20 Manfaat Padi Bagi Manusia Dalam Kehidupan Sehari Hari

Padi dalam bahasa latin dikenal dengan Oryza sativa, setelah di semai menjadi beras. Padi termasuk kedalam genus Poaceae berasal dari India, Thailand, dan Cina selatan, telah didomestikasi di zaman kuno, dan sekarang dibudidayakan di wilayah tropis, semitropis, dan daerah beriklim hangat di seluruh dunia untuk memproduksi sereal dalam setiap sajiannya. Padi sendiri salah satu dari dua tanaman yang paling penting didunia untuk dikonsumsi, yang lainnya adalah gandum masuk kedalam spesies Triticum (Jagung, Zea mays, yang diproduksi dalam jumlah yang lebih besar, tetapi porsi yang cukup besar dari itu digunakan untuk pakan ternak dan membuat etanol untuk biofuel).

Padi dibudidayakan sekitar 3% dari lahan pertanian di dunia, dan berfungsi sebagai sumber utama kalori selama lebih dari setengah populasi dunia. Padi juga sebagai model sistem dalam tanaman biologi, dan merupakan spesies tanaman pertama yang genomnya telah dipetakan sepenuhnya.

Mengganti nasi dari tanaman padi dengan gandum bisa saja dilakukan untuk anda yang bosan mengkonsumsi nasi. Dengan ini anda mengurangi asupan asam amino dan Vitamin B. Selain padi yang menghasilkan beras warna putih ada juga padi yang menghasilkan beras merah, beras coklat dan beras hitam. Beras ini memiliki lapisan luar yang utuh sehingga membuat tinggi serat. Mari kita kupas tuntas tentang manfaat padi dalam artikel ini.

Kandungan padi secara umum

Kandungan[/th] [th]Kandungan per gram beras

Energi  yang terkandung[/td] [td]1,527 kJ

Karbohidrat yang terkandung[/td] [td]79 g

Gula yang terkandung[/td] [td]0.12 g

Serat yang terkandung[/td] [td]1.3 g

Lemak yang terkandung[/td] [td]0.66 g

Protein yang terkandung[/td] [td]7.13 g

Air yang terkandung[/td] [td]11.62 g

Thiamine (Vitamin B1)[/td] [td]0.070 mg (5%)

Riboflavin (Vitamin B2)[/td] [td]0.049 mg (3%)

Niacin (Vitamin B3)[/td] [td]1.6 mg (11%)

Pantothenic acid (Vitamin B5)[/td] [td]1.014 mg (20%)

Vitamin B6[/td] [td]0.164 mg (13%)

Folate (Vitamin B9)[/td] [td]8 μg (2%)

Kalsium[/td] [td]28 mg (3%)

Zat Besi[/td] [td]0.80 mg (6%)

Magnesium[/td] [td]25 mg (7%)

Mangan[/td] [td]1.088 mg (54%)

Phosphorus[/td] [td]115 mg (16%)

Potassium[/td] [td]115 mg (2%)

tr][td]Zinc[/td] [td]1.09 mg (11%)

Fakta berkembangnya padi 

Padi banyak dibudidayakan di kawasan Asia dan Pasifik di mana hal itu adalah makanan pokok di 17 negara tersebut. Padi juga merupakan makanan pokok di 8 negara seperti di Afrika dan 9 negara di Amerika Utara dan Selatan. Sebanyak 8.000 varietas padi yang ditanam di seluruh dunia dan ini tumbuh dalam berbagai cara. Padi memberikan populasi manusia yang ada di dunia ini dengan 20% pasokan energi untuk makanan, sementara gandum sendiri menyediakan sebanyak 19% nya , dan jagung 5% nya.

Jenis-jenis Beras yang dihasilkan oleh Padi

  1. Arborio atau nasi Italia yang digunakan untuk membuat risotto.
  2. Beras basmati yang panjang, biasanya digunakan membuat masakan India dengan rasa pedas dan berasnya halus.
  3. Beras yang lengket atau dikenal dengan ketan.
  4. Beras jasmine yang berwarna coklat atau putih, dan memiliki aromatik karena ada bunga melati di dalamnya.
  5. Beras merah Bhutan tumbuh di pegunungan Himalaya.
  6. Beras hitam akan berwarna ungu ketika dimasak.

Sifat Fisikokimia dari padi

Sifat Fisikokimia pada padi yang  beras sangat menentukan kualitas rasa dari nasi yang dihasilkan. Secara mendetil mutu ditentukan oleh kandungan glukosa berupa amilosa, protein, dan lemak. Lemak sendiri dapat muncul ketika gabah atau beras disimpan. Kerusakan pada lemak itu sendiri akan mengakibatkan penurunan mutu beras. Sedangkan kandungan amilosa memiliki hubungan positif dengan aroma nasi dan berkorelasi negatif terhadap tingkat lunak, lekat, ringkat warna dan kilapnya.

Manfaat padi tentu sangat banyak terlebih sudah diterjemahkan dan di proses menjadi beras. Berikut adalah beberapa manfaat padi yang dapat kita rasakan.

padi1. Padi mengandung energi yang tinggi

Padi menjadi salah satu sumber karbohidrat setelah dirubah menjadi nasi putih. Karbohidrat adalah sumber energi yang tercepat, karena semua kegiatan membutuhkan energi, maka hal ini akan mempengaruhi otot yang bekerja. Asupan ini mengandung asam amino yang penting dan saat nasi disajikan dengan hidangan daging, diet ini dapat meningkatkan pertumbuhan otot. Nasi putih adalah pilihan yang baik untuk vegetarian yang ingin tetap mengembangkan tubuh mereka.

2. Padi dapat mengobati dan mencegah gangguan pencernaan.

Padi dapat mengobati dan mencegah gangguan pencernaan, hal ini karena kandungan serat yang rendah, jika dimasak menjadi nasi putih maka  akan bermanfaat bagi mereka yang menderita diare, radang usus dan morning sickness. Manfaat lainnya memiliki sifat diuretik ringan dan berfungsi membantu pencernaan dan antiinflamasi yang alami. Cara nya adalah dengan membuat agar-agar beras.

3. Padi untuk mengobati bisul, bengkak dan jerawat

Padi diambil berasnya lalu dapat direbus, dikeringkan, dibiarkan dingin kemudian ditumbuk untuk membentuk pasta untuk dioleskan  pada bisul, luka, bengkak dan jerawat. Hal ini banyak digunakan oleh masyarakat India. yang digunakan  untuk sakit perut, jantung bakar dan gangguan pencernaan.

4. Ekstrak padi untuk obat dan kosmetik

Ekstrak padi yang dioleh menjadi beras menjadi bahan dalam obat-obatan dan kosmetik. Salah satunya adalah karena diyakini dapat menambah volume dan ketebalan rambut, sehingga mereka digunakan dalam shampoo dan produk perawatan rambut lainnya, serta menjadi krim untuk pelembab karena fungsinya adalah memiliki sifat antipenuaan atau anti aging. Campuran tepung beras dan madu sendiri digunakan oleh beberapa wanita untuk menambah kecerahan kulit di wajah mereka.

5. Manfaat Padi untuk kulit

  1. Kaya antioksidan dapat membantu untuk melindungi kulit.
  2. Kaya akan asam lemak esensial yang penting untuk kesehatan karena tubuh kita membutuhkan mereka tapi tidak dapat secara alami menghasilkan mereka. Asam lemak esensial telah dikaitkan dengan penurunan tingkat depresi.
  3. Efektif untuk kulit yang terkena iritasi, dapat digunakan sebagai salep kulit, dan dapat membantu mengurangi peradangan dan gatal-gatal.
  4. Sumber yang sangat baik mengandung vitamin E, yang membantu melindungi kering.
  5. Melindungi diri dari banyak karsinogen beracun yang menembus produk perawatan kulit.

Kanada telah menyepakati Oryza Sativa sebagai bahan yang aman untuk produk perawatan kulit. Selain itu, di Jepang, di mana produk tersebut telah digunakan selama berabad-abad, telah disetujui untuk pengobatan berbagai masalah, dan umumnya ditemukan dalam produk perawatan kulit.

Padi penghasil beras merah

6. Kandungan padi yang menghasilkan beras merah

Beras merah mengandung beberapa vitamin B kompleks termasuk B1 dan B3, asam pantotenat, asam folat, kolin dan betaine. Mineral yang terkandung seperti kalsium, zat besi, magnesium, tembaga, seng, natrium, kalium, fosfor serta 18 asam amino termasuk lisin dan triptofan.

Mengandung sedikit vitamin E dalam bentuk Alpha tokoferol dan vitamin K. Untuk memasak beras merah, diperlukan satu bagian beras untuk dua air (perbandingan 1:2) dan harus dicuci secara menyeluruh kemudian dibersihkan, dibiarkan rendam selama 20 menit sampai setengah jam sebelum membuang airnya dan ditambah sedikit garam.

7. Manfaat padi yang menghasilkan beras merah terhadap kanker dan diabetes

Uji klinis telah menunjukkan bahwa ekstrak beras merah dapat efektif untuk mengobati kanker payudara dan uji coba masih berlangsung. Diperkirakan bahwa beras merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan arteriosklerosis pada penyakit lainnya. Hal ini juga mengarah pada kesimpulan bahwa beras merah dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

8. Manfaat padi yang menghasilkan beras merah terhadap sakit pernafasan

Beras merah juga mengandung sejumlah selenium yang membantu dalam perbaikan DNA didalam sel dan yang memiliki antioksidan yang tinggi. Ini dapat membantu dan mengurangi gejala asma serta rasa sakit juga peradangan arthritis. Kandungan mangan dalam beras merah dapat membantu produksi hormon.

Padi penghasil beras coklat atau beras pecah kulit

9. Padi penghasil beras Coklat dapat menguatkan tulang

Beras ini banyak mengandung mangan dan mineral penting dalam membantu mempertahankan struktur tulang yang kuat dan juga untuk menyerap kalsium. Kalium dalam gandum juga penting untuk membantu mencegah osteoporosis. Selain itu, kandungan magnesium sangat penting untuk mineralisasi tulang untuk melindungi dari arthritis.

10. Padi penghasil beras coklat memiliki resiko yang rendah terhadap diabetes

Keuntungan kesehatan lain dari dari makan beras coklat adalah kemampuannya untuk mencegah diabetes. Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard menunjukkan bahwa Amerika yang mengkonsumsi tidak kurang dari dua porsi nasi coklat mingguan, 10% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangnya diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang makan gandum kurang dari sebulan sekali.

11. Padi penghasil beras coklat memiliki resiko dalam pencegahan kanker

Manfaat beras coklat juga dari sifat kesehatan dapat menyingkirkan radikal bebas yang berbahaya. Beras coklat merupakan sumber yang baik untuk antioksidan yang potensial termasuk vitamin E, selenium dan lignan. Hal ini dapat mencegah kanker yang besar.

12. Padi penghasil beras coklat berguna dalam Menurunkan Kolesterol

Dalam sebuah tes laboratorium telah mengkonfirmasi bahwa minyak yang ditemukan di dedak beras coklat dapat efektif dalam mengurangi kadar kolesterol. Ini membantu untuk menghindari atau memperbaiki penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular atau dikenal dengan jantung.

13. Padi penghasil beras coklat dapat meringankan sembelit

Beras coklat diperkaya dengan serat. Secangkir gandum yang kaya nutrisi dapat memberikan dengan 14% serat. Salah satu tujuan kesehatan yang utama untuk makanana dengan diet yang tinggi serat adalah obat alami untuk masalah sembelit.

14. Padi penghasil beras coklat dapat meningkatkan sel darah merah

Dalam beras coklat terdapat senyawa yang dikenal sebagai folacin, beras coklat dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Selain itu, folacin memiliki fakta kesehatan yang untuk  membantu dalam pengembangan sumsum tulang belakang dan otak bayi yang sebelum lahir.

15. Padi penghasil beras coklat dapat mengendalikan kenaikkan berat badan

Sebuah laporan penelitian yang diterbitkan oleh Journal of America Clinic Nutrition pada tahun 2003 tidak menyebutkan manfaat yang signifikan dari beras coklat dalam menjaga berat badan yang ideal. Wanita yang mengkonsumsi beras coklat secara teratur beratnya lebih kurang dibandingkan dengan mereka yang tidak. Untuk menurunkan berat badan, bisa dipertimbangkan mengganti nasi putih dengan nasi coklat.

Cara mengolah beras coklat

Pada perbandingan beras coklat 2 cangkir, direndam dalam air (5 gelas) selama 30 menit, tiriskan, tambahkan 2 sendok teh garam. Ada banyak varietas beras coklat, seperti gandum yang panjang, berbentuk butiran pendek coklat, beras basmati, beras melati aromatik, butir beras kalijira, beras haiga mai dan lain sejenisnya.

Padi penghasil beras hitam

16. Padi penghasil beras hitam penuh Antioksidan

Beras hitam memiliki warna hitam atau ungu warna dalam, yang merupakan indikasi dari sifat antioksidan yang tinggi, sama dengan seberapa dalam berwarna berry yang tinggi antioksidan seperti blueberry, raspberry, dan cranberry. Beras hitam berbeda dengan ketan. Kandungan antosianin beras hitam lebih tinggi daripada biji-bijian lain, termasuk beras merah, beras coklat, atau varietas gandum berwarna lainnya.

Antioksidan antosianin membantu mencegah penyakit kardiovaskular, melindungi terhadap kanker yang dapat disebabkan oleh kerusakan radikal bebas, meningkatkan fungsi otak, mengurangi peradangan. Berbeda dengan nasi putih yang kehilangan sifat-sifat ini selama proses penggilingan. Selain itu, beras hitam juga mengandung antioksidan yang penting dan Vitamin E, berguna dalam menjaga mata, kulit, dan kesehatan kekebalan tubuh di samping fungsi penting lainnya.

17. Padi penghasil beras hitam dapat melindungi kesehatan jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa beras hitam mengurangi pembentukan plak aterosklerosis yang berbahaya di arteri sangat penting untuk menjaga arteri jelas dan mencegah serangan jantung dan stroke. Anthocyanin fitokimia tertentu yang ditemukan dalam beras hitam untuk menjaga kadar kolesterol sehat dengan mengurangi total kolesterol, mengurangi kolesterol jarat, dan konsentrasi triasilgliserol secara keseluruhan.

18. Padi penghasil beras hitam dapat dapat mendetoksifikasi tubuh

Studi telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi beras hitam dapat membantu untuk detoksifikasi tubuh dan membersihkan hati dari racun berbahaya karena kandungan antioksidan beras yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelinci yang diberi beras hitam mengalami stres oksidatif yang berkurang (juga disebut karena kerusakan radikal bebas), yang terkandung antioksidan dalam darah mereka, detoksifikasi dalam hati dapat mengurangi plak di arteri. Fitonutrien yang ditemukan di beras hitam membantu tubuh untuk mengurangi peradangan dan membersihkan tubuh dari zat berbahaya yang dapat berkontribusi terhadap berbagai kondisi.

19. Padi penghasil beras hitam dapat membantu sistem pencernaan

Padi hitam dan beras gandum lainnya seperti padi merah, atau coklat memiliki jumlah serat yang sama, dengan sekitar 2-3 gram per setengah cangkir sudah memenuhi. Serat dalam beras hitam dapat membantu mencegah sembelit, kembung, dan gejala pencernaan yang tidak diinginkan lainnya. Serat dapat mengikat limbah dan racun dalam saluran pencernaan, membantu untuk memperbaiki fungsi usus biasa. Studi telah menemukan bahwa diet dengan tinggi serat makanan dari dapat melindungi dari resiko obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan gangguan pencernaan seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS). Hal ini karena serat memiliki tugas penting dalam membersihkan tubuh dari racun, membantu mengurangi peradangan dan membersihkan arteri karena menghilangkan limbah dari tubuh. Beras hitam juga dapat membantu, mencegah atau mengobati kasus diare, karena banyak serat.

20. Padi penghasil beras hitam dapat membantu untuk mencegah diabetes

Dibandingkan dengan makan karbohidrat olahan yang telah terkurangi serat mereka, antioksidan, dan nutrisi lain yang membantu dalam memperlambat penyerapan gula di aliran darah, beras hitam adalah pilihan yang lebih sehat. Beras hitam mengandung seluruh serat dan serat dapat membantu glukosa diserap oleh tubuh selama periode waktu yang lebih lama.

21. Kesamaan padi penghasil beras hitam dengan padi lainnya yang berwarna

Beras hitam berasal dari keluarga tanaman yang sama dengan beras berwarna lainnya dan termasuk beberapa varietas, seperti beras hitam Indonesia dan beras hitam melati Thailand. Berbagai jenis beras hitam mengandung manfaat kesehatan yang sangat baik, rasa pedas ringan yang mirip dengan rasa beras coklat. Sehingga lebih padat dari pada beras putih, beras hitam membutuhkan waktu lebih lama untuk memasak. Hasil terbaik dapat dicapai dengan terlebih dahulu merendam beras hitam untuk setidaknya satu jam sebelum memasak itu, tetapi sebaiknya selama beberapa jam.

Artikel Mengenai Padi lainnya

Demikian ulasan tentang padi dan semoga bermanfaat bagi pembaca.