10 Manfaat Nikel Bagi Kehidupan Sehari hari – Manusia

Nikel merupakan salah satu jenis unsur kimia yang berbentuk metal dan biasanya ditambang di daerah – daerah tertentu. nikel sendiri memiliki nomor atom 28 yaang saat ini dalam tabel periodic unsur dilambangkan dengan Ni. Walaupun merupakan salah satu unsur metal, namun nikel asli yang baru ditambang memiliki sifat lembek dan dapat dibentuk. Biasanya nikel diolah dengan cara dipadukan dan dicampurkan dengan logam lain, seperti besi dan krom. Nikel memiliki wana putih keperakan dan dapat ditempa. Manfaat nikel bagi manusia dalam menunjang kehidupan sehari harinya sangat banyak.

Nikel sendiri merupakan salah satu elemen yang membentuk inti bumi. Diketahui sebanyak 10% inti bumi terbbentuk dari nikel. Karena merupakan salah satu unsur pembentuk inti bumi, maka nikel cukup sulit ditemui dan ditambang. Biasanya nikel yang ditambang berasal dari larutan nikel yang berada di laut, dengan kisaran jumlah sekitar 8 juta ton.

Berikut ini adalah beberapa fakta umum dari nikel :

nikelNama : Nikel / Nickel
Lambang : Ni
Nomor atom : 28
Massa Atom : 58.71 gr/mol
Kepadatan : 8.9 gr / cm3
Titik lebur : 1453 C
Titik Didih : 2913 C
Isotop : 10
Penemu : Alex Constedt

Nikel sendiri di dunia memiliki banyak manfaat dan kegunaan, terutama dalam bidang industri baja dan kebutuhan hidup sehari – hari.

Apa saja manfaat dan penggunaan dari nikel?

Manfaat nikel dalam kehidupan sehari hari cukup banyak bagi manusia, setidaknya ada berbagai industri yang menggunakan nikel sebagai bahan dasarnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan penggunaan dari unsur nikel :

  1. Sebagai bahan campuran dalam pembuatan stainless steel

Besi biasa atau steel memiliki kecenderungan yang mudah mengalami karat atau stain ketika mengalami proses osidasi, seperti trkena air ataupun udara. Dengan menggunakan campura nikel dan juga krom, maka terciptalah jenis besi yang tahan akan karat, yaitu stainless steel. Stainless steel merupakan jenis besi anti karat yang sudah sangat populer dan banyak digunakan dalm industry – industry penyedia barang. Berikut ini beberapa benda dan hasil produksi dari stainless steel yang akrab dalam kehidupan kita sehari – hari :

  • Peralatan makan, seperti sendok, garpu dan sumpit
  • Pembuatan knalpot motor dan mobil
  • Rantai jam tangan
  • Besi – besi pada konstruksi bangunan
  • Peralatan sanitasi, seperti kran air dan shower.
  1. Campuran pada besi baja

Beberapa jenis besi baja juga melibatkan nikel dalam pembuatan campurannya. Biasanya besi baja yang memiliki campuran nikel memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan besi baja yang dicampu alumunium. Selain tiu besi baja yang dicampur nikel juga memiliki ketahan terhadap karat yang lebih baik dibandingkan besi baja murni, walaupun tidak sebaik stainless steel. Berikut ini beberapa aplikasi dari besi baja dalam kehidupan sehari – hari

  • Sebagai pembuatan konstruksi jembatan, jalan laying, dan gedung
  • Sebagai rel kereta
  1. Pembuatan koin

Biasanya mata uang suatu Negara memiliki 2 jenis,yaitu dalam bentuk kertas dan bentuk koin. Mata uang yang memiliki bentuk koin dibuat dengan menggunakan bahan dasar yang dicampur dengan unsur nikel. Hal ini dapat membuat uang koin atau yang biasa dikenal dengan istilah uang logam memiliki daya tahan terhadap karat, dan juga memiliki tekstur yang mengkilap.

  1. Aplikasi nikel dalam dunia otomotif dan variasi

Apabila anda seorang pegiat dan orang yang hobi dengan dunia otomotif, pasti sudah cukup akrab dengan nikel sebagai salah satu pemanis kendaraan. Biasa nikel dan krom dapat menjadi bahan lapisan tambahan pada part – part otomotif agar menjadi lebih kinclong dan menarik. Lapisan ini biasanya selain dapat mencegah munculnya karat, dapat juga menjaga kualitar part agar tidak cepat rusak. Berikut ini adalah beberapa part otomotif yang sering diaplikasikan campuran nikel dan krom :

  • Velg
  • Rangka
  • Bumper
  • Knalpot
  • Bagian – bagian kecil, seperti pijakan kaki, handle rem dan spion
  1. Bahan baku pembuatan monel.

Apa anda pernah mendengar tentang monel? Monel merupakan salah satu jenis logam yang merupakan campuran dari nikel dan tembaga. Hal ini dapat menghasilkan logam yang keras dan kuat, tahan terhadap karat, namun dengan harga yang relative lebih terjangkau dibandingkan jenis besi yang full stainless. Biasanya, monel ini dipergunakan sebagai :

  • Baling – baling pada kapal laut
  • Sebagai aksesoris, seperti lionting, rantai kalng, gelang, dan cincin
  1. Kawat

Sifat nikel yang mudah dibentuk membuat unsur ini dapat dibentuk menjadi kawat. Kawat yang dihasilkan oleh nikel ini memiliki ketahanan yang baik, dan juga memiliki sifat yang anti karat. Biasanya kawat yang dibuat dari bahan dasar nikel ini dipergunakan pada turbin mesin jet.

  1. Melapisi senjata

Dengan sifatnya yang kuat dan anti karat, nikel juga sering dimanfaatkan sebagai pelapis dari berbagai jennies senjata yang diprodoksi di pabriknya. Dengan menambahkan lapisan nikel pada senjata, maka kalitas senjata akan bertambah baik, karena menjadi lebih kuat dan tahan karat serta tidak mudah mengalami korosi.

  1. Menjadi katalis

Nikel juga dimanfaatkan sebagai katalis, ang dapat membuat minyak sayur mengalami hidrogenasi sehingga berubah bentuk menjadi bentuk padat

  1. Plating

Beberapa metode plating atau metoe penyolderan menggunakan bantuan nikel untuk mlaksanakannya. Nikel memiliki sifat yang mudah melebur, dan dapat melapisi dengan baik, sehingga beberapa komponen elektronik juga mengandalkan nikel dalam melakukan plating atau pelapisannya.

  1. Baterai isi ulang

Pemanfaatan lain dari nikel adalah sebagai bahan dasar dari bateai yang dapat diisi ulang, alias rechargeable battery. Biasanya baterai yang memilikki bahan dasar nikel ini adalah baterai aki ataupun baterai kecil yang biasa kita gunakan sehari – hari.

Walaupun memiliki banyak manfaat, namun demikian terlalu banyak terkontaminasi dengan unsur nikel dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti :

  1. Kemungkinan mengalami gejala penyakit paru – paru
  2. Sakit kepala dan pusing
  3. Asma
  4. Gangguan jantung

Itulah beberapa manfaat nikel yang ada di bumi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga :