4 Manfaat Roti Gandum untuk Diet yang Mengejutkan

Siapa sih yang tidak kenal dengan roti gandum? Roti yang mudah dikenali karena warna coklatnya ini merupakan salah satu makanan yang biasa dipilih oleh masyarakat karena melakukan diet dengan makanan yang satu ini tidak sulit alias tidak membuat kita menderita. Diet sehat yang tidak menyiksa dan bukan hanya bisa kita dapatkan dari roti gandum, namun juga pada manfaat rujak untuk diet ataupun manfaat makan oatmeal untuk diet.

Roti gandum berbeda dengan roti tawar lainnya karena roti ini terbuat dari biji-bijian murni yang memiliki kandungan serat dan nutrisi yang tinggi. Apakah ada larangan khusus ketika melakukan diet dengan makanan ini? Seperti yang kita bahas sebelumnya, diet dengan roti gandum merupakan diet sehat dan yang perlu kita ingat hanyalah membatasi konsumsi roti gandum – lebih tepatnya hanya satu lembar roti gandum pada pagi hari dan dua lembar pada malam hari. Satu hal yang perlu kita ingat adalah untuk mengoptimalkan asupan makan siang kita karena pada diet ini makan siang memiliki porsi terbesar dalam satu hari. Saat makan siang, kita bisa mengonsumsi nasi merah disertai sayuran dan lauk pauk yang pastinya jumlah lauk tidak lebih banyak daripada jumlah nasi.

Nah kali ini, kita akan membahas manfaat roti gandum untuk diet. Wah apa saja ya kira-kira? Apa ya yang membedakan diet dengan roti gandum ini dengan berbagai diet sehat lainnya? Daripada tambah penasaran, yuk mending kita simak yang satu ini!

1. Mencegah penuaan dini

Vitamin E merupakan salah satu vitamin penting dalam tubuh kita dan sebaiknya kita memenuhi kebutuhan vitamin E yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari. Manfaat vitamin E untuk tubuh kita sangatlah banyak, dan kita bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi roti gandum secara rutin. Mencegah penuaan dini merupakan salah satu keuntungan yang kita dapat dari vitamin E ini yang berarti kulit kita akan jauh dari keriput, noda hitam, dan tentu saja terjaganya keelastisan dan kekencangan kulit.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Siapa sih yang tidak kenal dengan penyakit ini? Dan siapa juga yang mau memiliki penyakit yang dikenal mematikan ini? Penyakit kolesterol merupakan keadaan di mana tingkat kolesterol jahat melampaui kadar normal dan bisa menyebabkan penyakit lainnya, seperti stroke ataupun serangan jantung. Dengan mengonsumsi roti gandum secara rutin kita bisa meminimalisir datangnya penyakit ini karena biji-bijian yang terkandung di dalamnya yang menjaga kadar kolesterol tetap rendah. Meminimalisir risiko kolesterol bukan hanya bisa dengan roti gandum, namun juga melalui berbagai bahan alami lainnya seperti yang kita tahu pada manfaat daun sambiloto untuk kolesterol dan manfaat daun kersen untuk kolesterol.

3. Pola makan yang lebih teratur

Siapa yang masih suka ngemil meski sudah makan tiga kali sehari? Kegiatan ngemil ini lah yang sebenarnya membuat berat badan kita cepat naik, alias membuat badan semakin melebar. Namun tidak perlu khawatir karena roti gandum bisa menjadi solusi yang tepat untuk kita. Kok bisa? Roti gandum mengandung energi yang mencapai 248 kalori dan hal ini lebih besar daripada kalori yang terkandung pada nasi maupun mie. Bukan hanya kandungan kalori yang membuat kita tidak mudah lapar, namun juga kandungan serat yang tinggi pada roti gandum. Manfaat serat sangat bisa kita dapat dari roti gandum karena roti gandum 100% terbuat dari tepung gandum dan enam kali lipat lebih banyak daripada kandungan serat yang terdapat pada roti putih.


4. Memperlancar pencernaan

Manfaat roti gandum untuk diet yang terakhir adalah memperlancar pencernaan. Tingginya kandungan serat pada roti gandum, yaitu sebanyak 6 gram tiap potongnya sangatlah efektif untuk memberi kita manfaat yang satu ini. Tentu saja manfaat serat untuk tubuh kita bukan hanya itu, manfaat lainnya yang bisa kita dapat antara lain adalah menurunkan berat badan ataupun meminimalisir risiko datangnya penyakit jantung dan kanker.

Nah itu tadi adalah beberapa manfaat roti gandum untuk diet. Sangat menarik bukan? Selain itu, apabila kita melakukan diet ini secara rutin, maka dalam waktu sebulan berat badan kita sudah bisa berkurang sebanyak 3 kilogram. Dalam melakukan diet ini pun kita masih bisa mengonsumsi makanan favorit kita sehingga diet ini pun tidak menjadi beban dan kita pun akan enjoy menjalaninya. So, apa kalian masih berpikir dua kali untuk hidup lebih sehat?

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.