29 Manfaat Merica Untuk Kesehatan dan Kecantikan Terbukti Ampuh

Merica merupakan salah satu jenis rempah yang tidak hanya berguna untuk menambah kenikmatan makanan namun juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh, kecantikan dan juga rambut. Beberapa kandungan penting yang ada dalam merica diantaranya adalah kalium, zat besi, kalsium, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin E, serat, magnesium, seng, folat, kolin, karbohidrat, protein dan juga mangan. Merica sendiri tidak hanya populer digunakan di Indonesia saja, namun juga digunakan dalam kuliner dunia yang menjadi salah satu komoditas unggul serta memiliki harga tinggi pada masa lalu. Dari begitu banyak kandungan dalam merica, tentunya juga terdapat banyak manfaat merica untuk tubuh seperti ulasan lengkap yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Meringankan Rasa Nyeri

Manfaat lada hitam atau merica mengandung capsaicin yaki zat yang memberikan rasa panas yang sangat berguna digunakan sebagai obat oles atau semprot untuk meredakan dan mengurangi rasa sakit karena keseleo atau kejang. Pemakaian merica sebagai obat oles ini akan meringankan rasa nyeri dalam waktu yang singkat.

  1. Mengatasi Arthritis

Kandungan zat capcaisin dalam merica juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga sangat berguna untuk meredakan radang sendi dan juga pembengkakan pada otot yang menimbulkan rasa nyeri tak tertahankan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Kandungan capcaisin dalam merica juga sangat berguna untuk membakar lemak sehingga bisa menurunkan berat badan berlebih. Larutan capcaisin sendiri juga sering digunakan banyak orang sejak dulu untuk mengatasi berat badan berlebih dan salah satunya dengan menggunakan merica.

  1. Menyembuhkan Kanker

Dari penelitian di University of Nottingham dan juga American Association of Cancer Research membuktikan jika kandungan capcaisin yang ada dalam merica sangat ampuh untuk membunuh beberapa jenis sel kanker sehingga bisa dikonsumsi untuk menyembuhkan kanker prostat dan merupakan solusi kanker terbaik.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Manfaat lada atau merica juga terbukti sangat baik untuk mengobati sakit kepala. Rasa sakit yang terjadi di area kepala akan berkembang disaat neuropeptida yakni zat P yang mentransmisikan rasa sakit ke otak terjadi. Kandungan dalam merica yakni capcaisin tersebut akan menjadi penghalang transmisi sehingga gejala sakit kepala bisa dicegah dan dihilangkan.


  1. Menyembuhkan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Penyakit batuk dan juga sakit tenggorokan parah bisa disembuhkan hanya dengan mengkonsumsi merica bubuk yang dicampur dengan madu murni untuk memberikan kelegaan pada tenggorokan. Kombinasi dari merica bubuk dan madu ini akan menghasilkan zat antibiotik serta panas alami yang membantu untuk menyembuhkan batuk serta sakit tenggorokan beserta demam yang menyertai dengan sangat mudah.

  1. Dekongestan

Panas yang dihasilkan dari merica juga bagus untuk membersihkan saluran hidung dan meredakan masalah hidung tersumbat. Selain itu, mengkonsumsi merica juga sangat baik untuk melawan infeksi saluran hidung dengan cara membersihkan saluran udara pada hidung sehingga bisa bernafas kembali dengan normal.

  1. Mencegah Ulkus Lambung

Manfaat lada putih atau merica juga baik dalam membunuh bakteri yang menjadi penyebab ulkus pada perut dan juga usus. Merica sangat membantu untuk mencegah berbagai penyakit perut lainnya seperti sakit perut melilit dan sebagainya.

  1. Mengontrol Tekanan Darah

Dalam merica juga mengandung flavonoid, vitamin A dan juga vitamin C yang baik untuk mengendalikan tekanan darah sehingga seseorang yang memiliki masalah darah tinggi ini sangat disarankan untuk menambah merica ke dalam setiap makanan yang dikonsumsi setiap hari.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sifat unik yang dimiliki merica yakni membangkitkan tenaga panas juga akan membuat seseorang memproduksi keringat lebih banyak lagi serta mengurangi cairan berlebih yang ada dalam tubuh. Apabila terlalu banyak cairan yang ada dalam tubuh khususnya di sekitar organ jantung, maka bisa menyebabkan tekanan pada jantung dan menurunkan fungsi dari jantung, menyebabkan retensi air dalam tubuh dan menimbulkan kesulitan bernafas karena tekanan berlebih pada paru paru. Oleh karena itu, mengkonsumsi merica sangat disarankan untuk membuang cairan berlebih dalam tubuh dengan cara lebih banyak memproduksi keringat.

  1. Memiliki Sifat Antioksidan

Flavonoid dan beberapa vitamin yang ada dalam merica juga berperan penting dalam proses antioksidan sehingga merica sangat baik untuk melawan berbagai organisme yang masuk ke dalam tubuh dan bisa membahayakan tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Memperbaiki Pencernaan

Manfaat rempah rempah untuk kesehatan seperti merica juga sangat baik untuk merangsang sinyal ke perut untuk ekskresi asam hidroklorida yang sangat penting untuk mencerna makanan. Mengkonsumsi merica setiap hari akan sangat berguna untuk meningkatkan kinerja pencernaan sehingga makanan bisa diolah dan diserap lebih baik lagi. Dari penelitian yang sudah dilakukan juga membuktikan jika merica memiliki efek positif untuk enzim pankreas sehingga bisa meningkatkan proses pencernaan secara keseluruhan.

  1. Mengontrol Gula Darah

Merica juga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus meningkatkan proses pencernaan dan akhirnya juga bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Selain itu, mencampur merica dengan fenugreek dan juga kunyit yang dikonsumsi bersama segelas susu hangat setiap hari sudah terbukti ampuh untuk menurunkan kadar gula darah dan membantu sebagian penderita diabetes.

  1. Sumber Mineral Tinggi

Dalam merica mengandung flavonoid, vitamin A, vitamin C dan juga vitamin K serta beberapa mineral seperti serat, mangan dan juga besi yang sangat penting untuk meningkatkan pasokan mineral sehat ke dalam tubuh sehingga sangat menyehatkan dan bisa mengatasi lelah dengan baik.

  1. Menyembuhkan Sakit Gigi

Manfaat antioksidan yang ada dalam merica bubuk juga diketahui bisa memberi kelegaan sakit gigi saat digunakan bersama dengan garam atau minyak cengkeh. Hal ini bisa terjadi karena kandungan antioksidan dalam merica akan membunuh berbagai bakteri serta kuman penyebab sakit gigi sekaligus menenangkan saraf.

  1. Mengatasi Perut Kembung

Merica dan berbagai bahan lain yang mengandung capcaisin juga memiliki sifat karminatif sehingga bisa mencegah pembentukan gas di dalam usus untuk mencegah perut kembung dan masuk angin. Merica akan meningkatkan sekresi asam klorida dan membantu dalam proses pencernaan lebih efektif lagi dan solusi maag terbaik.

  1. Meningkatkan Penglihatan

Tidak hanya berguna untuk mengatasi penyakit dalam tubuh namun juga baik untuk mata. Sumber antioksidan dalam merica bersama dengan bubuk almond dan juga gula terbukti ampuh untuk meningkatkan penglihatan yang melemah dan menurun. Akan tetapi, untuk mengkonsumsinya dianjurkan meminta saran dari praktisi herbal yang sudah mengetahui dengan pasti bagaimana menggunakan merica ini untuk meningkatkan penglihatan.

  1. Menyembuhkan Katarak

Merica juga dianggap sebagai pengobatan alami yang efektif untuk mengobati katarak. Kombinasi antara merica dan almond dengan perbandingan 1:5 serta ditambahkan dengan gula merah membuat ramuan ini sangat baik untuk menyembuhkan katarak.

  1. Mencegah Kanker Kulit

Kegunaan berikutnya dari merica adalah untuk mencegah sinar UV berbahaya dari matahari yang menjadi penyebab dari kanker kulit dan juga beberapa penyakit kulit lain. Untuk penggunaannya tetap disarankan dilakukan oleh tenaga ahli kulit sebab kemungkinan ramuan ini tidak sesuai untuk semua jenis kulit.


  1. Menyembuhkan Vitiligo

Dalam merica juga mengandung piperine yang merupakan zat untuk stimulasi pigmentasi pada kulit. Merica ini menjadi solusi ampuh untuk mengatasi vitiligo dimana kulit kehilangan pigmen dan kemudian berubah menjadi putih. Penggunaan merica untuk obat vitiligo ini juga sudah terbukti aman tanpa menimbulkan efek samping berbahaya.

  1. Mengatasi kerutan

Manfaat vitamin C untuk kulit dan antioksidan tinggi dalam merica juga menjadi obat alami efektif untuk mengatasi garis halus, kerutan dan juga bintik hitam yang merupakan tanda tanda penuaan dini. Menambahkan merica dalam makanan sehari hari menjadi cara mudah untuk mendapatkan tampilan kulit cantik dan terlihat awet muda lebih lama.

  1. Membantu Pengelupasan Kulit

Merica juga merupakan exfoliator alami yang sangat baik digunakan sebagai scrub untuk menghilangkan sel kulit mati dari permukaan kulit penyebab kulit kusam. Menggunakan merica bubuk ini juga sangat baik untuk mengeluarkan racun dari kulit sehingga tekstur kulit semakin lembut dan juga cerah. Pada saat yang bersamaan, sifat antioksidan dalam merica ini juga akan meningkatkan sirkulasi darah serta oksigen di kulit sehingga tampilan kulit terlihat lebih segar.

  1. Merontokan Bulu

Bulu yang tumbuh di beberapa area tubuh terkadang terlihat mengganggu. Merica yang dicampur dengan kapur barus menjadi cara ampuh untuk menghilangkan bulu yang tidak diinginkan tersebut secara permanen. Campur kedua bahan tersebut lalu tambahkan dengan minyak almond dan oleskan pada permukaan kulit yang ditumbuhi bulu lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit. Untuk mencegah iritasi, lakukan percobaan pada area kecil kulit dan jangan digunakan untuk area organ vital dan juga ketiak.

  1. Mengatasi Ketombe

Merica juga dianggap sebagai bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi ketombe. Mencampur merica bubuk dengan dadih dan dioleskan pada kulit kepala lalu didiamkan selama 30 menit dan dibilas sangat ampuh untuk menghilangkan ketombe.

  1. Sebagai Hair Revitalizer

Merica juga menjadi bahan alami yang bekerja sebagai revitalizer apabila dikombinasikan dengan lemon. Campuran kedua bahan ini bisa dioleskan pada rambut dan diamkan selama 10 hingga 15 menit dan dicuci bersih. Hasilnya, rambut akan terlihat berkilau dan juga lembut secara instan.

  1. Mengencerkan Lendir

Segala jenis merica merupakan dekongestan alami yang bisa membasmi bahan kimia pengganggu selaput lendir sehingga lendir akan lebih encer dan mudah untuk dikeluarkan. Anda bisa menambahkan sejumput merica bubuk ke dalam semangkuk sup ayam atau makanan berkuah lainnya untuk melegakan pernafasan anda.

  1. Membersihkan Baju

Merica ternyata tidak hanya berguna untuk mengatasi berbagai penyakit, rambut dan kulit saja, namun juga berguna untuk mengembalikan warna pada pakaian dan mempertahankan warna lebih lama. Anda bisa menambahkan 1 sendok teh merica bubuk ke dalam bilasan terakhir cucian anda dan hasilnya warna pakaian akan kembali cerah dan tidak mudah pudar.

  1. Menebalkan dan Menguatkan Rambut

Merica juga berguna untuk mempertebal rambut sekaligus menguatkan. Hal ini bisa terjadi karena kandungan zat besi serta kalsium yang ada dalam merica. Untuk cara penggunaannya bisa mencampurkan 1 sendok teh merica bubuk dengan 1 sendok teh biji lemon yang sudah dihaluskan lalu tambahkan dengan sedikit minyak zaitun hingga membentuk adonan pasta dan gunakan sebagai masker rambut sambil menambahkan pijatan ringan.

  1. Menghilangkan Bekas Jerawat

Merica juga sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan jerawat beserta bekasnya karena kandungan beberapa vitamin dan antioksidan kuat dalam merica yang ampuh untuk mengangkat sel sel kulit mati. Untuk menggunakannya bisa mencampur sedikit merica bubuk dengan air lalu oleskan pada jerawat dan juga bekas jerawat sambil melakukan pijatan ringan. Tunggu beberapa menit lalu bilas bersih dengan air.

Manfaat merica ternyata tidak hanya baik untuk mengatasi berbagai penyakit saja namun juga baik untuk mengatasi berbagai masalah kulit, penyakit mata, rambut dan bahkan untuk keperluan sehari hari lainnya. Hal yang harus dipastikan adalah tidak menggunakan merica ini terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan iritasi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal