5 Manfaat Susu Kefir Untuk Kesehatan

Susu kefir yang merupakan salah satu dari fermentasi susu ini kini sedang banyak dibicarakan oleh orang karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Karena banyak digemari maka penjualan susu kefir akhir-akhir ini pun mengalami peningkatan secara drastis. Dalam artikel ini akan membahas mengenai manfaat susu kefir lebih dalam.

artikel terkait:

Sejarah susu kefir

Adanya susu kefir tidak lepas dari sejarah produk fermentasi dari susu. Diperkirakan sudah sejak 6.600 SM fermentasi susu sudah dilakukan oleh orang di timur tengah yang memiliki pola hidup berpindah-pindah atau nomaden. Pada sistem hidup yang demikian, mereka juga memiliki hewan ternak  yang digunakan sebagai sumber makanan terutama dari susu dan dagingnya selain itu juga digunakan bulunya untuk keperluan pembuatan pakaian. Susu yang sudah diperah mereka simpan dalam sebuah kantung yang terbuat dari kulit kambing. Dalam perjalanan, susu dalam kulit kambing mengalami perubahan suhu sehingga mengendap dan menggumpal karena adanya perubahan mikroorganisme dalam susu tersebut.

Tentu saja pada masa itu, orang-orang tersebut tidak dapat mengetahui dampak susu kefir secara langsung namun ketika mereka meminum susu tersebut yang sudah mengalami fermentasi ternyata kesehatan tubuh mereka sangat baik dan rata-rata mereka berumur panjang. susu kefir juga merupakan produk fermentasi susu tertua yang pernah ada. Konon, awalnya bibit susu kefir ini diberikan oleh nabi Muhammad saw sehingg bibit susu kefir juga sering disebut sebagai bibit dari nabi.

artikel terkait: manfaat gaalvanic spamanfaat lotion vampire

Biji susu kefir

Saat akan membuat susu kefir yang paling berperan penting dalam pembuatannya adalah biji susu kefir. Biji susu kefir memilki ukuran sangat kecil dan akan membesar jika sudah masuk ke dalam susu. Saat sebelum dimasukkan dalam susu warnanya putih kekuning-kuningan namun ketika sudah masuk dalam air warnanya akan berubah kecokelatan. Ukuran biji susu kefir ini sangat kecil mulai dari 1 hingga 15 mm saja.

Dalam biji susu kefir ini terdapat bakteri, mikroogranisme dan juga ragi yang berfungsi sebagai fermentasi susu nantinya. Biji susu kefir yang sudah digunakan dalam proses fermentasi masih bisa digunakan satu kali lagi setelah dicuci terlebih dahulu dengan menggunakan air matang. Untuk menyimpan biji susu kefir sebaiknya dilakukan dengan menyimpannya di dalam kulkas dan freezer sehingga susu kefir menjadi beku.

artikel terkait: manfaat bio oil

Manfaat susu kefir bagi kesehatan

Berikut ini adalah manfaat dari susu kefir yang dapat diperoleh tubuh:

  1. Melancarkan pencernaan

Masalah pada pencernaan seringkali muncul akibat gaya hidup yang tidak sehat dan ketika tubuh tidak bisa memproduksi enzim yang mengatur fungsi pencernaan. Biasanya ini terjadi karena pola makan yang tidak sehat dan seimbang sehingga tubuh mengalami kelainan dalam memproduksi enzim. Di dalam susu kefir terdapat khasiat yang sangat baik yaitu mampu memproduksi multi enzim. Setidaknya terdapat enam enzim yang ada di dalam susu kefir bagi tubuh. tentu saja hanya susu kefir yang mampu memiliki manfaat yang demikian.

  1. Meringankan kinerja pancreas, liver dan empedu

Selain mampu mengandung enzim, ternyata dengan mengonsumsi susu kefir juga akan merangsang pembentukan enzim yang baru sehingga kinerja organ dalam tubuh menjadi lebih ringan. Dengan kinerja organ dalam seperti pancreas, liver dan empedu yang ringan akan membuat tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit seperti jantung, diabetes, kanker pancreas, dan penyakit liver. Jadi bagi anda yang memiliki masalah pada organ dalam sangat disarankan untuk mengonsumsi susu kefir saja.

  1. Sebagai anti inflamasi

Dengan mengonsumsi susu kefir akan merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah putih secara optimal sehingga tubuh terhindar dari infeksi atau sebagai anti infeksi yang baik bagi tubuh.

  1. Memperbaiki fungsi otot, sendi dan sistem motorik

Rajin mengonsumsi susu kefir akan sangat baik bagi kesehatan otot dan sendi serta sistem  motorik tubuh dan bisa memperbaiki otot yang kaku dan stress. Dengan diimbangi olahraga secara rutin akan membuat hasilnya lebih maksimal.

  1. Melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan virus

Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa susu kefir mampu merangsang tubuh untuk memproduksi interferon beta yaitu senyawa dalam tubuh yang mampu melawan bakteri dan virus. Hal ini baik  supaya tubuh tidak mudah sakit.

artikel terkait: manfaat gluta panaceamanfaat serum vitamin Cmanfaat peternakan

Cara Membuat Susu Kefir

Perwujudan dari susu kefir ini cukup kental dan rasanya sedikit asam namun tidak sekental yogurt. Susu kefir dan yogurt kerap kali sulit dibedakan dan dianggap sama karena sama-sama terbuat dari fermentasi susu. Namun antara yogurt dan susu kefir tentu saja berbeda dalam proses pembuatannya. Pada proses pembuatan yogurt, dalam fermentasinya menggunakan berbagai jenis bakteri seperti Bifidobacterium sp, lactobacillus bulgaricus, lactobacillus sp dan strepcoccus thermophillus. Sedangkan untuk pembuatan susu kefir digunakan biji susu kefir yang didalamnya terkandung bakteri lactobacilli dan streptococci.

Untuk membuat susu kefir sekarang tidak perlu menggunakan kantung dari kulit kambing seperti zaman dahulu ya karena cukup menggunakan tempat biasa saja seperti gelas dan lainnya. sebelum difermentasikan, susu segar (anda bisa memilih baik itu susu sapi, kambing, kuda atau lainnya) dipanaskan terlebih dahulu sampai mencapai suhu 85 hingga 90 derajat dan tidak boleh lebih karena akan merubah kandungan gizi di dalam susu. Setelah itu masukan susu ke dalam gelas atau wadah lainnya dan tunggu sampai susu mencapai suhu kamar berkisar pada 25 hingga 28 derajat celcius. Setelah itu anda bisa memasukan biji susu kefir ke dalam susu dan simpan kurang lebih selama 20 hingga 24 jam. Saat itulah proses fermentasi susu dengan biji susu kefir berlangsung.

Setelah proses tersebut dilakukan dan waktunya juga sudah tepat maka susu akan membentuk gumpalan. Susu yang menggumpal ini kemudian disaring untuk memisahkan bagian biji susu kefir dan minuman susu kefir yang lebih encer dan siap minum. Anda bisa menambahkan gula atau madu yang digunakan sebagai pemanis alami. Susu kefir ini adapat disimpan selama kurang lebih 1 hingga 3 hari jika disimpan di dalam kulkas. Rasa dari susu kefir ini cukup unik karena di dalamnya mengandung asam soda sehingga terdapat buih pada lapisan atas susu kefir. Oleh karena itu, susu kefir lebih nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan dingin.

artikel terkait: manfaat tape ketan hitammanfaat ubi jalar kuningmanfaat ovale bedak dingin

Itulah ulasan mengenai manfaat kefir yang dapat anda peroleh dengan mengonsumsi susu kefir. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih.