10 Manfaat Kulit Durian Bagi Kesehatan Tak Terduga

Buah durian sangat terkenal dengan aromanya yang sangat khas dan menyengat namun menjadi salah satu jenis buah yang disukai banyak orang. Ketika mengkonsumsi buah durian, hampir semua orang akan langsung membuang bagian kulitnya. Namun sebenarnya, kulit durian tersebut masih bisa digunakan karena memiliki banyak manfaat yang tidak diketahui banyak orang. Dalam kulit durian juga mengandung beberapa zat penting seperti serat, selulosa, lignin, pektrin dan masih banyak lagi yang lain. Berikut akan kami jelaskan beberapa manfaat kulit durian bagi kesehatan selengkapnya.

  1. Menghilangkan Bau Durian

Mengkonsumsi buah durian memang akan selalu meninggalkan bau yang menyengat di mulut. Untuk sebagian orang, hal ini tentu sangat mengganggu sehingga segala cara dilakukan untuk menghilangkan bau tersebut yang bisa dilakukan dengan kulit durian selain banyak juga manfaat buah durian. Air bisa dituangkan pada bagian dalam kulit yang cekung dan pakai air tersebut untuk berkumur.

  1. Mengusir Nyamuk

Aroma durian yang sangat menyengat ternyata tidak hanya mengganggu sebagian orang namun juga tidak disukai nyamuk. untuk itu, kulit durian bisa digunakan sebagai obat pengusir nyamuk dengan cara membakar kulit durian dan biarkan asap yang dihasilkan tersebut mengisi seluruh ruangan untuk mengusir nyamuk selain bisa juga menggunakan manfaat kelambu.

  1. Mengatasi Sembelit

Kulit durian juga memiliki manfaat serat yang sangat baik untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti sembelit. Cara menggunakannya juga sangat mudha yakni dengan menghaluskan bagian dalam kulit durian yang berwarna putih kemudian campur dengan madu dan konsumsi sebanyak beberapa sendok hingga masalah sembelit bisa disembuhkan.

  1. Mengatasi Sakit Perut

Kegunaan dari kulit durian selanjutnya adalah untuk mengatasi sakit perut selain juga bisa menggunakan manfaat kunyit untuk lambung. Caranya, anda hanya perlu mengambil bagian dalam kulit durian yang berwarna putih kemudian dihaluskan memakai blender. Tempelkan kulit durian yang sudah dihaluskan tersebut pada bagian perut dan diamkan selama 15 menit untuk membantu mengurangi rasa sakit perut.

  1. Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri menstruasi hampir dialami setiap wanita khususnya ketika sedang  melakukan aktivitas yang padat. Selain bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, nyeri haid juga bisa mengganggu mood wanita. Kulit durian bisa digunakan sebagai obat anti nyeri ketika menstruasi dengan cara melumatkan bagian dalam kulit durian yang berwarna putih lalu digunakan sebagai parem area perut. Sesudah itu, lanjutkan dengan mandi memakai air hangat untuk merileksasikan tubuh.

  1. Menyembuhkan Bisul

Manfaat kulit durian berikutnya adalah untuk mengatasi bisul. Meski terbilang seperti masalah yang sepele, namun bisul sangat mengganggu khususnya ketika pecah, berdarah dan menimbulkan bekas luka. Cara paling mudah untuk mengatasi bisul tersebut adalah dengan menggunakan kulit durian. Kulit durian bisa dibakar hingga hangus lalu dihaluskan dan taburkan pada bisul sebanyak dua kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan bisul.

  1. Mengandung Anti Bakteri

Dari penelitian yang dilakukan Universitas Inggris dan juga Thailand membuktikan jika kulit durian bagian dalam yang berwarna putih mengandung zat pektrin yakni senyawa yang sangat efektif untuk melawan serangan bakteri pada tubuh untuk melawan berbagai jenis penyakit.

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan pektrin dalam kulit durian juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah berbagai serangan penyakit. Selain itu, kandungan antioksidan didalamnya juga membantu untuk meningkatkan imun tubuh sehingga semakin kuat untuk melawan penyakit.

  1. Mengentalkan Makanan

Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, kulit durian juga bisa diolah kembali menjadi tepung dan bisa digunakan untuk mengentalkan makanan secara alami. Rasa dari tepung kulit buah ini juga tidak akan mempengaruhi rasa makanan sehingga sangat baik untuk digunakan sebagai pengental makanan.

  1. Sumber Energi

Banyak orang yang tidak mengetahui jika kulit durian bisa digunakan sebagai sumber energi. Kandungan lignin dan selulosa yang ada di dalam kulit durian merupakan sumber karbohidrat yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif bagi tubuh manusia.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan