8 Manfaat Air Alkali Bagi Tubuh

Air alkali merupakan jenis air untuk konsumsi yang dipercaya bisa meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh. Air alkali terdiri dari berbagai jenis molekul dengan komponen yang sederhana sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Jenis air alkali juga bisa membantu tubuh dalam mengatasi proses hidrasi yang banyak disebabkan oleh berbagai faktor seperti kelelahan dan tubuh yang kurang energi.

Apa itu Air Alkali ?

Air alkali adalah jenis air yang telah melewati proses pengolahan dengan cara memisahkan fraksi asam dan alkali dengan menggunakan dasar proses elektrolisis. Proses ini memanfaatkan ion magnesium dan kalsium yang digunakan dalam industri produksi air alkali.

Mengapa Konsumsi Air Alkali ?

Kebiasaan kita mengkonsumsi air mineral memang sangat baik untuk kesehatan. Namun salah satu hal yang perlu untuk diperhatikan adalah bahwa semua jenis air memiliki pH yang berbeda-beda. Dari berbagai sumber ditemukan bahwa air mineral murni memiliki sifat pH asam. Nilai pH merupakan salah satu faktor penting untuk menentukan ukuran keasaman sebuah zat cair seperti air. Nilai skala pH dibagi menjadi 3 golongan yaitu :

  • skala 0, sangat asam
  • skala 7, normal
  • skala 14, sangat basa

Sementara itu jenis sifat pH yang paling dibutuhkan oleh tubuh adalah skala basa artinya tidak asam, tidak terlalu asam, tidak netral dan tidak sangat basa. Air alkali yang memang termasuk air dengan sifat basa, yang akan membantu tubuh dalam menyerap manfaat oksigen sehingga memberikan pengaruh yang sangat baik untuk kesehatan.

Konsumsi berbagai jenis makanan dan minuman, akan berpotensi untuk meningkatkan pH asam dalam tubuh. Jika kadar asam terus meningkat maka sistem organ dan penyerapan mineral dalam tubuh tidak bekerja dengan baik. Ada banyak efek yang muncul pada kesehatan manusia ketika pH asam bertahan dalam tubuh, karena itu manfaat air alkali dengan sifat basa sangatlah baik bagi tubuh, berikut diantaranya :

1. Menjadi Antioksidan Alami untuk Tubuh

Air alkali yang bersifat basa sangat baik untuk mencegah serangan zar radikal bebas dan memiliki sifat antioksidan alami dalam tubuh. Zat radikal bebas memang sangat buruk untuk tubuh karena bisa menyebabkan penuaan dini, kanker dan berbagai masalah penyakit degeneratif. Sementara itu, air alkali sebagai sumber antioksidan alami bisa mendorong penyerapkan mineral dalam tubuh dan membantu tubuh dalam memerangi sel kanker.

Manfaat antioksidan ini juga terdapat pada :

2. Meremajakan Kulit

Memiliki penampilan yang mulus dengan kulit yang indah telah diinginkan oleh semua orang. Air alkali yang bersifat basa membantu tubuh dalam meremajakan sel-sel kulit dan menyimpannya dalam sel-sel kulit yang lebih sehat. Sehingga air alkali membantu meluruhkan sel-sel kulit yang mati, memperbaiki jaringan yang rusak dan membuat kulit menjadi lebih elastis.

Bahan lain yang bisa meremajakan kulit juga terdapat pada :

3. Agen Detoksifikasi Kulit

Banyak orang yang merasa tidak percaya diri karena memiliki jerawat yang terus tumbuh. Jerawat disebabkan karena ada racun yang terus tumbuh dibagian bawah permukaan kulit. Racun bisa berasal dari makanan ,minuman, udara kotor maupun sisa kosmetik yang tidak bersih. Manfaat air alkali yang bersifat basa membantu tubuh dalam menyeimbangkan pH kulit dan membuang semua racun dalam kulit. Karena itulah air alkali akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kulit yang lebih bersih.

Agen detoksifikasi lainnya juga bisa didapatkan pada :

4. Menurunkan Berat Badan

Berat badan terus naik karena jumlah kalori yang diterima oleh tubuh berlebihan. Ketika kalori yang masuk lebih banyak maka cadangan energi yang telah dirubah dalam bentuk lemak tidak bisa digunakan oleh tubuh dengan mudah. Cadangan energi dalam bentuk lemak membutuhkan pengolahan yang lebih lama. Namun air alkali akan membantu tubuh dalam menurunkan berat badan dengan cara menekan kebutuhan tubuh akan kalori.

Kondisi ini akan membantu tubuh untuk mengolah lemak yang diperlukan oleh tubuh dan membantu membuang sisa makanan dari dalam tubuh. Jadi konsumsi air alkali akan membantu memperbaiki penampilan Anda. Nah, bahan lain yang mampu mempengaruhi penuruann berat badan ini yakni :

5. Detoksifikasi Usus Besar

Manfaat air alkali yang bersifat basa juga berguna untuk membersihkan racun-racun dari bagian usus besar. Usus besar menampung semua jenis sisa zat makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh. Ketika mengkonsumsi banyak serat maka semua kotoran akan keluar, namun hal paling penting adalah bahwa sebenarnya usus besar tidak bisa benar-benar bersih. Selalu ada sisa yang terus menumpuk dalam waktu yang lama. Akibatnya bisa sangat beragam mulai dari sembelit hingga akibat fatal seperti kanker usus besar.

Air alkali yang bersifat basa akan mudah diserap oleh usus besar. Air yang masuk ke bagian usus besar akan membantu mengelurkan semua kotoran dalam tubuh. Jenis bahan alami lainnya yang bisa menjadi detoksifikasi alami yaitu :

6. Mengalahkan Sumber Penyakit

Ketika tubuh kita lelah atau menghadapi perbedaan cuaca maka ada banyak ancaman penyakit yang bisa masuk ke tubuh. Hal ini disebabkan karena tubuh tidak mampu melawan berbagai jenis bakteri, kuman, virus dan sumber penyakit lain. Konsumsi air alkali yang bisa mendorong penyerapkan oksigen dalam darah menjadi agen kuat untuk melawan semua jenis sumber penyakit. Jadi konsumsi air alkali sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

7. Mengatasi Nyeri Sendi

air alkali yang bersifat basa juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan mendorong cairan agar bisa mencapai sendi dan otot tubuh. cairan ini akan membantu sendi agar mudah digerakkan dan tidak kaku. Keluhan penyakit sendi yang sering terjadi pada orang tua karena asupan kalsium yang terus berkurang akan menyebabkan penyakit radang sendi. Dengan air alkali maka semua bagian sendi bisa bekerja dengan baik karena mendapatkan pelumas yang cukup.

Nyeri sendi ini juga bisa diatasi dengan :

8. Mencegah Dehidrasi

Dehidrasi tidak hanya disebabkan oleh kekurangan air minum, namun juga karena kadar pH air minum yang terlalu asam. Manfaat air alkali dengan sifat pH basa bisa membantu mengatasi dehidrasi dengan baik, karena tidak hanya mencukup kebutuhan air tapi juga memenuhi jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Dehidrasi bisa berakibat fatal karena bisa menyebabkan berbagai organ penting berhenti bekerja seperti jantung dan otak.

Dehidrasi ini juga bisa diatasi dengan hal-hal berikut ini :

Tips Konsumsi Air Alkali

Jika ingin mengkonsumsi air alkali maka bisa memilih jenis air alkali yang benar-benar diproduki oleh industri air. Berikut ini adalah beberapa tips mengkonsumsi air alkali :

  • Pilih jenis air alkali dengan pH antara nilai 8 hingga 9, Anda bisa melihat pada kemasan yang tertera pada produk air alkali.
  • Air alkali yang asli akan memiliki rasa agak manis dan tidak akan berubah rasanya apabila disimpan setelah kemasan di buka.
  • Hindari konsumsi air alkali satu jam sebelum maupun sesudah makan karena ketika setelah makanan masuk ke dalam tubuh maka sifat asam akan ada dalam sistem pencernaan. Jadi jika minum air alkali satu jam sebelum dan setelah makan maka bisa merusak proses pencernaan.
  • Konsumsi air alkali dalam waktu yang sangat panjang bisa menyebabkan produksi asam lambung yang tinggi sehingga lebih baik jika konsumsi air alkali diatur dalam jangka waktu tertentu atau tidak terlalu sering.
  • Hindari konsumsi air alkali dengan obat-obatan atau berbagai jenis minuman berenergi atau bahan minuman dengan campuran zat kimia untuk makanan.
  • Simpan air alkali dalam botol kaca karena sifat reaksi pada air alkali bisa menjadi buruk jika disimpan dalam botol plastik.

Konsumsi air alkali memang sangat baik untuk kesehatan, tapi tetap harus memperhatikan cara aman untuk konsumsi air alkali. Pertimbangkan berbagai efek baik dan akibat yang muncul jika konsumsi air alkali secara terus-menerus.