Begini Manfaat Rebusan Daun Salam dan Sereh Bagi Kesehatan

Daun salam dan sereh terkenal sebagai bumbu pendamping untuk mengolah beberapa macam masakan, contohnya seperti opor ayam. Beberapa menu masakan akan terasa kurang nikmat tanpa menyertakan daun salam dan sereh. Disamping bermanfaat untuk mempertajam rasa pada menu masakan, ternyata rebusan daun salam dan sereh memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pula. Selama berabad-abad yang lalu, rebusan daun salam dan sereh dikenal memiliki reputasi yang cukup baik sebagai ramuan obat.

Hal ini dikarenakan daun salam memiliki kandungan zat aktif yang mudah menguap seperti myrcene, limonere, linalool, metil chavicol, nerol, garanyl asetat, p-cymene, eugenol dan chavicol yang merupakan sumber antioksidanantibiotik dan anti kanker. Selain itu, daun salam merupakan sumber mineral seperti tembaga, kalsium, kalium, magnesium, mangan, seng dan besi yang sangat baik untuk mengontrol tekanan darah dan detak jantung serta pembentukan trombosit.

Cara membuat rebusan daun salam dan sereh antara lain:

  • Siapkan 3-5 lembar daun salam dan setengah batang sereh
  • Cuci kedua bahan tersebut menggunakan air mengalir
  • Rebus daun salam dan sereh dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas air saja
  • Minum air rebusan daun salam dan sereh selagi masih hangat

Berikut manfaat rebusan daun salam dan sereh untuk kesehatan, simak penjelasannya.

  • Obat Penyakit Asam Urat dan Kencing Manis

Rasa sakit yang sering timbul akibat asam urat memang sangat mengganggu kenyamanan saat beraktivitas. Kondisi semacam ini harus segera diatasi dengan cepat. Karena bila dibiarkan terus-menerus maka dalam kurun waktu yng lama penderita asam urat dapat mengalami kelumpuhan atau cacat permanen akibat kerusakan sendi yang semakin parah. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan meminum air rebusan daun salam dan sereh. Dengan meminum air rebusan tersebut berkhaisiat untuk memperbanyak urine sehingga dapat menurunkan kadar asam urat. Selain itu dapat pula sebagai peluruh kencing dan dapat mengurangi rasa sakit.

  • Menurunkan Darah Tinggi

Darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit berbahaya yang disebabkan oleh pola makan, kegiatan dan juga keadaan emosi. Meminum air rebusan daun salam dan sereh secara rutin  kali sehari dapat efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Minum ramuan ini saat pagi hari, kemudian ampasnya dapat digunakan kembali saat sore harinya.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu fungsi dari rebusan daun salam dan sereh bagi kesehatan adalah untuk mengendalikan berat badan bagi Anda yang sedang diet. Kandungan vitamin dan mineral pada daun salam dapat memperlancar pencernaan dan mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti solusi diare, sembelit dan lain sebagainya. Meskipun belum ada penelitian yang menunjukkan secara khusus bahwa konsumsi air rebusan daun salam dan sereh dapat menurunkan berat badan secara efektif, namun sudah banyak masyarakat yang menggunakan resep tersebut untuk membantu menurunkan berat badannya. Karena itulah, muncul beberapa minuman instan atau pun dalam bentuk jamu berbahan daun salam dan sereh yang diperkaya untuk dapat melangsingkan tubuh.

  • Meredakan Batuk

Air rebusan daun salam dan sereh mampu memerangi gejala pilek, flu dan batuk baik pada anak-anak maupun orang dewasa.Konsumsi ramuan ini 2 kali sehari dapat meredakan batuk yang mengganggu. Selain dengan cara diminum, penggunaannya dapat pula dengan meletakkan kain yang sebelumnya telah direndam dengan ramuan ini di dada.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal