7 Manfaat Daun Awar-awar

Tanaman awar-awar mungkin terdengar asing oleh sebagian besar orang namun siapa sangka tumbuhan ini ternyata banyak mengandung khasiat bagi kesehatan maupun kecantikan. Tumbuhan awar-awar sebenarnya sangat mudah di dapatkan karena dapat tumbuh dengan mudah di tempat yang subur. Jika anda gemar mengamati kebun, mungkin akan menemukan tanaman sehat yang satu ini.

Istilah tanaman awar-awar memang berasal dari bahasa jawa namun di daerah lainnya tumbuhan yang satu ini juga memiliki nama khasnya seperti di daerah ambon yang disebut sebagai sirih popar, loloyan pada daerah minahasa, ki ciyat di daerah sunda, bar-abar di daerah Madura, tobotobo di daerah makasar, dausalo di daerah bugis dan masih banyak nama khas sesuai degan daerahanya masing-masing.

Karakteristik Tumbuhan Awar-awar

Tumbuhan awar-awar ini termasuk dalam divisi sprematophyta pada sub divisi angiospermae. Tumbuhan awar-awar juga berada di dalam kelas dicotyledonae, bangsa urticales, suku moraceae, marga ficus dan jenis ficus septic burm. Nama latin dari tumbuhan awar-awar adalah ficus septic.

manfaat daun awar-awarCiri-ciri tumbuhan awar-awar ini adalah pohonnya seperti semak dengan ketinggian maksimal 1 hingga 1,5 meter saja. bentuk batangnya bengkok-bengkok namun tidak beruas. Daunnya berseling dan saling berhadapan dengan bentuknya elips atau bulat telur, warna daunnya hijau mengkilap serta terdapat bintik-bintik pucat di sepanjang permukaan daunnya. Tumbuhan ini banyak ditemukan di daerah pulau jawa dan Madura namun juga sangat banyak di daerah sumatera dan Kalimantan. Bunga dari tumbuhan awar-awar ini merupakan bungan majemuk dengan susunan periuknya saling berpasangan, warnanya hijau muda dan abu-abu. Diameter bunganya berkisar 1.5 hingga 2 meter saja. di dalam tumbuhan awar-awar terdapat bunga jantan dan bunga betina yang melakukan perkawinan hingga mengasilkan buah awar-awar.

Dalam bagian tumbuhan awar-awar, ada beberapa bagiannya yang sangat bagus dan berkhasiat bagi tubuh manusia. Salah satu bagian yang paling terkenal dalam dunia pengobatan herbal adalah bagian daunnya. Daun awar-awar memiliki khasiat yang sangat bagus dan merupakan salah satu jenis pengobatan yang bisa digunakan sebagai salah satu pengobatan herbal tanpa efek samping.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari daun awar-awar :

1. Mengobati sakit herpes, sakit kepala dan rematik

Cara menggunakan daun awar-awar untuk mengobati sakit herpes, sakit kepala dan rematik sangat mudah. Anda tinggal menyediakan daun awar-awar secukupnya kemudian, tumbuk daun tersebut sampai berbentuk pasta. Jika sudah siap kemudian oleskan pada bagian tubuh yang gatal dan pada bagian kepala jika anda mengalami sakit kepala.

2. Mengobati bisul dan gatal-gatal

Untuk mengobati gatal-gatal dan bisul dengan menggunakan daun awar-awar ini juga sangat mudah yaitu dengan mengambil kurang lebih 5 gram daun awar-awar saja dan kemudian diasapi hingga menjadi layu. Pada saat daun sudah layu kemudian tumbuk dengan menggunakan penumbuk hingga halus. Jika sudah dalam berbentuk pasta kemudian oleskan ramuan tersebut pada daerah bisul dan tubuh yang gatal. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya anda melakukannya dengan rutin setiap hari hingga sakit sembuh.

3. Sebagai penangkal gigitan ular

Jika anda mengalami serangan ular berbisa, anda bisa menggunakan daun awar-awar ini untuk menangkalnya dengan cara menumbuknya juga. Namun ini bukanlah sebagai pengobatan sebaiknya jika anda tidak tahu betul apa jenis ular yang menyerang sebaiknya segera larikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih intensif.

4. Radang usus buntu

Daun awar-awar juga bisa membantu mengurangi radang usus buntu yang sangat berbahaya bagi anda.

5. Penangkal mual

Jika anda sedang hamil muda dan mengalami mual dan muntah, anda bisa menggunakan ramuan daun dan akar awar-awar yang direbus bersama. Kemudian disaring akan menjadi obat mual dan muntah yang sangat manjur.

6. Mengobati bengkak

Bagian getah tumbuhan awar-awar juga sangat efektif dalam mengobati bengkak di tubuh. Anda hanya tinggal menempelkan getah di bagian tubuh yang mengalami pembengkakan dan anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

7. Mengatasi sembelit

Jika anda mengalami permasalahan sulit buang air besar sebaiknya anda jangan menggunakan obat pencahar karena efek dalam jangka panjang akan sangat berbahaya. Cara lainnya anda bisa menggunakan buah awar-awar untuk mengatasi sembelit karena bisa digunakan sebagai obat pencahar alami dan pastinya tidak memiliki efek samping bagi tubuh.

Demikian beberapa manfaat dan khasiat yang terdapat di dalam tumbuhan awar-awar baik di bagian daun, akar maupun getahnya. Anda bisa mencoba menanam tumbuhan ini supaya bisa menjadi persediaan obat herbal anda. Saat ini pengobatan herbal dan alami memang sedang menjadi perhatian karena obat kimia sudah banyak memiliki efek samping yang tidak baik apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang. jadi, tunggu apalagi anda tidak perlu ragu jika ingin menggunakan daun awar-awar sebagai obat herbal.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 26th, November 2015 / 08:52 Oleh :
Kategori : Herbal