16 Manfaat Berfikir Kritis dalam Kehidupan Sehari Hari

Seiring dengan berjalannya waktu cara berpikir kritis sangatlah dibutuhkan oleh seseorang karena dengan berpikir kritis maka anda akan mendapatkan berbagai macam manfaat untuk kehidupan anda. Berpikir kritis bukanlah cara berpikir yang sulit, berpikir kritis merupakan cara berpikir yang dapat diperoleh begitu saja tanpa adanya berbagai macam pengalaman. Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan dalam berfikir seseorang yang dimana keterampilan tersebut terdapat pada tingkatan yang kompleks dan keterampilan berpikir kritis harus menggunakan proses analisa serta menggunakan proses evaluasi terlebih dahulu. Seseorang yang memiliki pikiran kritis atau berpikir kritis akan mendapatkan berbagai macam manfaat. Adapun beberapa manfaat berpikir kritis adalah sebagai berikut

Manfaat berpikir kritis

1. Selalu bersyukur kepada Tuhan

Ketika seseorang memiliki berfikir kritis maka mereka akan lebih memahami tentang bagaimana Tuhan memberikan kenikmatan dalam kehidupan mereka. Untuk itu bagi mereka yang memiliki sifat berpikir kritis terutama dalam keagamaan maka mereka akan lebih bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bersyukur pada Tuhan ini dapat diwujudkan dengan manfaat solat karena solat sama artinya mndekatkan diri dengan Tuhan, dan memang manfaat bersyukur sangat mempengharuhi kehidupan. Salah satu cara bersyukur adalah dengan manfaat sedekah yang ikhlas

2. Menjadi pribadi yang disukai orang lain

Memiliki sifat berpikir kritis juga dapat disukai oleh banyak orang sebab Ketika seseorang memiliki sifat berfikir kritis biasanya orang tersebut merupakan orang yang terbuka. Seseorang yang memiliki berpikir kritis maka mereka akan lebih mudah dalam menerima pendapat serta menerima kritikan dari orang lain. Pribad yang disukai orang lain selain berpikir kritis adalah yang juga selalu tersenyum, selain baik untuk orang lain manfaat senyum juga baik untuk kesehatan tubuh.

3. Tidak akan mudah tertipu

Bagi mereka yang memiliki sifat berpikir kritis maka manfaat dari sikap berpikir kritis adalah tidak akan mudah tertipu oleh orang lain. Sebab Ketika seseorang memiliki sifat berpikir kritis maka mereka tidak akan mudah percaya terhadap berbagai macam hal yang belum tentu akan kebenarannya sehingga mereka tidak akan mudah tertipu. dengan manfaat taat kepada Alloh pun akan menjadikan diri terlindungi dan tidak mudah tertipu.

4. Dapat menyelesaikan masalah

Manfaat dari seseorang yang memiliki sifat berpikir kritis maka mereka akan mudah dalam menyelesaikan masalah. Karena pada umumnya seseorang yang memiliki sifat berpikir kritis akan dengan mudah menganalisis serta memecahkan masalah yang sedang mereka alami maupun yang sedang dialami oleh orang lain.

5. Dapat membantu dalam mengambil keputusan

Kemampuan dalam menganalisis berbagai macam Masalah dapat membantu seseorang dalam mengambil berbagai macam keputusan terutama keputusan-keputusan yang penting. Untuk itu Maka segeralah menerapkan berpikir kritis pada kehidupan Anda saat ini. Mengambil keputusan pun dapat dibantu dengan manfaat musyawarah agar keputusan yang diambil bisa mufakat dan tidak sebelah pihak 


6. Dapat membedakan antara fakta dan opini

Seseorang yang memiliki sifat berpikir kritis akan dengan mudah membedakan antara fakta dan opini dan seseorang memiliki sifat berpikir kritis tidak akan mudah percaya akan berita-berita palsu yang sering beredar di masyarakat sekitar.

7. Membantu anda lebih tenang dalam menghadapi masalah

Seseorang yang memiliki sifat berfikir kritis akan membantu dalam menghadapi berbagai masalah dengan tenang. Untuk itulah manfaat dari berfikir kritis adalah membantu seseorang dalam mengatasi masalah yabg dialaminya. Memang banyak cara membuat suasana hati lebih tenang, salah satunya adalah dapat dilakukan dengan cara ini. 

8. Melatih kreatifitas

Berfikir kritis juga bermanfaat untuk melatih kreativitas dalam berpikir anda. Sebab ketika Seseorang berpikir kritis maka orang tersebut secara tidak langsung akan terus-menerus untuk memutar otak sehingga otak menjadi lebih cerdas. Salah satu kreatifitas pun adalah kerajinan tangan, dimana manfaat kerajinan tangan ini juga tidak kalah pentingnya dari pada manfaat berfikir kritis.

9. Mudah memahami orang lain

Bagi mereka yang sering melakukan berpikir kritis maka mereka yang sering berpikir kritis akan mudah dalam memahami persepsi orang lain. Sehingga dengan demikian akan memperkecil kesalahpahaman yang dapat terjadi antara satu orang dengan orang lain.

10. Menemukan hal-hal yang baru

Seorang yang menerapkan prinsip berpikir kritis akan mendapatkan berbagai macam manfaat dari berpikir kritis tersebut salah satunya seseorang yang berpikir kritis akan menemukan hal-hal yang baru yang sebelumnya belum diketahui.

Selain 10 manfaat dari berpikir kritis seperti yang dijelaskan diatas masih ada beberapa manfaat dari berpikir kritis yang dapat anda dapatkan.

11. Mengurangi salah persepsi

12. Menemukan peluang yang baru

13. Mudah memahami orang lain

14. Memiliki banyak jawaban

15. menjadi orang yang lebih Mandiri

16. Menjadi rekan kerja yang baik

Itulah 16 manfaat dari seseorang yang memiliki sifat berfikir kritis. Untuk itu bagi Anda yang kini belum memiliki sifat berpikir kritis alangkah lebih baiknya jika anda segera meningkatkan tingkat berpikir Anda yaitu menjadi berpikir yang kritis.

, ,
Post Date: Wednesday 11th, October 2017 / 09:42 Oleh :
Kategori : Sosial