4 Manfaat Rujak untuk Diet yang Harus Kita Tahu

Siapa sih yang tidak kenal dengan rujak? Atau siapa sih yang tidak menjadi penggemar makanan yang satu ini? Yup, rujak merupakan salah satu makanan menyehatkan dan tentu saja memberikan kita banyak manfaat – terlebih lagi untuk masalah kesehatan. Rujak merupakan “salad buah” khas Indonesia yang disertai sambal manis nan pedas dan kadar kepedesannya bisa kita sesuaikan dengan selera. Rujak di Indonesia memiliki banyak varian dan hal ini menjadi ciri khas daerah masing-masing dan menjadi sesuatu yang dirindukan ketika kita kembali berkunjung ke tempat tersebut dan memesan rujak lagi.

Manfaat yang diberikan rujak kepada kita tentu saja sangatlah banyak, mengingat banyaknya buah yang terdapat di dalamya yang dan pastinya hal ini membuat kita semakin sehat. Beberapa buah yang biasa kita temukan pada rujak antara lain adalah nanas, timun, bengkoang, mangga, kedondong, jambu biji, belimbing, dan lain-lain. Tahukah kalian jika rujak juga bisa kita gunakan sebagai salah satu cara diet sehat? Wah yang benar nih? Yup, satu piring rujak memiliki kandungan sebanyak 228 kalori dan tentu saja mengandung berbagai zat positif lainnya, seperti 15,5 gram lemak, 14,5 karbohidrat, dan 7,6 protein. Cukup mengenyangkan dan bisa dijadikan sebagai salah satu bahan diet kita bukan?

Tidak bisa dipungkiri diet dengan rujak ini belakangan menjadi favorit bagi mereka yang gila diet. Diet ini bahkan dianggap lebih sehat daripada diet yang ketat dan sering kali kita tersiksa melakukannya karena kita harus menghindari beberapa jenis makanan tertentu. Tentu saja hal ini sangat berbeda dengan diet rujak, di mana pada kita dapat menikmati berbagai macam buah dan sambal rujak – yang tentu saja lebih sehat apabila kita mengurangi jumlah gulanya. Selain diet rujak, kita juga bisa mencoba manfaat teh cina untuk diet dan manfaat tes berah merah yang pastinya juga menyehatkan.

Nah pada kesempatan kali ini, kita akan membahas manfaat rujak untuk diet. Wah apa saja ya kira-kira? Daripada tambah penasaran, yuk kita simak yang satu ini!

1. Meningkatkan daya imunitas tubuh

Lemah kuatnya daya imunitas tubuh merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kita dan kita bisa mendapatkan hal ini dari berbagai bahan alami . Tingginya kandungan anti-oksidan pada berbagai buah pada rujak ini sangatlah efektif untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan daya imun pada tubuh. Selain itu, kayanya vitamin C yang bisa kita dapatkan dari rujak juga berfungsi untuk merangsang aktivitas sel darah putih dan berfungsi sebagai antioksidan. Daya imun sendiri berfungsi untuk meminimalisir berbagai penyakit baik dari yang ringan hingga serius, seperti mencegah datangnya flu, anemia, TBC, bahkan kanker.

2. Memperlancar pencernaan

Siapa sih yang tidak asing dengan penyakit yang satu ini? Yup, sebagian dari kita pasti sudah pernah mengalaminya, baik dalam normal ataupun bisa dikatakan buruk. Namun, kali ini kita pun tidak perlu mengkhawatirkan solusi yang tepat dari masalah ini karena diet rujak dapat mengatasinya. Kok bisa? Yup, tingginya kandungan alkali pada rujak sangatlah efektif untuk mengatasi gangguan pencernaan ini. Bukan hanya kandungan alkali saja,kita juga mendapatkan kandungan serat yang tinggi dari rujak dan hal ini sangatlah bermanfaat bagi kesehatan kita seperti yang kita ketahui sebelumnya pada manfaat serat.

3. Mencegah penyakit jantung

Penyakit yang satu ini merupakan momok bagi kita, dan sayangnya sampai sekarang belum ditemukan obat yang benar-benar mujarab untuk menyembuhkan penyakit ini. Namun jangan khawatir, kita bisa meminimalisir risiko terserang penyakit ini dengan cara melakukan diet rujak. Kok bisa? Dengan rutin mengonsumsi rujak, hal ini berarti kita mendapatkan asupan kalium yang tinggi, di mana hal ini berfungsi untuk menjaga denyut jantung tetap stabil dan terkendali.


4. Menjaga kecantikan wajah

Siapa sih yang tidak ingin tampil cantik? Pasti sebagian dari kita ingin tampil sempurna alias cantik dan hal ini bisa kita dapatkan dengan melakukan berbagai perawatan pada wajah yang pastinya dengan berbagai metode. Tidak jarang dari kita yang malas melakukan perawatan wajah karena banyaknya biaya yang kita butuhkan atau membutuhkan banyak waktu sehingga kita harus menyisihkan waktu kita dalam sehari. Kita juga bisa menjaga kesehatan kulit kita dengan menggunakan berbagai bahan alami, seperti yang kita ketahui pada manfaat teh basi untuk wajah ataupun pada manfaat nanas untuk wajah.

Kita juga bisa menjaga kecantikan wajah dengan melakukan diet rujak yang satu ini. Kok bisa? Tingginya kandungan vitamin C yang kita dapatkan dari berbagai buah yang ada pada rujak sangatlah baik untuk kesehatan kulit kita karena dapat menjauhkan dari tanda-tanda penuaan dini, seperti mencegah keriput dan mencerahkan kulit. Selain itu, tingginya kolagen yang kita dapatkan juga berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah.

Nah itu tadi adalah beberapa manfaat rujak untuk diet yang pastinya sangat bermanfaat untuk menjaga kita tetap sehat. Nah apa kalian masih malas untuk memulai kebiasaan menyehatkan yang satu ini? Pastinya tidak bukan? Yuk kita mulai pola hidup yang lebih sehat dari sekarang.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.