Manfaat Genjer untuk Diet, Bikin Langsing Singset

Sayuran Genjer atau dikenal dalam bahasa lain dengan paku rawan merupakan sejenis tumbuhan rawa yang sering dijumpai di perairan dangkal maupun sawah. Genjer biasanya tumbuh bersamaan dengan eceng gondok yang mudah tumbuh sehingga disebut sebagai gulma yang bisa merusak lingkungan perairan.

Meskipun dikenal sebagai “sayuran orang miskin”, tapi Anda pun tak perlu menganggap remeh karena genjer mampu bersaing dengan “sayuran orang kaya” dari kandungan yang dimilikinya bahkan sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Nutrisi di dalam sayuran genjer terdiri dari kalsium, serat yang tinggi, fosfor, zat besi yang tinggi, energi, protein, serta karbohidrat. Mengkonsumsi genjer bisa mengurangi penyakit jantung dan kanker karena terdapat Polifenol yang bisa menangkal radikal bebeas dan dapat mengurangi resiko penyakit jantung serta kanker.

Daun genjer berwarna hijau dengan lapisan lilinnya membuat tanaman ini terlihat mengkilap. Adapun kandungan sehat pada genjer di antaranya :

  • fosfor sebanyak 33 mg
  • protein sebanyak 1,7 g
  • kalsium sebanyak 62 mg
  • zat besi sebanyak 2,1 mg
  • karbohidrat sebanyak 77 g
  • energi sebanyak 39 kkal

Kandungan seratnya yang tinggi sangat mendukung untuk Anda yang sedang program diet. Memiliki tubuh langsing memang idaman semua wanita hingga mereka rela mengeluarkan banyak uang demi dapatkan tubuh ideal. Namun tidak sedikit wanita yang lebih memilih program diet alami tanpa harus operasi atau sedot lemak.

Program diet alami memang lebih aman dan hemat, yang penting Anda konsisten dan jika perlu konsultasi terlebih dahulu ke dokter bagaimana cara diet alami dan aman. Namun jika tidak, Anda hanya perlu mengatur manfaat gaya hidup sehat terutama dalam hal makan. Jika Anda sudah memiliki jadwal konsumsi makan setiap hari, kami sarankan untuk memasukkan sayuran genjer untuk diet Anda. Mengapa? karena kandungan yang ada di dalamnya sangat mendukung.

Beberapa manfaat genjer untuk diet dan bagi kesehatan jika dilihat dari kandungan seratnya yaitu:

  • Genjer Melancarkan pencernaan
  • Mengikat lemak dalam tubuh
  • Meningkatkan metabolisme dalam tubuh
  • Baik untuk pembentukan sel dara merah dan mampu menyembuhkan luka
  • Genjer mampu mencegah sembelit
  • Menopang proses pencernaan makanan

Bagaimana jika ibu hamil konsumsi genjer? apakah aman? selama konsumsinya masih dalam tahap wajar, tidak ada masalah justru akan membantu beberapa masalah yang sering terjadi saat hamil misalnya sembelit atau sulit buang air besar.

Dengan mengkonsumsi saat hamil, buang air besar Anda akan semakin lancar. Tapi, ada hal yang perlu diperhatikan. Genjer memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan khususnya untuk penderita asam urat. Genjer memiliki kandungan purin yang mengakibatkan kadar asam urat Anda tinggi.

Kedua, perhatikan apakah telor parasit masih menempel atau sudah lepas? Karena genjer tumbuh di tempat yang lembab dan basar tidak menutup kemungkinan parasit masih menempel pada sayuran. Bagi yang konsumsi genjer untuk diet, Anda juga perlu hati-hati dengan kadar asam urat Anda.

Untuk kesehatan tubuh lainnya, manfaat sayur genjer perlu Anda ketahui bersama, yaitu:

  1. Menjaga kesehatan tulang
  2. Menjaga kesehatan sel-sel dalam tubuh
  3. Menyimpan energi
  4. Sebagai anti kuman
  5. Mencegah anemia
  6. Membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi
  7. Memberikan kesehatan pada lambung
  8. Tidak cepat lapar
  9. Baik untuk ibu hamil dan janin
  10. Mengatasi sakit kepala
  11. Menambah stamina
  12. Sebagai sumber karbohidrat

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran