Manfaat Vanili untuk Kue dan Makanan Lainnya

Tahukah anda tentang salah satu bahan pembuatan kue yang sering digunakan? Ya, Vanili (Vanilla planifolia) adalah sejenis tanaman berfisik pendek dengan daun berukuran sedang  berasal dari mexico dan dibudidayakan untuk pembuatan bumbu pelengkap untuk adonan kue. Buah vanili yang berwarna kekuningan dan batang tanaman vanili adalah anggota pada tubuh vanili yang banyak diproses sebagai vanili yang saat ini banyak dipasarkan  di Indonesia sebagai pengharum dalam pembuatan kue dan makanan.

Ada dua jenis vanili yang digunakan sebagai bumbu pelengkap terakhir dalam pembuatan kue, yaitu:

1. Vanili yang dibuat secara alami yaitu dibuat kering  dan padat menyerupai buah cherry

  • Vanila yang dibuat secara alami memiliki aroma harum yang sangat kuat dan memberi cita rasa lebih lezat pada kue yang sudah matang.

2. Vanili  Sintetis yang diolah dengan campuran bahan kimia berbentuk bubuk dan Essens Vanili

  • yang dibuat secara sintetis lebih mudah dalam penggunaannya  karena selama membuat kue kita dapat menakar sendiri berapa banyak yang harus dituang keadonan kue.  Vanili sintesis mempunyai struktur ringan karena berbentuk cair. Memiliki aroma harum yang khas buah vanili, tetapi tidak memberikan cita rasa apapun pada kue agar terasa lebih gurih.

Vanili juga ada juga yang dibuat dengan bentuk ekstra, yaitu memanfaatkan batang dari tanaman vanili  (essens vanili) untuk pengharum adonan kue. Walaupun Vanili diolah dengan berbagai cara yang berbeda sebagai bumbu pelengkap adonan kue tetapi tetap memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengharumkan kue. Hingga membuat tampilan kue menjadi lebih menarik dan mampu mengunggah selera makan.

Buah dan batang vanili mengandung manfaat serat yang tinggi, mineral dan beberapa vitamin penting seperti manfaat vitamin A, manfaat vitamin B. Terutama manfaat vitamin E. Kandungannya adalah tertinggi sehingga dapat menyehatkan jaringan kulit terdalam wanita dan aman untuk digunakan sehari hari.

Berikut ini beberapa manfaat vanili untuk kue, diantaranya :

  1. Memberi keharuman pada kue dan makanan agar memberi efek lebih menarik
  2. Dapat meningkatkan nafsu makan
  3. Sebagai penambah  cita rasa ekstra pada kue terutama pada vanili yang diproses secara alami
  4. Menghilangkan bau anyir pada susu yang ada pada adonan kue
  5. Memperlambat proses pembusukan atau basi walaupun disimpan selama dua hari
  6. Menghilangakan bau amis pada telur yang ada dalam adonan kue
  7. Jika dikonsumsi dapat melindungi dari radang tenggorokan
  8. Jika dikonsumsi dapat mencegah radang usus
  9. Jika dikonsumsi dapat mencegah radang lambung
  10. Jika dikonsumsi dapat menjadi antioksidan alami yang mencegah penuaan diri
  11. Jika dikonsumsi dapat melepaskan stres dan depresi
  12. Jika dikonsumsi dapat mencegah dan mengurangi mual pada ibu hamil
  13. Jika dikonsumsi dapat mempertahankan elastisitas kulit
  14. Jika dikonsumsi dapat mencegah penuaan dini
  15. Jika dikonsumsi dapat mencegah  kulit wajah agar tidak pucat dan kusam
  16. Jika dikonsumsi dapat meremajakan sel kulit mati

Vanili bukan hanya digunakana sebatas pada pembuatan kue saja, tetapi untuk jenis makanan lainnya juga disarankan agar tampilan makanan menjadi  lebih menarik dan mampu membuat siapapun menyukainya. Kini banyak para pedagang kue dan  makanan  lainnya telah memakai vanili sebagai alat bantu untuk membuat tampilan makanan olahan menjadi lebih menarik dan menggugah selera bagi pecinta camilan.

Penggunaan Vanili pada Jenis Makanan Lain

Makanan yang memakai vanili sebagai pengharum dan pelezat tambahan dalam olahan makanan adalah kolak, putu mayang, bolu kukus,  getuk, klepon dan lain lain. Sekarang sudah banyak pula para pelaku industri kecil yang bergerak dibidang pembuatan kue untuk diolah sebagai makanan pesananan dalam bentuk catering. Banyak ibu rumah tangga dan remaja putri pecinta kuliner menilai   Vanili sebagai bumbu pelengkap yang wajib digunakan dalam  pembuatan kue. Vanili mampu membuat tampilan kue yang biasa biasa saja menjadi memiliki daya jual yang tinggi dan dan bisa meningkatkan laba penjualan.


Selain dipakai untuk membuat kue yang didagangkan, vanili juga dipakai untuk olahan kue yang ada pada acara pernikahan, acara ulngtahun, acara pertemuan dengan rekan kerja kantor,  arisan keluarga, pesta khitanan dan acara penting lainnya. Bisa dibayangkan jika  kue yang tampil cantik dan terkesan mahal tidak memiliki aroma  harum apapun, kue itu akan tampak terlihat tidak memiliki cita rasa yang tinggi.

Berikut ini sejumlah bahan kue lainnya :

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 13th, November 2015 / 04:36 Oleh :
Kategori : Makanan