15 Manfaat Tepung Gandum Pada Kesehatan

Sesuai dengan namanya, tepung gandum adalah jenis tepung yang berasal dari tanaman gandum atau Triticum spp. Biji gandum memiliki bentuk yang hampir sama dengan beras atau sejenisnya, karena gandum sendiri masih masuk dalam suku padi-padian atau serealia. Biji gandum digiling untuk mendapatkan tepung gandum. Selain tepung gandum, ada juga tepung yang berasal dari gandum, yakni tepung terigu. Meskipun sama-sama berasal dari gandum, namun tepung terigu dan tepung gandum adalah tepung yang berbeda, manfaat tepung aci pun berbeda.

Perbedaan Tepung Gandum dan Tepung Terigu

Berbeda dengan manfaat tepung ketan, banyak yang mengatakan bahwa tepung gandum dan tepung terigu adalah tepung yang sama, karena sama-sama berasal dari gandum. Akan tetapi, dari segi kandungan nutrisi, tekstur dan juga warnanya berbeda. Perbedaannya yakni, tepung terigu berasal dari gandum murni atau bagian dari daging dari biji gandum saja. Sehingga memiliki tekstur yang halus dan berwarna putih. Sedangkan tepung gandum, berasal dari kulit ari (bran), endosperma, dan lembaga(germ) dari gandum, yang kemudian digiling bersamaan tanpa dipisahkan terlebih dahulu. Itulah mengapa, tepung gandum memiliki warna sedikit kecoklatan dan tekstur yang lebih kasar dibandingkan tepung terigu.

Kandungan Nutrisi Tepung Gandum

Tepung gandum memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan tepung terigu. Dan beberapa kandungan lain yang tidak terdapat d dalam tepung terigu. Tepung gandum mengandung serat pangan yang tinggi, protein, vitamin B, vitamin E, asam folat, magnesium, tembaga, fosfor, seng, mangan, selenium, zat besi dan asam lemak esensial. Oleh karena itu, mengkonsumsi tepung gandum dalam bentuk beberapa sereal, roti maupun biskuit dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dari gandum untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tepung Gandum Untuk Kesehatan

Baru-baru ini, banyak yang menawarnakan beberapa produk makanan yang berasal dari gandum utuh. Yang dimaksud gandum utuh sendiri bukan gandum dalam bentuk yang masih utuh. Akan tetapi kandungan gandum yang masih utuh berupa germ, bran dan juga endosperm gandum yang tetap dapat dikonsumsi, berbeda dengan tepung terigu yang hanya memanfaatkan endosperm dari gandum saja. Dibandingkan dengan tepung terigu, tepung gandum memang memiliki beberapa kandungan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan, diantaranya:

  1. Mengatasi Peradangan Kronis

Peradangan kronis dapat menyebabkan tubuh menjadi tidak stabil karena efek peradangan terkadang dapat menyebabkan kesehatan terganggu. Tidak hanya bagian tubuh yang terkena peradangan saja yang terganggu, akan tetapi juga akan mempengaruhi kinerja anggota tubuh lainnya. Salah satu cara untuk mengatasi peradangan kronis yakni dapat dengan memanfaatkan tepung gandum dan manfaat roti gandum untuk diet. Kandungan betaine di dalam tepung gandum dapat membantu mengatasi peradangan kronis.


  1. Mencegah Diabetes Tipe 2

Tepung gandum sangat kaya akan magnesium di dalamnya. Dimana magneisum dapat bekerja sevbagau co faktor enzim. Enzim-enzim ini yang kemudian dapat membantu sekresi sukrosa sehingga dapat membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, enzim ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi pankreas untuk memproduksi empedu.

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tubuh yang mengalami proses metabolisme yang baik akan mendapatkan tubuh yang sehat. Terganggunya metabolisme dalam tubuh dapat mengakibatkan beragam penyakit menyerang tubuh. Mengkonsumsi makanan kaya serat seperti tepung gandum dan manfaat tepung terigu, menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh dan menjadikan tubuh mengalami proses metabolisme dengan baik. sehingga tubuh dapat menjadi lebih sehat.

  1. Meringankan Penyakit Asma

Mengalami masalah pernapasan seperti asma akan sangat mengganggu ketika tubuh mengalami kelelahan, berada pada ruangan yang berdebu maupun sedang kedinginan. Selain menggunakan oksigen ketika kambuh, mengkonsumsi tepung gandum juga dapat membantu meringankan penyakit asma yan diderita. Bukan dengan dimakan pada saat kambuh, akan tetapi dikonsumsi secara rutin. Mengkonsumsi tepung gandum dapat membantu meringankan masalah asma.

  1. Mencegah Terbentuknya Batu Empedu

Sekresi asam empedu yang berlebihan dapat menyebabkan timbulnya batu empedu. Untuk mencegah hal tersebut tejadi, konsumsi tepung gandum. Tepung gandum kaya akan serat yang dapat membantu menurunkan sekresi asam empedu. Serat pada tepung gandum merupakan serat larut yang dapat dengan efektif menurunkan sekresi asam empedu. Manfaat roti gandum adalah salah satu produk dari tepung gandum.

  1. Melawan Kanker

Tidak hanya kandungan antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kanker. Akan tetapi kandungan serat yang tinggi juga dapat membantu mencegah adanya sel penyebab kanker untuk masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya mencegah masuknya sel kanker, akan tetapi mengkonsumsi makanan kaya serat seperti tepung gandum dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Tepung gandum juga dapat dijadikan bahan untuk membuat sereal atau yang lebih dikenal dengan oatmeal. Makanan dari tepung gandum ini banyak digunakan sebagai makanan sehat yang juga baik untuk jantung. Oatmeal banyak dikonsumsi oleh penderita jantung karena memang sangat baik untuk mencegah terjadinya sumbatan pada pembuluh darah yang mengakibatkan penyakit jantung.

  1. Mencegah Terjadinya Alzheimer

Alzheimer atau lebih dikenal dengan penyakit pikun, banyak dialami oleh manusia pada umumnya seiring dengan bertambahnya usia. Terjadinya kepikukan juga dapat dipengarhi oleh faktor nutrisi makanan yang dikonsumsi. Seperti halnya dengan mengkonsumsi tepung gandum, kandungan nutrisi di dalam tepung gandum dapat mencegah, atau mengurangi risiko terjadinya alzheimer.

  1. Mencegah Anemia

Kekurangan produksi sel darah merah, dapat menyebabkan penyakit anemia, dimana penderita akan mudah merasa lemah. Mengkonsumsi makanan dengan zat besi tinggi seperti tepung gandum akan membantu mengembalikan produksi sel darah merah dalam tubuh. Bukan hanya bayam saja yang memiliki kandungan zat besi di dalamnya, akan tetapi tepung gandum juga memiliki kandungan zat besi yang banyak.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Terbawa emosi, maupun kelelahan dapat menyebabkan naiknya tekanan tinggi. menurunkan tekanan darah tinggi tidak melulu dengan mengkonsumsi buah semangka, melon dan sejenisnya saja. Mengkonsumsi makanan yang bersasal dari tepung gandum daat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

  1. Menurunkan Berat Badan

Dibandingkan dengan mengkonsumsi nasi, mengkonsumsi makanan yang terbat dari gandum akan lebih sehat.  Manfaat gandum untuk diet yang kaya serat akan membantu perut kenyang lebih lama, dan juga melancarkan sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi makanan yang berasal dari tepung gandum, berat badan dapat diturunkan.


  1. Menjaga Kesehatan Otak Janin

Ibu hamil biasanya mengkonsumsi makanan yang sehat, untuk menjaga kesehatan bayi dan ibu sendiri. Ibu hamil disarankan mengkonsumsi banyak buah-buahan dan juga makanan yang mengandung folat, slaah satunya yakni makanan yang terbuat dari tepung gandum. Mengkonsumsi makanan yang mengandung folat dapat membantu menjaga kesehatan perkembangan otak janin.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Menginginkan kulit yang sehat dan bercahaya, dapat dilakukan dengan mengandung makanan kaya nutrisi dan juga mengandung serat di dalamnya. Mengkonsumsi makanan yang terbuat dari tepung gandum seperti manfaat roti tawar, dapat membantu menjaga kesehatan kulit, karena memiliki berbagai nutrisi di dalamnya.

  1. Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi makanan kaya serat seperti biji gandum dapat membantu melancarkan pencernaan. Ketika sistem pencernaan lancar, pencernaan akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan yang sering terjadi seperti sembelit, penumpukan sisa makanan pada dinding usus, dan beberapa masalah lainnya.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain sekian banyak manfaat tepung gandum yang banyak dimanfaatkan seratnya, tepung gandumjuga memiliki kandungan mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Meskipun belum terbiasa di lidah orang Indonesia, mengkonsumsi makanan dari tepung gandum sedikit demi sedikit juga sudah banyak menjadi kebiasaan. Olahan seperti roti dan biskuit gandum yang diolah menjadi makanan yang ringan namun mengenyangkan menjadi salah satu alasan olahan tepung gandum tersebut banyak dibawa sebagai salah satu makanan untuk menunda lapar. Selain menunda lapar, banyak manfaat ang diperoleh dari megkonsumsi tepung gandum seperti manfaat gandum hitam manfaat jus rumput gandum.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.