7 Manfaat Elips Bagi Kesehatan Rambut

Memiliki rambut indah dan sehat merupakan idaman semua orang, terutama wanita. Berbagai macam style rambut dari masa ke masa menjadi hal yang vital dalam dunia fashion agar membuat seorang wanita terlihat lebih cantik tidak hanya dilihat dari baju dan paras wajah yang cantik saja, namun rambut juga dinilai lebih yang dapat menyempurnakan style seseorang.

Untuk memperoleh rambut yang normal, sehat, dan indah, diperlukan perawatan rambut yang tepat. Namun tak jarang juga para kaum wanita yang mengalami permasalahan yang kompleks seperti kerusakan pada rambut sehingga diharuskan melakukan perawatan yang khusus.

Faktor Penyebab Kerusakan Rambut

Faktor yang dapat menyebabkan rambut mengalami kerusakan, antara lain :

1. Penggunaan hair dryer terlalu panas

Pengunaan hair dryer yang terlalu panas membuat rambut menjadi lebih kering sehingga rambut mengalami kekeringan, rusak, bahkan sampai patah.

2. Terlalu lama mengucir rambut

Terlalu lama mengucir rambut dapat membuat rambut mengalami patah dan menjadi rontok. Hal ini tidak disarankan untuk menjaga kondisi rambut dan jangan pula mengucir rambut dalam keadaan basah.

3. Menyisir rambut dalam keadaan basah

Seperti mengucir rambut, menyisir rambut dalam keadaan basah tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Hal iniyang bisa terjadi karena dari akar rambut yang rapuh dan juga rambut yang patah akibat menyisir rambut atau menguncir dalam keadaan basah.

4.Produk sampo yang tidak sesuai karakteristik rambut

Pada dasarnya tipe dan karakter rambut setiap orang berbeda. Oleh karena itu, Dalam memilih produk sampo untuk harus disesuaikan dengan kondisi rambut agar rambut tidak mengalami kerusakan. Selainitu, untuk merawat rambut juga harus diberikan tambahan vitamin lain seperti elips yang sesuai dengan kondisi dan karakter rambut agar rambut menjadi lebih terawat dan indah sesuai keiginan.

5. Terlalu sering mengganti warna cat rambut

Penggunaan cat pewarna rambut yang terlalu sering tidak disarankan. Hal ini dikarenakan dalam cat pewarna rambut terdapat zat kimia yang dapat merusak rambut. Kerusakan rambut pun bermacam-macam mulai dari timbulnya ketombe dalm rambut bahkan sampai mengalami kerontokan permanen pada seseorang karena faktor terlalu sering dalam mengganti warna cat rambut. Tidak hanya mengalami kerontokan permanen, di suatu negara terdapat kasus meninggal dunia akibat dari pengunaan cat pewarna rambut yang terlalu sering. Hal itu diakibatkan karena zat kimia yang terkandung dalam cat pewarna rambut masuk melalui pori-pori rambut yang ada dikepala lalu masuk ke dalam saraf otak.

6. Kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh

Bukan hanya perawatan rambut dari luar saja yang diberikan pada rambut, namun diperlukan juga perawatan dari dalam yaitu dengan asupan nutrisi yang cukup dalam merawat rambut. Seperti dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan yang dibutuhkan dalam perawatan rambut. Seperti makanan dan minuman yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, zinc, dan kandungan lainnya.

artikel terkait: manfaat vitamin Amanfaat vitamin A bagi kesehatanmanfaat vitamin Cmanfaat vitamin E

7. Kurang olahraga

Ternyata tubuh yang sehat pula memberikan dampak yang begitu penting dalam pertumbuhan rambut. Olahraga secara teratur dan rutin dapat menyehatkan tubuh juga berdampak pada rambut yang akan menjadi rambut yang sehat.

8. Menggosok rambut untuk mengeringkan rambut yang basah

Menggosok rambut sehabis keramas dapat menyababkan rambut menjadi rontok. Rontok sendiri karena berasal dari akar rambut serta dari rambut yang patah. Oleh karena itu, hindari mengosok-gosok rambut pada keadaan basah.

Tahapan Perawatan Rambut

Di bawah ini merupakan tahapan yang harus diperhatikan dalam melakukan perawatan rambut:

1. Pra-perawatan bagi rambut

  • Kenali karakter rambut. Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Untuk rambut sendiri terdapat jenis rambut kering, rambut normal, rambut berminyak, dan rambut kombinasi sehingga perawatan rambutnya pun berbeda pada setiap orang.

2. Perawatan atau treatment bagi rambut

  • Mengetahui produk yang sesuai dengan permasalahan yang dialami dan karakteristik rambut.
  • Sesuaikan perawatan rambut dengan permasalahan yang dialami dan juga jenis rambut yang dimiliki.
  • Mengetahui cara penggunaan produk yang dapat disesuaikan dengan permasalahan dan karakteristik rambut.

Setelah mengenali karakteristik dan permasalahan yang dialami rambut, maka gunakan produk yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh rambut, seperti elips yang memiliki beberapa macam yang disesuaikan dengan permasalahan dan karakteristik yang dialami oleh banyak wanita. Maka dari itu, elips melahirkan produk yang memiliki berbagai macam fungsi perawatan rambut. Elips memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan rambut, antara lain kandungan pro-keratin complex, vitamin A, vitamin C, Vitamin E, pro-vitamin B5, dan jojoba oil.

Manfaat elips bagi rambut :

1. Mencegah rambut berketombe

Salah satu komposisi yang terdapat dalam elips adalah jojoba oil. Jojoba oil merupakan minyak yang berasal dari biji pohon jojoba yang biasanya tumbuh subur di daerah berpasir atau bisa pantai. Kandungan yang terdapat jojoba oil adalah vitamin yang nantinya akan membentuk vitamin B kompleks dan vitamin E. Selain itu, terdapat kandungan berbagai mineral lain seperti copper, zinc, iodine, dan selenium yang memiliki peran sebagai antidandruff sehingga rambut dapat terhindar dari ketombe yang menjadi masalah pada rambut.

artikel terkait: manfaat minyak urang aringmanfaat yoghurtmanfaat aspirinmanfaat kunyit

2. Sebagai moisturizer

Selain sebagai antidandruff atau antiketombe,  jojoba oil yang terkandung dalam elips dapat membuat rambut menjadi tidak kering yang akan menyebabkan kerusakan yang lain pada rambut.

artikel terkait: manfaat kondisioner rambut

3. Membantu proses pertumbuhan rambut baru

Terdapat kandungan vitamin yang terkandung dalam elips seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Kandungan vitamin tersebut dapat membantu dalam proses pertumbuhan rambut baru karena pada vitamin A berfungsi sebagai pengatur retinoic acid pada bagian pilkel rambut dalam proses pertumbuhan rambut itu sendiri, pada vitamin C perannya dapat menyerap zat besi yang dimana zat besi tersebut dapat membantu dalam membentuk protein dalam proses pertumbuhan rambut baru.

artikel terkait: manfaat lidah buayamanfaat daun urang aringmanfaat sabun eumora

4. Rambut lebih ringan dan lembut

Hal seperti ini juga disebabkan karena peran jojoba oil yang terdapat dalam elips sehingga rambut menjadi lebih terawat yang menghasilkan rambut yang sesuai keinginan. Kandungan yang berperan tersebut adalah keratin. Elips membantu memberikan keratin tambahan selain yang diproduksi oleh tubuh yang membuat rambut menjadi lebih ringan dan lembut.

artikel terkait: manfaat creambath

5. Rambut mudah diatur

Kandungan yang terdapat pada elips membuat rambut menjadi lebih mudah diatur adalah keratin, maka elips membantu kekurangan keratin pada rambut yang rusak karena kekurang keratin.

6. Mengurangi kerusakan dan rambut patah

Biasanya rambut patah dan rusak disebabkan rambut yang sering terpapar bahan kimia berupa cat rambut, hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan elips karena terdapat vitamin dan kandungan lain yang membantu menjaga folikel rambut agar lebih sehat.

artikel terkait: manfaat hair spamanfaat lobak putih bagi kesehatan dan kandungan gizinyamanfaat daun kemangi untuk kesehatan kulit dan rambut

7. Rambut berkilau dan tidak kusam

Terdapat vitamin dan kandungan lain yang terdapat dalam elips membantu menutrisi rambut menjadi lebih sehat, berkilau, dan tidak kusam. Hal ini disebabkan adanya kandungan jojoba oil yang bersifat melembapkan rambut.

artikel terkait: manfaat jeruk nipis untuk kesehatan rambutmanfaat sampo kuda mane n tailmanfaat minyak zaitun untuk kecantikanmanfaat baby oil

Demikian beberapa manfaat yang didapatkan dari penggunaan elips dan cara merawat rambut agar menjadi rambut yang sehat, maka sayangilah rambut yang tidak hanya sebagai makhota untuk kecantikan saja.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 01st, May 2016 / 18:37 Oleh :
Kategori : kecantikan