155 Manfaat Daun Ngokilo untuk Kesehatan Tubuh

Daun ngokilo atau yang memiliki nama latin Stachytarpheta Mutabilis merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditemui daerah yang masih terjaga keasriannya. Daun ngokilo berasal dari negeri China dan biasa tumbuh di antara tumbuhan liar atau semak-semak liar di lahan terbuka. Proses pertumbuhannya juga mudah asalkan berada di tempat dengan tanah subur dan tempat yang terbuka. Untuk bentuk fisiknya biasanya daun ngokilo berdiameter dari 0,1-0,10 cm, memiki batang yang basah dan tegak. Daunnya memiliki bulu halus yang samar-samar terlihat dengan gerigi yang berjarak. Dari sisi lain, ternyata daun ngokilo ini dipercaya memiliki banyak khasiat yang sudah dirasakan banyak orang. Meskipun hingga saat ini belum ada pernyataan resmi tentang apa saja khasiat yang bisa kita dapatkan, namun tidak ada salahnya untuk mencoba menikmati khasiat yang terkandung di dalamnya. Berikut ini beberapa khasiat yang bisa kita dapatkan dari daun ngokilo.

  1. Mengobati ambeien

Salah satu penyakit yang sangat menganggu kegiatan sehari-hari kita adalah ambeien atau wasir. Penyakit  yang menyerang dubur ini membuat kita kesulitan jika harus duduk dalam waktu yang lama. Wasir bisa terjadi akibat dari peningkatan tekanan daerah di area anus dan rektum. Gejala umum yang terjadi saat kita menderita wasir ialah mengalami pendarahan setelah buang air besar, terdapat lendir atau benjolan yang tergantung di luar anus. Rasa sakit dan nyeri juga biasanya dirasakan akibat dari pembengkakan yang terjadi. Selain menggunakan manfaat daun suji, anda bisa mencoba mengkonsumsi daun ngokilo sebagai alternatif pengobatannya atau dengan merasakanberbagai manfaat daun sirsak untuk wasir.

  1. Mengurangi kolesterol

Selain dari manfaat alpukat yang dapat mengatasi koleterol tinggi. Daun ngokilo dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena kemampuannya dalam memberantas lemak jahat. Lemak jenuh itulah yang biasanya menjadi penyebab kita terserang kolesterol. Namun dibalik kejelekkannya, terdapat juga banyak manfaat kolesterol . Umumnya ciri-ciri orang yang terkena kolesterol mengalami rasa berat di sekitar daerah terngkuk, pusing serta kebas pada bagian tangan dan kaki. Berbagai manfaat timun juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kolesterol.

  1. Meredakan payudara bengkak

Untuk ibu yang baru saja menyusui biasanya akan mengalami pembengkakan payudara yang membuat kita sangat tidak nyaman. Selain menyusui ibu hamil juga biasanya mengalami pembengkakan payudara sejak 1 hingga 2 minggu pembuahan terjadi. Untuk mengatasinya, kita bisa mencoba alternatif dengan menggunakan daun ngokilo.

  1. Menjaga asam lambung

Bagi penderita maag, asam lambung adalah masalah utama yang menjadi penderitaan yang tidak kunjung habis.  Rasa perih, mual, perut kembung hingga rasa panas di perut merupakan hal biasa yang dialami para penderita sakit maag. Kunyit merupakan obat penting untuk masalah ini, banyak manfaat kunyit yang sangat penting bagi penderita maag. Namun ternyata ada kabar baik bagi para penderita maag, sebab dengan rutin mengkonsumsi daun ngokilo anda akan memiliki keteraturan asam lambung. Jadi asam lambung bisa terjaga secara baik dan seimbang.


  1. Mengatasi diabetes

Diabetes bisa terjadi aibat kekurangan insulin, insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pancreas dan memiliki fungsi sebagai pengatur kadar serta jumlah gula dalam darah. Kebiasaan sepele seperti menkonsumsi gula berlebih pada minuman seperti atau teh bisa menjadi pemicu diabetes terjadi. Untuk para pendertita diabetes miletus, bisa memanfaatkan berbagai manfaat daun sambiloto untuk diabetes atau manfaat alpukat untuk diabetes untuk para penderita diabetes miletus. Tetapi dun ngokilo bisa mengatasi masalah diabetes karena  daun ngokilo memiliki kemampuan dalam menjaga kadar gula darah dalam tubuh dengan sempurna. Penyakit ini bisa teratasi dengan perlindungan dari daun ngokilo.

Nah, itu tadi 5 manfaat daun ngokilo yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsinya sebagai obat alternatif. Namun ada baiknya jika sebelumnya anda memastikan tidak memiliki alergi dan aman untuk mengkonsumsi bahan alami tersebut.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal