9 Manfaat Air Hangat Untuk Mandi Untuk Tubuh dan Pikiran

Mandi sudah menjadi aktivitas rutin yang dilakukan semua manusia untuk menjaga kebersihan dan juga kesehatan tubuh. Selain itu, aktivitas mandi juga sudah dipraktekkan dalam hidroterapi selama berabad abad baik menggunakan air panas atau air dingin yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan penyakit. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat air hangat untuk mandi yang bisa didapatkan oleh tubuh?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

  1. Memperbaiki Suasana Hati

Mandi dengan air hangat memang terasa sangat menyenangkan dan bahkan bisa memberikan manfaat dalam jangka panjang. Menurut seorang psikolog dari hasil survei pada 80 orang, mandi air hangat terbukti bisa mengurangi rasa depresi dan pesimisme sebab mandi air hangat bisa memberikan kombinasi antara kenyamanan dan juga ketenangan sehingga nantinya juga bisa memberikan perasaan nyaman pada pikiran dan juga tubuh.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mandi dengan air hangat sebelum tidur juga sangat efektif untuk meningkatkan kualitas tidur sekaligus mengatasi lelah pada tubuh sesudah beraktivitas seharian penuh. Banyak teori yang mengatakan jika suhu tubuh lebih dingin akan mendorong kualitas tidur semakin baik sehingga disarankan untuk membuat hawa kamar terasa lebih dingin. Namun mandi dengan air hangat sebelum tidur ternyata juga bisa memberikan efek yang serupa sehingga hormon melatonin bisa semakin dirangsang dengan baik.

  1. Meredakan Nyeri Otot

Air panas bisa membuat darah mengalir lebih lancar yang sangat penting untuk mengurangi rasa sakit pada otot yang pegal. Selain itu, menambahkan garam epsom pada air hangat juga sangat penting untuk mengurangi peradangan pada sendi bahkan dikatakan bisa memberikan efek positif pada penderita penyakit metabolik seperti diabetes tipe 2.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Mandi dengan air hangat secara teratur juga sangat penting untuk menurunkan tekanan darah dari beberapa penelitian. Dengan menurunnya tekanan darah, maka beberapa masalah jantung serius seperti stroke dan serangan jantung juga bisa dicegah. Air panas akan menginduksi aliran darah dan sirkulasi yang lebih baik sehingga akan menyeharkan tubuh secara menyeluruh khususnya organ jantung.

  1. Membantu Proses Pembakaran Kalori

Meski manfaat lemak juga sangat dibutuhkan tubuh, namun jika kadarnya berlebihan bisa berdampak buruk untuk tubuh. Mandi dengan air hangat nantinya bisa menghasilkan keringat karena uap mandi yang dihasilkan dari panas dan nantinya juga bisa membakar kalori dalam tubuh lebih cepat.

  1. Meredakan Gejala Flu dan Batuk

Uap yang dihasilkan ketika mandi dengan air hangat juga sangat baik dilakukan sebagai solusi batuk dan flu dengan cara melegakan pernapasan yang tersumbat. Penyumbatan nantinya bisa menyebabkan hidung meradang dan uap yang dihasilkan saat mandi air hangat bisa membuat pembuluh darah di area wajah dan hidung semakin lancar untuk mengatasi penyumbatan karena lendir sekaligus juga membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus lebih baik.

  1. Menenangkan Iritasi Kulit

Jika mandi dengan air panas bisa membuat kulit teriritasi, mandi air hangat bisa memberikan efek sebaliknya yakni bisa dijadikan solusi kecantikan kulit khususnya menenangkan kulit yang teriritasi. Menambahkan minyak esensial seperti minyak kelapa, lavender atau minyak zaitun pada air hangat sangat penting untuk mengatasi kulit kering dan teriritasi sekaligus sebagai aromaterapi untuk mengurangi stress.


  1. Mengeluarkan Toksin

Mandi dengan air hangat sangat penting untuk meningkatkan sirkulasi sistem getah bening dalam tubuh yang nantinya akan memicu seseorang untuk berkeringat lebih banyak sekaligus mengeluarkan racun dalam tubuh beserta dengan bakteri sehingga tubuh akan jauh lebih sehat.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Mandi dengan air hangat juga nantinya membuat uap lembab dan hangat bisa terhirup yang bermanfaat sebagai dekongestan alami. Hal ini nantinya tidak hanya berguna untuk melegakan masalah tenggorokan namun juga penting untuk melancarkan peredaran darah sehingga rasa sakit kepala bisa diringankan.

Manfaat air hangat untuk mandi menjadi aktivitas biasa dan mudah untuk dilakukan di rumah yang ternyata bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh baik untuk kesehatan fisik dan juga mental. Agar khasiatnya bisa semakin bertambah, maka menambahkan beberapa jenis minyak esensial juga sangat baik dilakukan.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan