7 Manfaat Daun Kersen Untuk Stroke Tanpa Efek Samping

Daun kersen atau sering juga disebut dengan daun talok atau tanaman seri merupakan salah satu daun herbal yang mengandung banyak manfaat untuk menyembuhkan penyakit. Selama ini, banyak orang yang lebih sering mengkonsumsi bagian buah kersen atau buah seri, namun sebenarnya dalam daun kersen ini memiliki banyak nutrisi penting yang sangat sehat sekaligus mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya seperti salah satunya stroke. Daun kersen yang berbentuk lonjong memanjang serta bagian tepi yang bergerigi ini memiliki kandungan flavonoid, fosfor, antioksidan, anti kanker, fosfor, vitamin C, antiseptik, manfaat zat besi, protein, kalsium dan masih banyak lagi. Ada banyak manfaat daun kersen untuk stroke yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi air rebusan daun ini. Stroke sendiri bisa terjadi pada saat aliran darah menuju ke otak terputus sehingga terjadi penyumbatan atau pembuluh darah yang pecah dan akhirnya timbul kematian beberapa sel di sebagian otak. Untuk mengetahui apa saja manfaat daun kersen untuk stroke, berikut ini kami punya ulasan selengkapnya.

  1. Menurunkan Hipertensi

Manfaat dari daun kersen yang pertama adalah menurunkan hipertensi. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyebab utama dari stroke. Tekanan darah yang melebihi 140/90 maka sudah dikatakan darah tinggi sehingga meningkatkan risiko stroke. Kandungan fosfor, sumber antioksidan, vitamin C dan zat besi dalam daun kersen sangat ampuh mengatasi hipertensi sehingga penyakit stroke juga bisa dicegah.

  1. Mengatasi Penyakit Jantung

Air rebusan daun kersen ini juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit jantung yang merupakan penyebab dari stroke. Kondisi ini juga termasuk katup jantung yang mengalami kerusakan dan juga atrial fibrillation atau detak jantung yang tidak beraturan dna menjadi 1/4 penyebab stroke pada orang tua. Kandungan vitamin C dalam daun kersen ini juga berkhasiat untuk mengatasi penyumbatan arteri dari timbunan lemak pada dinding pembuluh darah.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi dan mempunyai berat badan berlebih juga akan meningkatkan stroke sehingga kedua penyakit ini harus diatasi dengan baik salah satunya dengan memanfaatkan daun kersen. Kerusakan pembuluh darah akibat diabetes bisa dicegah dengan daun kersen sekaligus menjaga berat badan agar selalu stabil. Daun kersen tinggi akan kandungan saponin dan flavonoid sehingga bisa merangsang tubuh untuk melakukan sekresi hormon insulin untuk mengontrol kadar gula darah sehingga daun kersen bisa dikonsumsi untuk mencegah lonjakan kadar gula darah untuk pencegahan terhadap stroke.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Penyebab dari stroke berikutnya adalah kadar kolesterol tinggi dalam darah yang membuat pasokan darah menuju otak jadi terhambat kemudian terputus sehingga akhirnya pecah dan terjadi serangan stroke. Untuk menurunkan kolesterol dalam darah ini bisa dilakukan dengan cara alami seperti salah satunya adalah dengan mengkonsumsi daun kersen.


  1. Mengatasi Berat Badan Berlebih

Berat badan berlebih atau obesitas juga menjadi satu dari sekian banyak penyebab stroke. Tidak hanya merusak penampilan seseorang, namun obesitas juga memicu berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke. Konsumsi daun kersen ini dengan teratur sehingga berat badan ideal bisa didapat sekaligus menjauhi anda dari serangan stroke yang berbahaya.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Melancarkan peredaran darah adalah salah satu khasiat yang terkandung dalam daun kersen. Mengkonsumsi daun kersen akan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh terutama menuju otak sehingga stroke karena penyumbatan darah bisa dihindari yang diperoleh dari manfaat vitamin C dalam daun kersen.

  1. Melancarkan Pasokan Oksigen

Saat pasokan darah yang mengangkut oksigen dan nutrisi menuju otak mengalami hambatan, maka sel sel pada otak akan mulai mati sehingga beberapa bagian tubuh tidak bisa bekerja sebagaimana seharusnya terutama pada anggota gerak. Kandungan zat besi, antioksidan, flavonoid, vitamin C dan juga fosfor dalam air rebusan daun kersen ini menjadi obat mujarab untuk memperkaya kandungan darah sehingga kebutuhan otak akan nutrisi penting serta oksigen bisa terpenuhi dan stroke bisa dicegah.

Ada banyak khasiat yang terkandung dalam tanaman pinggir jalan seperti manfaat daun kersen untuk stroke. Untuk mendapatkan manfaat daun kersen secara maksimal bisa dilakukan dengan merebus 10 lembar daun kersen bersama 2 gelas air dan tunggu hingga tersisa 1 gelas saja dan minum sebanyak 2 hingga 3 gelas per hari selama 2 hingga 4 hari berturut turut untuk menyembuhkan stroke.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal