Ini Manfaat Kebersihan Lingkungan Kerja yang Jarang Diketahui

√ Verified Pass quality & scientific checked by advisor, read our quality control guidelance for more info

Untuk mendapat produktivitas bagi para pekerja kantor, salah satu yang paling mempengaruhi adalah kondisi lingkungan kerja. Hal ini dikarenakan kualitas kondisi lingkungan kerja yang baik bisa menjadi tolak ukur bagaimana produktivitas karyawan itu sendiri.

Kemudian, salah satu cara bagaimana mempertahankan kualitas kondisi lingkungan kerja yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan kerja.

Ruang kerja merupakan tempat dimana karyawanmenghabiskan banyak waktu dan menjadi bagian dari rutinitas sehari – hari. Olehkarena itu, ruang kerja haruslah menghadirkan rasa nyaman dan sehat. Sehinggakaryawan bisa bekerja dengan nyaman dan terhindar dari penyakit.

Begitu banyak manfaat menjaga kebersihanlingkungan kerja dengan baik dan rutin. Berikut ini beberapa manfaat yang akandi dapat beli selalu menjaga kebersihan lingkungan kerja setiap hari. Simakselengkapnya dibawah ini ya.

  • Penyakit Tidak Mudah Datang

Manfaat membersihkan lingkungan kerja yang pertama yaitupenyakit tidak mudah datang. Begitu banyak hal yang mempengaruhi kenyamanansaat bekerja di kantor. Antara lain, jumlah debu di tempat kerja seperti meja,kursi, komputer, laci. Kemudian buruknya sanitasi, dan pengapnya ruangan bisamenjadi salah satu gangguan saat kamu mulai bekerja. Dan itu bisa membuat karyawantidak nyaman.

Oleh karena itu, kotornya ruangan atau lingkungan kerja bisajuga menjadi sumber timbulnya penyakit. Ruangan yang tidak bersih bisa jadipemicu munculnya flu, masalah pernapasan, hingga diare.

Faktanya, meja kerja di kantor merupakan sarang dari berjuta– juta bakteri. Terdapat 400 kali lebih banyak bakteri yang ada di meja kerja dibandingkantempat duduk di toilet. Tempat duduk di toilet sendiri memiliki 10 juta bakteri.Mengapa bisa begitu?

Para karyawan biasanya berangkat dari rumah dalam keadaanbersih. Namun, setelah bercampur dengan berbagai polusi udara di perjalanan,debu dan asap, mereka telah menyentuh banyak bakteri yang di bawa dari luarkantor. Belum lagi bila mereka menyentuh eskalator atau lift, dan benda – bendalain yang memungkinkan mereka membawa bakteri dari luar.

Bila kondisi meja kerja kotor, produktivitas karyawanmenjadi sangat mudah terganggu. Meja kotor juga mempengaruhi kondisi mentalkaryawan. Biasanya, meja kerja yang kotor mempengaruhi suasana hati hingga moodkerja karyawan yang tadinya baik menjadi tidak baik.

Oleh karena itu, dengan kondisi meja kerja yang bersih danrapi, penyakit tidak akan mudah muncul karena berkurangnya bakteri – bakteri jahatpenimbul penyakit. Dengan begitu, produktivitas karyawan pun meningkat dankontribusi ke perusahaan menjadi lebih bagus lagi.

  • Mempengaruhi Kepuasan Karyawan Kantor

Manfaat membersihkan lingkungan kerja selanjutnyayaitu lingkungan kerja yang bersih dan rapi juga mempengaruhi kepuasan karyawankantor. Kantor yang tertata rapi dan bersih bisa memuat karyawan semangatbekerja setiap harinya.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan meja kantorbisa dimulai dari menerapkan aturan mencuci tangan sebelum masuk ke dalam ruangankantor. Hal ini bisa menjadi salah satu langkah awal agar meja dan alat kantorlebih terjaga kebersihannya.

Kemudian, bila ada karyawan yang memang lebihmemilih membeli makan siang dari luar atau delivery dan dimakan dikantor, haruslah memberlakukan aturan untuk self – cleaning agar mejayang dipakai untuk bekerja bisa kembali bersih setelah dipakai untuk santapmakan siang. Bila ingin lebih efisien, bisa sediakan meja makan terpisah untukkaryawan menyantap makanan baik saat siang atau makan malam saat lembur dikantor.

  • Meningkatkan Mood Karyawan Kantor

Selanjutnya adalah kebersohan lingkungan kerja yang terjagasudah tentu bisa juga menjaga dan meningkatkan mood karyawan. Bila karyawan bekerjadi tempat yang kotor, kumuh, berantakan, bukan tidak mungkin lingkungan tersebuttidak baik untuk kesehatan. Dan tentu saja menurunkan motivasi karyawan untukbekerja. Bisa jadi semangat karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan menjadi menurun.

Bila kondisi meja kerja kotor, bisa jadi malah menimbulkan gangguanpsikis seperti sumpek, stres, suntuk, hingga cepat mudah merasa lelah dan mengantuk.Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan kebersihan dan kesehatanlingkungan kerja terjaga.

  • Menjaga Sistem Kerja Tetap Efektif

Selanjutnya yaitu dengan lingkungan kerja yang bersih bisa menjagasistem kerja mulai dari produktivitas hingga sosialisasi antar karyawan menjaditetap efektif setiap harinya. Ketika suatu kantor atau perusahaan memilikilingkungan kerja yang bersih dan sehat, maka memberlakukan sistem kerja yang sudahdisepakati akan mudah dijalankan pula. Namun bila sebaliknya, bila kondisilingkungan kerja tidak terawat dan kumuh, akan sulit meminta karyawan untukmengikuti sistem kerja yang sudah ditetapkan.

Fasilitas yang mendukung produktivitas karyawan bukan tidakmungkin bisa menjadi tolak ukur kenyamanan karyawan bekerja di kantor. PerusahaanGoogle contohnya, menyediakan banyak fasilitias tidak hanya fasilitas untukbekerja, namun juga fasilitas untuk merelaksasi diri agar karyawannya tidak mudahstres saat bekerja.

  • Menjaga Hubungan Kerja Antar Karyawan LebihBaik

Di dalam lingkungan kerja yang terjaga kebersihan dan kesehatannya,bisa juga meningkatkan kualitas hubungan antar rekan kerja serta atasan. Komunikasidan sosialisasi antar karyawan juga bisa berjalan lancar antara posisi dan divisidi perusahaan tersebut. Bila kondisi lingkungan kerja kotor dan kumuh, bisajadi , hubungan tidak hanya antar rekan kerja, bisa juga dengan pimpinan menjadisulit. Bahkan bila sudah tidak terbendung, kemalasan karyawan untuk pergibekerja karena lingkungan kerja yang tidak sehat bisa terjadi dan menganggukinerja perkembangan perusahaan menjadi lebih baik.

Demikianbeberapa manfaat kebersihan lingkungan kerja yang terjaga untuk produktivitaskaryawan. Semoga artikel ini membantu ya.

fbWhatsappTwitterLinkedIn