5 Manfaat Mengkudu Muda Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan buah mengkudu? Buah yang memiliki rasa tidak enak dan aroma tidak sedap ini dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ada banyak manfaat buah mengkudu yang bisa didapatkan mulai dari mengatasi sakit kepala, melancarkan pencernaan, mengatasi diabetes, hingga mencegah kanker. Buah yang memiliki nama latin morinda citrifolia ini berasal dari asia tenggara sehingga tidak heran jika sangat mudah ditemukan di negara kita.

Buah ini memiliki berbagai panggilan di beberapa daerah seperti pace, keumeudee, cangkudu, tibah, kudu, dan kemudu. Jika disebutkan salah satu nama tersebut maka yang dimaksud adalah buah mengkudu. Buah ini jarang dimakan langsung seperti buah-buahan lain karena aroma dan rasanya yang tidak enak. Di daerah Aceh mengkudu biasanya diolah sebagai sayuran atau dirujak. Ia lebih dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat mengatasi berbagai penyakit.

Mengkudu dapat dikenali dari buahnya yang majemuk dan berbentuk bulat lonjong dengan kulit bersekat-sekat dan berbintik-bintik. Buah mengkudu muda berwarna hijau dan ketika mulai matang akan berwarna kekuningan hingga akhirnya putih pucat. Manfaat mengkudu muda tidak hanya pada buahnya namun terdapat pula manfaat daun mengkudu muda yang sangat baik bagi kesehatan.

Berbagai manfaat ini dapat diperoleh karena kandungan nutrisi yang sangat beragam pada tanaman mengkudu diantaranya manfaat protein, vitamin, beberapa mineral seperti selenium, serta senyawa-senyawa penting bagi tubuh seperti xeronine, alizarin, arginine, terpenoid, antibakteri, antikanker, dan proxeronine. Dengan berbagai kandungan nutrisi dan senyawa penting ini ada banyak sekali manfaat mengkudu muda bagi kesehatan diantaranya:

1. Menurunkan LDL atau kolesterol jahat

Ada 2 jenis kolesterol dalam tubuh yaitu HDL atau kolesterol baik dan LDL atau kolesterol jahat. Dengan rajin mengonsumsi buah mengkudu muda dapat menurukan kadar LDL dalam darah sehingga aliran darah menjadi lancar dan tubuh terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Kadar LDL dalam darah juga dapat diturunkan dengan manfaat buah naga untuk kolesterol dan manfaat daun kelor untuk kolesterol.

2. Mencegah hipertensi

Rajin mengonsumsi mengkudu muda juga dapat mencegah anda terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Apalagi penyakit ini sulit sekali dideteksi karena gejalanya yang tidak terlalu jelas sehingga lebih baik rajin mengonsumsi makanan sehat daripada terlanjur terkena penyakit. Hipertensi juga dapat dicegah dengan manfaat mentimun untuk hipertensi dan manfaat belimbing untuk hipertensi.

3. Terhindar dari stroke

Manfaat mengkudu muda lainnya adalah dapat menghindarkan anda dari terkena stroke. Konsumsi mengkudu muda dapat melancarkan aliran darah dari kemungkinan bahan-bahan yang dapat menyumbatnya sehingga aliran darah ke seluruh tubuh termasuk ke otak menjadi lancar dan terhindar dari stroke yang diakibatkan terputusnya aliran darah ke otak. Stroke juga bisa dihindari dengan manfaat ikan pari dan manfaat buah melon.

4. Meminimalisir penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit berbahaya karena menyerang organ vital dalam tubuh. Lagi-lagi kebanyakan disebabkan oleh tersumbatnya aliran darah sehingga aliran darah menuju dan dari jantung tidak mengalir dengan lancar. Oleh karena itu sangat disarankan mengonsumsi mengkudu muda karena dapat membantu melancarkan peredaran darah sehingga meminimalisir penyakit jantung. Jantung yang sehat dan terhindar dari penyakit juga bisa didapatkan dengan manfaat daun sukun kering dan manfaat alpukat untuk jantung.

5. Mengatasi penyakit hati

Penyakit lain yang juga bisa diatasi dengan konsumsi mengkudu muda adalah penyakit hati. Hati termasuk organ vital yang tugasnya tidak bisa digantikan oleh organ lain sehingga penting sekali bagi kita untuk menjaga kesehatannya. Kesehatan organ hati juga bisa didapatkan dengan manfaat lemon untuk liver atau hati.

Itulah diantara manfaat mengkudu muda bagi kesehatan dalam mencegah berbagai penyakit  berbahaya. Buah mengkudu muda biasanya diolah dengan cara dirajang, diblender, atau digerus hingga halus kemudian disaring dan diambil airnya untuk diminum. Meskipun rasa dan baunya tidak enak namun ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah ini.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan