6 Manfaat Bunga Durian untuk Kesehatan Kulit

Buah yang satu ini merupakan king of fruit diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yaitu raja dari segala buah. Walau banyak orang yang cenderung menghindarinya banyak juga yang menggemari buah durian berbeda jika anda melihat manfaat bunga belimbing wuluh, mereka rela bersusah payah hanya demi mendapatkan buah durian. Karena termasuk salah satu jenis tanaman tropis, maka tak heran jika pohon durian tumbuh subur di Indonesia. Di Indonesia sendiri buah durian paling banyak dijumpai di daerah Kalimantan karena banyaknya petani durian disana, dan durian sendiri merupakan buah asli yang berasal dari Asia Tenggara. Buah durian juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh, selain rasanya yang memikat.

Dengan banyaknya kandungan gizi yang ada, selain digunakan sebagai bahan campuran olahan makanan seperti kue, es, jus, pudding dan masih banyak lagi, buah durian juga memiliki khasiat antara lain karena kandungan antioksidan yang tinggi maka buah durian dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker. Dan dengan mengkonsumsi buah durian maka anda dapat mencegah penyakit kardiovaskuler serta menjaga otot dan tulang agar tidak mudah sakit. Selain itu, buah durian merupakan spesies tumbuhan yang hidup berkelompok berasal dari marga Durio atau Durio Zibethinus dan namanya diberikan dari marga tersebut serta bentuk kulit buah yang menyerupai duri.

Namun selain buah durian berbeda jika anda melihat manfaat batu galih asem, ternyata pohon durian memiliki banyak sekali kelebihan. Salah satu kelebihannya yaitu ternyata bunga durian dapat dikonsumsi. Kebanyakan orang mengolah bunga durian dijadikan sebagai lauk tambahan ketika makan nasi. Ada berbagai menu masakan berbahan dasar bunga durian seperti oseng- oseng, sayur pedas, hingga dicampur dengan kuah ikan ataupun daging. Rasanya yang khas serta kandungannya yang baik untuk tubuh mampu menutrisi tubuh anda dengan baik. Bagi and yang penasaran dengan kandungan nutrisi bunga durian, berikut rinciannya.

Kandungan Gizi Bunga Durian

  • Energi
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Lemak
  • Serat
  • Vitamin
  • Folat
  • Asam
  • Kalium
  • Fosfor
  • Saponin
  • Flavonoid

Sebenarnya masih banyak sekali kandungan dari bunga durian, di atas hanya sebagian saja. Banyaknya kandungan nutrisi pada bunga durian menjadi salah satu daya tariknya tersendiri selain karena rasa dan cara pengolahan yang mudah. Dibalik adanya nutrisi pada bunga durian menyimpan banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan. Bagi anda yang penasaran dengan apa saja manfaat bunga durian, berikut kami sampaikan penjelasannya.

Manfaat Bunga Durian

  1. Obat Jamur

Kandungan saponin pada bunga durian mampu mencegah serta mengobati jamur dan mengurangi infeksi yang terjadi sebab candida di dalam rongga mulut. Hal ini karena saponin memiliki sifat antimicroba yang tinggi sehingga mampu mengobatinya. Ini sangat berguna bagi anda yang ingin menjaga kesehatan mulut anda berbeda dengan manfaat jiang zhi tea, hal ini tentunya sangat penting untuk menjaga kesehatan yang berdampak pada rasa percaya diri anda.

  1. Menurunkan Berat Badan

Bunga durian juga sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan, khususnya bagi anda yang sulit menurunkan berat badan. Anda bisa membuat berbagai menu makanan dari bunga durian dan menjadikannya sebagai menu diet. Hal ini karena bunga durian mampu membantu proses metabolisme lebih cepat dan membakar lemak lebih efektif dan cepat.


  1. Obat Infeksi Kuku

Bagi anda yang sering mengalami salah potong kuku kaki ataupun tangan, pastinya ini akan menyebabkan luka kecil. Biasanya luka ini akan menyebabkan infeksi kecil yang biasa disebut “cantengen”. Untuk membantu proses penyembuhannya dengan cepat dan sebagai obat berbeda dengan manfaat bunga kol, anda bisa mengkonsumsinya secara teratur. Kandungan nutrisi pada bunga durian mampu memperbaiki sel- sel yang rusak karena luka serta sebagai antiseptic dan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi yang ada.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat pada bunga durian sangat baik bagi anda yang sering mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit ataupun susah BAB. Serat yang ada akan melancarkan pencernaan anda sehingga akan mencegah serta mengobati sembelit dan susah BAB.

  1. Obat Jamur Kulit

Ada beberapa macam penyakit kulit yang diakibatkan oleh jamur seperti gatal, kudis, dan masih banyak lagi. Jika anda mengalami hal tersebut, anda bisa mengatasinya dengan rutin mengkonsumsi bunga durian.

  1. Obat Luka

Selain sangat ampuh dijadikan obat jamur kulit berbeda dengan manfaat bunga angelonia, bunga durian juga mampu dijadikan sebagai obat luka. Tentunya obat luka di bagian kulit, adapun cara penyembuhan menggunakan bunga durian yaitu dengan mengkonsumsinya taupun menjadikannya sebagai olahan minuman yang diseduh.

Itulah beberapa manfaat dari bunga durian, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan