12 Manfaat Rawa bagi Kehidupan Manusia

manfaat rawa bagi kehidupan manusiaRawa merupakan salah satu bentuk daratan yang biasanya terdapat di dalam suatu pedalaman hutan. Rawa sendiri secara harfiah diartikan sebagai suatu bagian dari daratan yang berbentuk tanah berlumpur yang terbuat baik secara alamiah, ataupun dapat dibuat dengan manusia. Namun demikian kebanyakan rawa yang ada, terutama di Indonesia adalah rawa-rawa yang terbentuk secara alami.

Rawa memiliki manfaat yang penting bagi kehidupan manusia. apa saja manfaat dari rawa ini? Berikut ini adalah beberapa manfaat rawa bagi kehidupan manusia :

1. Sebagai sumber mata air dan juga sumber air

Rawa, terutama bagian rawa yang memilki air yang banyak dapat menjadi sumber mata air yang baik untuk kehidupan kita. Meskipun demikian, ada beberapa rawa yang airnya tidak layak dikonsumsi untuk manusia. Sebagai salah satu sumber mata air, maka paling tidak air dari rawa dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan tubuh akan air.

Nah, air yang diperoleh dari rawa, biasanya dapat dimanfaatkan sebagai :

  • kebutuhan untuk mandi
  • kebutuhan untuk mencuci pakaian
  • kebutuhan untuk mencuci piring dan peralatan rumah tangga
  • apabila disaring dengan menggunakan cara dan metode yang tepat, serta direbus dengan benar, dapat dimanfaatkan sebagai air minum dan juga untuk memasak

Bagaimana cara memasak air dari rawa yang benar :

Setelah memperoleh air dari rawa yang benar, maka anda harus bisa untuk menyaring dan mendistilasi air rawa tersebut dengan menggunakan alat tersendiri. Setelah melakukan penyaringan, anda wajib untuk merebus air tersebut hingga mendidih dan menjadi suhu hingga 100 Celcius.

3. Melindungi ekosistem bagi mereka yang tinggal di daerah pesisir

Ternyata, rawa tidak hanya terdapat pada hutan saja, rawa yang berisi tanaman mangroove alias bakau merupakan salah satu jens rawa yang berada pada lingkungan ekosistem pantai. Pada ekosistem pantai yang merupakan salah satu perbatasan antara daratan dan juga laut, rawa dapat berfungsi sebagai penyangga dan juga pencegah terjadinya erosi karena air laut.

Rawa hutan bakau ini juga dapat mencegah banjir rob atau banjir yang disebabkan oleh naiknya permukaan air laut ke daratan.

3. Dapat melindungi lingkungan dari banjir

Daerah rawa merupakan salah satu daerah yang dapat membantu penyerapan air dan juga merupakan lokasi mengendapnya air. Dengan adanya rawa, maka air yang berlebihan debitnya dapat tertampung sementara dan juga dapat terserap pada rawa-rawa. Hal ini tentu saja dapat membantu untuk mencegah banjir dan juga masalah yang dapat muncul karena adanya debit air yang berlebihan, seperti tanah longsor.

4. Sebagai sumber mata pencaharian

Manfaat rawa bagi kehidupan manusia juga dapat menjadi salah satu sumber mata pencaharian bagi warga sekitarnya. Daerah sekitar rawa biasanya memiliki banyak pohon-pohon kecil yang dapat diambil kayunya.

Selain dapat memanfaatkan hasil-hasil alam dari pepohonan dan juga tumbuhan yang tumbuh di sekitar rawa. Banyak juga warga sekitar rawa yang memanfaatkan hewan yang hidup di sekitar rawa, untuk diburu dan dijual sehingga dapat menjadi sumber pendapatan bagi warga sekitar.

5. Sebagai lahan untuk membuat daratan

Saat ini sedang populer teknik yang bernama reklamasi. Teknik ini merupakan salah satu teknik terbaru yang memungkinkan daerah rawa, laut, sungai dan juga berbagai daerah yang memiliki genangan dan cadangan air dibangun menjadi rumah dan juga pemukiman.

Reklamasi merupakan proses pemadatan daerah seperti rawa, sehingga menjadi daratan yang padat dan stabil, sehingga dapat dibuat menjadi lahan pemukiman yang baru.

6. Baik untuk memperbaiki kualitas udara

Daerah rawa juga memiliki banyak sekali tanaman-tanaman yang baik untuk memperbaiki kualitas udara lingkungannya. Hal ini disebabkan karena daerah rawa memiliki beragam flora yang melakukan fotosintesis, sehingga dapat melepas oksigen ke udara.

Oksigen merupakan salah satu elemen terpenting dalam kehidupan kita, dan oksigen juga sangat penting untuk menjaga kualitas udara agar menjadi lebih baik lagi.

7. Menjadi sumber konsumsi

Selain dapat menjadi sumber mata pencaharian, manfaat rawa bagi kehidupan manusia juga digunakan sebagai sumber konsumsi. Beberapa flora dan juga fauna yang ada dan hidup pada daerah rawa dan sekitarnya. Selain dapat menjadi komoditas dan dapat dijual sebagai mata pencaharian, dapat juga dimanfaatkan sebagai konsumsi pribadi.

8. Tumbuhan rawa mampu dimanfaatkan sebagai bahan bakar

Apakah anda sudah pernah mendengar tentang biogas? Ya, biogas merupakan salah satu energi alternatif yang diklaim bersih dan juga ramah lingkungan. Biogas dapat dibuat dengan menggunakan tanaman, salah satunya adalah tanaman eceng gondok yang dapat dengan mudah diperoleh dari daerah rawa-rawa.

9. Sebagai lokasi wisata

Saat ini, sudah banyak sekali daerah rawa-rawa yang dimanfaatkan sebagai salah satu lokasi alternatif dalam berwisata. Selain dapat menjadi lokasi wisata yang menghibur, berwisata di daerah rawa – rawa juga dapat menambah ilmu pengetahuan. Banyaknya keanekaragaman hayati yang terdapat di daerah rawa tersebut, sehingga daerah rawa menjadi lebih menarik untuk dijadikan lokasi wisata.

10. Lokasi untuk mendapatkan ketenangan dan juga meditasi

Biasanya, lokasi rawa-rawa merupakan salah satu lokasi yang tenang dan alami. Hal ini sering dimanfaatkan oleh beberapa orang yang sedang membutuhkan ketenangan untuk berbagai macam hal, seperti menghilangkan stress. Selain itu, manfaat rawa bagi kehidupan manusia sebagai salah satu lokasi yang pas untuk melakukan meditasi.

11. Dapat menggemburkan tanah

Daerah sekitar rawa merupakan daerah yang gembur dan juga memiliki banyak sekali unsur hara. Tanah rawa dapat dimanfaatkan untuk menjadi media tanam yang baik karena dapat menyuburkan tanaman.

12. Sebagai pembudidayaan ikan

Anda juga dapat memanfaatkan rawa sebagai media untuk melakukan pembudidayaan ikan. Beberapa jenis ikan dapat hidup di daerah rawa, dan merupakan salah satu kesempatan yang sangat baik untuk memanfaatkan lahan rawa sebagai salah satu media untuk peternakan dan pembudidayaan ikan.

Jagalah Rawa Dengan Baik!

Rawa -rawa sendiri secara ekologis merupakan tempat tinggal alami dari berbagai macam ekosistem yang tinggal di sekitar rawa. Banyak sekali flora dan fauna yang tinggal di sekitar rawa, seperti buaya rawa, dan berbagai tanaman dan tumbuhan lainnya. Di Indonesia dan juga kebanyakan tempat lainnya, terbentuk karena adanya genangan air yang terjadi secara terus menerus yang disebabkan oleh terhambatnya drainase suatu lokasi dataran. Karena dianggap penting bagi kehidupan, maka pemerintah Indonesia sendiri pun memiliki aturan mengenai rawa-rawa.

Rawa ternyata memiliki banyak sekali manfaat yah bagi kehidupan. Maka dari itu, kita haruslah mampu untuk menjaga kondisi rawa dengan baik agar ekosistem di bumi ini tetap terjaga dengan baik, dan dapat berkontribusi dalam kehidupan manusia sehari-hari dengan maksimal.