6 Manfaat Akar Bayam Untuk Keputihan yang Sangat Penting Bagi Wanita

Ada berbagai jenis sayuran hijau yang sering dijadikan bahan makanan sehari- hari seperti kangkung berbeda jika anda melihat manfaat sayur rebung untuk diet, selada dan salah satu jenis sayuran yang sangat digemari banyak orang yaitu bayam. Berbeda dengan jenis sayur hijau lainnya, bayam merupakan salah satu sayur yang sangat laris di pasaran. Tidak hanya bisa dijumpai di pasar tradisional saja, bayam juga sangat mudah ditemui di berbagai supermarket. Sayur bayam memiliki nama ilmiah Amaranthus spp yang merupakan salah satu jenis tanaman konsumsi. Bayam awalnya berasal dari daerah Amerika tropic dan seiring dengan berkembangnya era perdagangan dan ilmu budidaya, bayam tidak hanya diperjualbelikan saja di Indonesia tetapi juga dibudidayakan. Sudah banyak sekali petani sayur yang memilih bayam sebagai tanaman ladang mereka.

Tidak hanya menyebar di Indonesia saja ternyata bayam merupakan salah satu jenis sayur hijau yang sudah menyebar ke seluruh Negara. Bayam sangat menyukai iklim hangat dan cahaya yang kuat sehingga sangat cocok jika dibudidayakan di daerah tropis. Adapun ciri dari tanaman bayam yaitu batang memiliki kandungan air dan sedikit berkayu dengan warna hijau terang. Untuk daunnya bertangkai panjang, berbentuk bulat telur, lemas, dan sebagian besar berwarna hijau walaupun ada jenis bayam yang memiliki daun berwarna merah dan hijau keputihan.

Adapun bunga bayam yang tersusun majemuk tipe tukal yang rapat dengan bagian bawah duduk di ketiak serta bagian atas berkumpul menjadi karangan bunga di ujung tangkai dan ketiak percabangan. Selain itu bijinya berwarna hitam, kecil dank eras hampir menyerupai manik- manik kecil. Biasanya bayam diolah menjadi aneka macam masakan berbeda dengan manfaat sayur katuk, selain karena harganya yang ekonomis bayam menjadi pilihan banyak orang karena cara pengolahannya yang sangat mudah. Karena jenis sayur hijau yang satu ini mudah sekali matang maka anda tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk memasaknya sangat praktis bagi anda yang memiliki banyak aktivitas.

Ada berbagai macam jenis masakan berbahan dasar bayam seperti tumis bayam hingga sayur bayam pedas. Selain daun yang sering dimanfaatkan, ternyata ada bagian lain dari tumbuhan bayam yang memiliki banyak sekali manfaat. Akar bayam biasanya dibuang begitu saja, namun tahukah anda ternyata akar baying memiliki peranan penting sebagai obat tradisional. Salah satunya yaitu untuk mengobati keputihan pada wanita. Biasanya keputihan merupakan salah satu gangguan reproduksi yang lumrah, namun ada juga yang memiliki gangguan keputihan berlebih. Namun anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mengatasinya dengan memanfaatkan akar bayam, berikut penjelasannya.

Manfaat Akar Bayam untuk Keputihan

  1. Menghilangkan Bau

Adapun gejala dari keputihan yang sering dialami para wanita yaitu bau menyengat yang kadang mengganggu kepercayaan diri dan penampilan. Keputihan sendiri terjadi karena kurang menjaga pola asupan makanan sehat atau kurang terjaganya kebersihan. Selain menjaga kebersihan dan pola makan, anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi jus akar bayam secara teratur sebanyak 2 kali dalam sehari.


  1. Menghilangkan Gatal

Tidak hanya bau saja berbeda jika anda melihat manfaat sayur arnong, keputihan juga bisa menimbulkan rasa gatal yang kadang menimbulkan luka lecet bila digaruk. Untuk mengatasinya anda dianjurkan untuk tidak menggaruk organ reproduksi anda, anda bisa membuat jus akar bayam dan meminumnya setiap pagi dan sore. Hal ini sangat efektif untuk menghilangkan bau serta rasa gatal yang anda alami.

  1. Sebagai Antibakteri

Akar bayam memiliki kandungan anti bakteri yang tinggi dan sangat baik untuk menghilangkan bakteri jahat yang ada di organ reproduksi anda. Tidak hanya menghilangkan bakteri dan virus penyebab kepiutihan saja, dengan meminum jus akar bayam ini dapat meningkatkan produksi bakteri baik pada organ reproduksi anda.

  1. Membersihkan Organ Reproduksi

Dengan mengkonsumsi jus bayam setiap pagi dan sore berbeda dengan manfaat jamu anik, jus bayam tidak hanya berfungsi sebagai detox saja tetapi juga membersihkan organ reproduksi anda dari bakteri ataupun sisa menstruasi yang dapat mengakibatkan gangguan. Dengan menjaga kebersihan organ reproduksi anda maka anda akan terhindar dari keputihan.

  1. Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Kesehatan organ reproduksi sangat penting dan tidak bisa disepelekan begitu saja, tentunya anda harus menjaganya dengan cara yang tepat. Ada berbagai cara untuk menjaga organ reproduksi anda dengan benar dan tepat. Salah satu cara yang efektif dan praktis yaitu dengan meminum jus akar bayam secara berkala.

  1. Menghentikan Lendir

Adapun gejala keputihan yaitu munculnya lender berwarna bening keputihan pada organ reproduksi anda. Tentunya ini sangat tidak sehat karena mengganggu kelembaban organ reproduksi anda. Untuk itu anda bisa mengatasinya dengan meminum jus akar bayam setiap pagi adan sore.

Itulah berbagai manfaat dari akar bayam yang dapat kami sampaikan yang berbeda jika anda melihat manfaat jamu bersalin, semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran