Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengatasi Masalah Pada Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid adalah salah satu organ tubuh pada bagian leher yang memiliki tugas dan fungsi tertentu sama seperti organ tubuh lainnya. Kelenjar ini berbentuk seperti kupu-kupu dan bekerja menghasilkan hormon tiroid yang sangat diperlukan oleh tubuh dalam kadar cukup karena berperan penting dalam bebagai proses kimia di dalam tubuh. Tidak berlebihan dan tidak pula kekurangan. Mulai dari pernapasan, sistem saraf, kadar kolesterol, denyut jantung, suhu tubuh, berat badan, hingga siklus menstruasi seorang wanita dipengaruhi oleh produksi kelenjar tiroid. Dengan peranan sepenting ini gangguan pada kelenjar tiroid tentu akan sangat berpengaruh pada berbagai proses di dalam tubuh sehingga penting sekali bagi kita untuk memelihara kesehatan tubuh termasuk kesehatan kelenjar tiroid.

Ada beberapa jenis gangguan atau penyakit yang bisa terjadi pada kelenjar tiroid diantaranya hipotiroidisme, penyakit gondok, nodul tiroid, hipertiroidisme, dan lain sebagainya. Penyakit-penyakit ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kerusakan kelenjar tiroid akibat radiasi, kadar iodin yang berlebihan, gangguan pada kelenjar hipofisis atau hipotalamus yang mengendalikan kelenjar tiroid, pengaruh dari obat yang memiliki kandungan litium, atau akibat operasi pengangkatan kelenjar tiroid.

Obat Alami untuk Kelenjar Tiroid

Untuk mengatasi berbagai gangguan di atas anda dapat berkonsultasi dengan tenaga medis terkait untuk mendapatkan obat-obatan atau tindakan medis lainnya. Namun jika anda menginginkan cara yang alami maka ada beberapa alternatif yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dan mengobati gangguan pada kelenjar tiroid diantaranya:

Disamping itu ada satu lagi bahan alami yang bisa digunakan untuk menjaga mengatasi masalah kelenjar tiroid yaitu ramuan atau manfaat air rebusan daun sirsak. Manfaat daun sirsak untuk kelenjar tiroid yang mengalami gangguan atau penyakit bisa didapatkan dengan mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin 2 kali sehari. Beberapa lembar daun sirsak yang masih segar dicuci bersih kemudian direbus bersama air hingga mendidih dan berubah warna. Setelah hangat air rebusan bisa langsung diminum.

Manfaat Daun Sirsak untuk Kelenjar Tiroid

Manfaat daun sirsak untuk kelenjar tiroid yang bermasalah didukung oleh kandungan nutrisi dan senyawa penting yang terdapat pada daun sirsak diantaranya asam amino, manfaat vitamin C, riboflavin, tiamin, manfaat karbohidrat, manfaat serat, acetogenins, manfaat zat besi, manfaat fosfor, kalsium, dan niacin. Selain itu manfaat daun sirsak untuk kelenjar tiroid juga didukung oleh kandungan antioksidan seperti polifenol dan saponin sehingga dapat mencegah perkembangan radikal bebas yang dapat menyerang sel-sel tubuh termasuk sel-sel pada kelenjar tiroid.

Manfaat daun sirsak untuk kelenjar tiroid juga bisa didapatkan karena sifat anti bakteri, anti virus, dan anti kanker yang terdapat pada daun sirsak. Konsumsi air rebusan daun sirsak dapat mencegah perkembangan bakteri jahat dan virus yang dapat mengganggu kinerja kelenjar tiroid. Selain itu baik juga untuk melindungi sel-sel tubuh sehingga terhindar dari perkembangan yang abnormal hingga menjadi sel-sel kanker.

Meskipun sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan dan dapat membantu mengatasi kelenjar tiroid yang bermasalah namun konsumsi daun sirsak saja tidak cukup. Sebaiknya anda tetap memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat pemeriksaan yang intensif dan pengobatan medis yang tepat sesuai diagnosa penyakit. Konsumsi daun sirsak sifatnya sebagai tambahan atau pendamping saja untuk memelihata kesehatan kelenjar tiroid sehingga berbagai fungsi tubuh bisa berjalan dengan baik.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal