11 Manfaat Mangga Irwin Untuk Kesehatan Tubuh

Mangga Irwin atau Mangifera Indica adalah varietas mangga yang berasal dari Australia dengan penampilan yang mencolok dan berbeda dari mangga yang kita kenal karena berwarna merah keunguan. Warna yang unik tersebut berasal dari hormon antosianin, yang asalnya dari glukosa yang diubah oleh sinar matahari dengan gelombang pendek. Antosianin pada mangga irwin berkumpul di pangkal buahnya, yaitu di dekat tangkai. Klorofil yang memberi warna hijau hanya terdapat sedikit di ujung buahnya, sementara pigmen karotenoid yang penyebarannya merata di kulit buah menyumbang sedikit pada warna kuningnya.

Ukuran mangga irwin bisa cukup besar hingga mencapai 500 gram per buah dengan tekstur daging padat yang agak berair, rasa yang manis dan wangi yang khas. Mengandung biji tipis dengan serat yang cukup halus dan sedikit bertepung. Buah ini memerlukan sinar matahari yang cukup jika akan dibudidayakan, jika tidak warna ungu dan merahnya tidak akan muncul sehingga penampilannya menjadi kurang menarik. Buah mangga irwin juga tidak bisa dipanen matang karena akan menurunkan kualitasnya, jadi pemanenan harus dilakukan saat buah belum matang benar di pohon untuk mendapatkan rasa yang pas.

Khasiat Mangga Irwin Untuk Kesehatan

Pohon mangga Irwin termasuk cepat berbuah dengan masa tanam selama 2-3 tahun. Beberapa manfaat mangga irwin untuk kesehatan yaitu:

1. Baik untuk penyakit diabetes

Walaupun rasanya manis, mangga ini bagus untuk penyakit berbahaya seperti yang dialami para penderita diabetes berkat kandungan senyawa antosianin didalamnya jika dikonsumsi dalam porsi yang sewajarnya. Jika berlebihan, mangga juga dapat membawa pengaruh buruk pada kadar gula darah.


2. Melindungi dari sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat menimbulkan berbagai akibat mulai dari kulit yang terbakar sampai kerusakan sel – sel tubuh jika seseorang terkena sinar UV berlebihan. Kandungan senyawa flavonoid dalam buah mangga ungu sangat baik untuk menjaga sel tubuh dari bahaya sinar UV.

3. Berguna untuk kesehatan tulang

Semua orang tentunya tidak ingin mengalami pengeroposan tulang, karena itu dibutuhkan asupan vitamin D yang cukup untuk menjaga tulang tetap kuat. Manfaat mangga irwin mengandung banyak vitamin salah satunya vitamin D. Vitamin ini telah terbukti sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang khususnya mencegah pengeroposan dan memperkuat tulang.

4. Mengatasi anemia

Anemia adalah suatu kondisi tubuh dimana penderita kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Penderita penyakit anemia perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi. Mangga ini mengandung zat besi yang sangat baik untuk mengatasi anemia atau kekurangan darah. Khususnya untuk mencegah anemia pada wanita hamil dan juga pada anak – anak.

5. Sebagai anti radang

Beberapa penelitian menunjukkan kandungan fitokimia yang ada pada mangga berperan sebagai anti peradangan pada beberapa penyakit patologis yang berhubungan dengan respons tubuh terhadap peradangan. Misalnya kolitis ulseratif dan inflammatory bowel disease adalah kelainan yang ditandai oleh peradangan kronis dan kerusakan jaringan mukosa pada organ pencernaan sehingga meningkatkan resiko kanker kolon dan kanker rektum.

6. Sebagai anti kanker

Komponen bio aktif yang terkandung di berbagai bagian mangga termasuk manfaat mangga irwin juga dapat membantu berperan sebagai anti kanker. Kandungan flavonoid dan vitamin C dalam mangga irwin akan berperan sebagai antioksidan serta menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel di dalam tubuh.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tubuh yang bugar dan bebas dari penyakit adalah keinginan semua orang. Manfaat mangga irwin dapat dikonsumsi secara rutin karena mengandung vitamin C yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Masih ada juga manfaat mangga madu, manfaat mangga harum manis , manfaat daun mangga dan manfaat kulit mangga.

8. Menangkal radikal bebas

Kondisi lingkungan yang penuh debu dan polusi berpotensi menimbulkan radikal bebas yang pada akhirnya akan membahayakan kesehatan tubuh. Oleh karena itu kita perlu mengonsumsi makanan – makanan yang mengandung antioksidan. Manfaat mangga irwin ini mengandung banyak antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.


9. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan yang kaya dalam mangga irwin juga dapat menurunkan resiko penuaan dini yang ditimbulkan dari serangan radikal bebas terhadap tubuh. Tanda – tanda penuaan seperti garis halus, keriput dan kulit kusam akan berkurang jika mengonsumsi mangga irwin secara teratur.

10. Mencegah penyakit eritrema

Eritrema adalah suatu kondisi ketika kaki penderitanya mengalami pembengkakan dan menjadi berwarna merah. Manfaat mangga irwin dengan kandungan flavonoid didalammnya mampu mencegah penyakit tersebut. Ketahui juga manfaat mangga muda, manfaat daun mangga kering dan manfaat mangga manalagi.

11. Menjaga kesehatan mulut

Kondisi mulut yang sedang mengalami sariawan pastinya sangat membuat tidak nyaman dan tidak enak makan. Salah satu penyebab sariawan biasanya karena kekurangan vitamin C. Manfaat mangga irwin bisa mengatasi masalah sariawan dengan kandungan citamin C yang dapat memenuhi 2 kali kebutuhan vitamin C harian Anda.

Sayangnya, untuk mendapatkan manfaat mangga irwin yang buahnya unik dan berbeda dari mangga kebanyakan ini masih agak sulit karena masih jarang ditemukan di pasaran. Sejauh ini pada umumnya buah mangga irwin hanya ditanam oleh para kolektor buah unik saja. Jika Anda ingin mencoba menanamnya, sebaiknya kuasai dulu teknik bertanam mangga irwin yang benar agar hasilnya maksimal. Perhatikan juga kondisi iklim di daerah Anda apakah memadai untuk penanaman pohon mangga irwin.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan