30 Manfaat Daun Senna untuk Pencernaan

manfaat daun sennaDaun senna untuk pencernaan belum banyak diketahui oleh masyarakat. Daun senna sendiri belum banyak diketahui oleh masyarakat. Lalu sebenarnya apakah daun senna tersebut? Daun senna adalah daun yang sebenarnya cukup populer di dunia internasional. Alasannya adalah daun ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Salah satunya adalah manfaat daun senna untuk pencernaan. Masalah pencernaan merupakan masalah kesehatan yang paling umum menyerang manusia. Ternyata masalah pencernaan ini dapat diatasi dengan memanfaatkan daun senna. Sebelum membahas mengenai manfaat daun senna untuk pencernaan, penting untuk mengetahui apa itu daun senna dan bagaimana ciri-cirinya.

Artikel lainnya:

Informasi Umum dan Ciri-ciri Daun Senna

Daun senna merupakan bagian dedaunan dari tumbuhan senna. Tumbuhan senna merupakan tumbuhan yang populer dengan bunga yang warnanya sangat cantik. Bunga senna memiliki warna menarik dan terang, yaitu warna kuning. Bunga ini sebenarnya banyak dijadikan bunga hias di pekarangan atau taman. Sayangnya, kecantikan bunga ini tidak diketahui juga dilengkapi dengan daun-daun di sekitarnya yang kaya akan manfaat.


Ciri-ciri dari daun senna sendiri adalah ukurannya yang panjang dan lebar dibandingkan ukuran daun bunga pada umumnya. Daun ini biasanya ada di bagian bawah dari bunga senna yang tumbuh menjulang ke atas. Daun ini bentuk ujungnya melengkung keluar sehingga juga cukup menarik perhatian karena bentuknya. Kali ini daun senna kembali akan menarik perhatian karena manfaatnya. Manfaat daun senna untuk pencernaan khususnya sudah cukup banyak dipelajari oleh peneliti-peneliti dari berbagai belahan dunia. Manfaatnya tersebut sangat dipengaruhi oleh kandungan dalam daun senna yang kaya akan manfaat untuk tubuh manusia. Informasi mengenai kandungan dari daun senna adalah sebagai berikut:

  • Glikosida
  • Sennosida
  • Anthraquinon
  • Hidroksian Thrasen
  • Naftalene Glikosidan
  • Dianthrone

Artikel Terkait:

30 Manfaat Daun Senna untuk Pencernaan

Setelah mengetahui berbagai informasi umum mengenai kandungan dan ciri-ciri dari daun senna, berikut ini akan dipelajari lebih jauh mengenai apa saja manfaat daun senna untuk pencernaan manusia. Sedikitnya terdapat 20 manfaat daun senna untuk pencernaan manusia yang bisa anda rasakan. Simaklah penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih jauh manfaat-manfaat dari daun senna tersebut.

  1. Membantu Buang Air Besar (BAB) Menjadi Lancar- Manfaat daun senna untuk pencernaan yang pertama adalah dalam hal membantu melancarkan buang air besar (BAB). Kebiasaan konsumsi makanan yang kurang sehat dan kurang serta diketahui sering menjadi penyebab seseorang mengalami permasalahan dalam sistem BAB. Oleh karena itu, konsumsi daun senna sangat disarankan dalam melancarkan kembali BAB anda.
  2. Membantu Proses Metabolisme Tubuh Manusia- Proses metabolisme merupakan proses yang penting dalam tubuh manusia. Proses ini menckaup juga sistem kerja pencernaan manusia. Proses metabolisme yang baik merupakan tanda dari pencernaan yang baik pula. Itulah sebabnya anda harus menjaga sistem metabolisme tubuh dengan mengonsumsi daun senna ini.
  3. Menjaga Kesehatan Lambung- Manfaat lain dari daun senna adalah menjaga kesehatan lambung. Lambung merupakan salah satu organ pencernaan yang penting kerjanya. Jika organ lambung tidak dalam keadaan sehat, maka sangat wajar seseorang kemudian dapat terganggu pencernannya. Untuk itu, konsumsilah daun senna untuk menjaga lambung tetap sehat.
  4. Mengusir Racun dalam Sistem Pencernaan- Selain itu, daun senna pun bermanfaat dalam mengusir racun dari sistem pencernaan. Tidak dapat dipungkiri bahwa konsumsi makanan yang tidak sehat mungkin juga memasukan racun dalam tubuh. Konsumsi dari daun senna ini dapat mengatasinya dengan membuang racun.
  5. Mengobati Sembelit yang Mengganggu- Daun senna juga diketahui bermanfaat untuk mengobati sembelit yang mengganggu. Kondisi sembelit sering kali membuat perut merasa tidak nyaman dan nafsu makan pun berkurang. Itulah sebabnya anda harus memanfaatkan daun senna untuk mengatasi sembelit ini.
  6. Mencegah Wasir Menyerang- Manfaat lain dari konsumsi daun senna untuk pencernaan adalah mencegah wasir menyerang. Seperti yang mungkin sudah anda ketahui, wasir merupakan gangguan pencernaan yang paling menyiksa. Oleh karena itu, anda dapat mengonsumsi daun senna untuk mencegahnya datang kembali.
  7. Mengobati Ambeien yang Kronis- Selanjutnya, ternyata daun senna yang dikonsumsi sebagai obat pun dapat membantu ambeien yang kronis yang banyak diderita dalam masyarakat. Keadaan pencernaan yang kemudian membuat ambeien mengganggu aktivitas pun dapat dengan mudah terselesaikan.
  8. Mengobati Cacingan pada Anak-anak- Permasalahan cacingan pada pencernaan anak-anak sering mengganggu proses pertumbuhan anak. Hal ini ternyata dapat diatasi dengan manfaat daun senna untuk pencernaan. Anda dapat memanfaatkan kandungan dalam daun senna untuk mengusir cacingan dan membantu anak anda tumbuh dengan sehat.
  9. Mengubah Kandungan Racun menjadi Netral pada Tubuh- Ternyata daun senna pun dapat menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Cara untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari daun senna ini adalah dengan mengonsumsinya. Konsumsilah daun senna hingga pencernaan anda terasa lebih baik keadaannya.
  10. Mencegah Obesitas Terjadi- Masalah pencernaan kemudian juga diketahui sering menjadi alasan obesitas terjadi. Bagaimana anda dapat mencegah obesitas ini terjadi? Tentunya dengan memiliki sistem pencernaan yang baik. Anda dapat mengonsumsi daun senna untuk mencegah obesitas tersebut.
  11. Obat Alami Cuci Perut- Seperti diketahui, seringkali seseorang merasa perlu untuk melakukan cuci perut dari kotoran-kotoran yang tersisa dalam saluran pencernaan. Hal ini dapat dibantu prosesnya dengan memanfaatkan daun senna. Konsumsilah daun senna untuk menjadi obat alami cuci perut.
  12. Mengobati Infeksi Lambung- Daun senna kemudian juga dapat anda konsumsi untuk membantu proses pengobatan infeksi lambung. Infeksi yang terjadi pada organ lambung akan sangat membahayakan penderitanya. Oleh karena itu, konsumsilah daun senna secara rutin untuk mengobati infeksi lambung yang sering anda alami.
  13. Mencegah Diare Menyerang- Diare merupakan salah satu jenis gangguan pencernaan yang terjadi sebagai akibat dari bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Konsumsi dari daun senna diketahui mampu menghilangkan efek dari bakteri diare dan mencegah diare menyerang.
  14. Mengobati Radang Lambung- Gangguan pencernaan lainnya adalah radang lambung. Jenis gangguan yang satu ini pun dapat diobati dengan mengonsumsi daun senna. Oleh sebab itu, konsumsilah daun senna untuk mengembalikan kondisi lambung anda yang kembali sehat.
  15. Menjaga Kesehatan Usus- Selain menjaga kesehatan lambung, kesehatan usus pun penting untuk dijaga. Anda dapat menjaga kesehatan usus ini dengan mengonsumsi daun senna. Permasalahan dan kotoran yang menempel pada usus pun kemudian dapat dibantu untuk dibersihkan.
  16. Menjadi Pencahar Alami- Selanjutnya, kebutuhan akan obat pencahar pun kini menjadi sangat sering dicari dalam masyarakat. Akan tetapi tidak banyak yang tahu bahwa daun senna dapat menjadi pencahar alami dalam sistem pencernaan.
  17. Mencegah Reabsorbsi Air dalam Sistem Pencernaan- Reabsorbsi atau penyerapan air kembali dalam sistem pencernaan akan mengganggu proses BAB seseorang. Itulah mengapa konsumsi daun senna untuk pencernaan sangat penting untuk dilakukan. Anda dapat mengonsumsi daun senna untuk kembali melancarkan sistem pencernaan anda.
  18. Meningkatkan Kecepatan Pengolahan Makanan- Daun senna pun diketahui mampu meningkatkan kecepatan pengolahan makanan. Hal ini merupakan hasil dari fungsinya meningkatkan gerak dalam penghancuran makanan di dalam organ-organ pencernaan.
  19. Membersihkan Usus- Lebih lanjut, usus pun sering dibutuhkan untuk dibersihkan sebelum melakukan pemeriksaan medis. Pembersihan usus ini dapat dilakukan secara alami dengan memanfaatkan kandungan dalam daun senna.
  20. Memberikan Asupan Serat untuk Sistem Pencernaan- Terakhir, manfaat daun senna untuk pencernaan adalah dalam memberikan asupan serat. Pencukupan asupan serat dalam sistem pencernaan ini penting dan dapat melancarkan pencernaan seseorang.

Artikel lainnya:


Manfaat Lain Daun Senna untuk Kehidupan Manusia

Selain 20 manfaat daun senna untuk pencernaan manusia, berikut ini 10 manfaat lain daun senna untuk kehidupan manusia. Simaklah kesepuluh daftar tersebut berikut ini.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit – Selain untuk pencernaan, ternyata daun senna pun bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Konsumsi dari daun senna diketahui mampu menjaga kulit tidak kusam dan tetap segar. Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk para wanita.
  2. Melakukan Regenerasi Kulit Mati – Kulit mati sering sekali mengganggu kecantikan kulit seseorang. Cara mengatasi kulit mati ini adlaah dengan memicu regenerasi kulit. Regenerasi kulit ternyata dapat dipicu dengan konsumsi daun senna dalam jumlah yang pas.
  3. Melembutkan Kulit – Selanjutnya, konsumsi daun senna yang memiliki banyak kandungan tumbuhan hijau pun bermanfaat untuk melembutkan kulit. Kulit yang kering dan gersang akibat aktivitas sehari-hari yang padat, dapat anda atasi dengan mengonsumsi daun senna tersebut.
  4. Menjadi Obat Diet Alami – Karena daun senna membantu proses pengolahan makanan serta metabolisme tubuh yang baik, maka diketahui daun senna pun dapat dijadikan obat diet alami. Dibandingkan mengonsumsi obat diet yang mengandung bahan kimia, lebih baik anda mengonsumsi daun senna walau waktunya cukup lama untuk mendapatkan hasil.
  5. Menjaga Tubuh Tetap Bugar – Konsumsi dari daun senna dapat menjaga tubuh tetap bugar. Hal ini merupakan hasil dari efektifnya penyerapan makanan akibat dari sistem pencernaan yang sehat. Itulah sebabnya konsumsi daun senna yang bermanfaat untuk pencernaan sudah tidak perlu diragukan lagi.
  6. Mengobati Radang Tenggorokan – Radang tenggorokan pun diketahui mampu diatasi dengan mengkonsumsi daun senna ini. Kandungan daun senna pun diketahui dalam mengatasi luka-luka yang menyebabkan tenggorokkan menjadi radang.
  7. Menjaga Kesehatan Hati – Daun senna dapat menjaga kesehatan hati karena fungsinya yang membantu kerja hati dalam melakukan pentralisiran racun dengan mudah.
  8. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Serat dalam Tubuh – Daun senna seperti yang sedikit pernah disinggung di atas memiliki asupan serat yang baik untuk tubuh. Tidak hanya untuk kebutuhan pencernaan tetapi juga untuk kebutuhan kesehatan kulit dan wajah.
  9. Membuang Racun pada Tubuh – Kandungan daun senna yang baik pun diketahui mampu membuang racun dalam tubuh seseorang. Oleh karena itu, konsumsilah daun senna dengan rutin dan dapatkanlah tubuh sehat anda kembali.
  10. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh – Daun senna mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Hal ini sangat erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, anda sangat disarankan untuk mengonsumsi daun senna untuk mencegah penyakit-penyakit datang menyerang anda.

Artikel lainnya:

Demikianlah tadi 30 manfaat daun senna untuk pencernaan dan untuk kesehatan lainnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dalam menjaga kesehatan. Selamat mencoba!

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal