklat hitam sebagai bahan dasar membuat minuman coklat ini karena nutrisi yang jauh lebih tinggi dibandingkan jenis coklat lainnya.

, ,
Oleh :
Kategori : Minuman