6 Manfaat Kinoa Bagi Kesehatan Manusia

Kinoa atau yang sering disebut pula dengan quinoa merupakan salah satu jenis makanan super yang berbentuk butiran atau biji-bijian yang padat. Makanan yang satu ini sangat populer terutama bagi mereka yang tengah melakukan diet. Selain bagus untuk diet, kinoa juga bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Kinoa telah lama dikenal bahkan sejak ribuan tahun yang lalu. Bahan makanan yang satu ini berasal dari suku Inca yang berada di Andes bagian Amerika Selatan. Ada 3 jenis kinoa yang dikenal yaitu kinoa merah, kinoa putih dan kinoa hitam.

manfaat kinoa

Ada banyak sekali kandungan kinoa yang bagus untuk kesehatan mulai dari :

  • Kaya akan fosfor
  • Mengandung vitamin B dan E
  • Terbebas dari kolesterol
  • Potasium
  • Mengandung banyak asam amino
  • Gluten yang rendah
  • Mengandung protein yang tinggi
  • Karbohidrat rendah
  • Mengandung zat besi
  • Kalsium

Adapaun manfaat kinoa adalah sebagai berikut:

1. Untuk melakukan diet

Bagi yang bermasalah dengan berat badan, mengkonsumsi kinoa merupakan pilihan yang tepat. Para ahli gizi dan kesehatan banyak yang merekomendasikan makanan yang satu ini untuk menurunkan berat badan supaya lebih ideal karena mengandung banyak manfaat serat. Dibandingkan dengan jenis biji-bijian yang lain, kinoa setidaknya memiliki serat 2 kali lipat lebih banyak. Serat pada makanan memiliki peran penting bagi pencernaan karena dapat melancarkan pencernaan sekaligus menurunkan resiko terkena sembelit.

Kinoa yang dikonsumsi pada saat diet, juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, diabetes serta tekanan darah tinggi. Hebatnya lagi serat yang dikandung dalam kinoa dapat mengatur kadar glukosa dan kolesterol yang memungkinkan untuk terhindar dari penyakit obesitas dan wasir. Serat dalam kinoa juga merupakan diet alami yang baik karena dapat menimbulkan rasa kenyang yang tahan lama sehingga keinginan makan akan lebih berkurang.

2. Sumber protein

Biji kinoa yang berwarna merah dan putih ternyata mengandung banyak sekali manfaat protein. Hebatnya lagi, kinoa dianggap sebagai salah satu makanan yang memiliki paling banyak kandungan proteinnya.

3. Mengandung karbohidrat pintar

Ketika dalam masa diet, banyak orang yang tidak menyukai manfaat karbohidrat karena mengandung glukosa yang dapat membuat berat badan naik. Namun berbeda dengan kinoa, makanan yang satu ini mengandung karbohidrat pintar yang tidak membuat terjadinya lonjakan gula pada tubuh karena mengandung glikemi yang rendah.

4. Untuk memperbaiki jaringan

Kehebatan kinoa dapat pula ditemukan pada kandungan lisinnya. Lisin sendiri merupakan zat yang bertanggung jawab dalam pertumbuhan jaringan serta perbaikan jaringan. Lisin juga bagus untuk memperbaiki otot yang cedera entah karena olahraga atau hal yang lain.

5. Mengandung magnesium

Kinoa juga memiliki kandungan baik yang berupa magnesium. Kandungan kinoa yang satu ini memiliki peran untuk menghindari resiko terjadinya sakit kepala sebelah atau migrain serta sakit kepala biasa karena dapat merelaksasi pembuluh darah. Sama seperti manfaat zat besi, magnesium juga berperan dalam pengontrolan suhu tubuh dan menghasilkan energi bagi tubuh anda untuk melakukan aktivitas dengan baik.

Magnesium juga berperan dalam pengurangan resiko terkena penyakit diabetes tipe 2 karena dapat menurunkan kadar gula darah didalam tubuh. Magnesium juga dikenal sebagai zat yang dapat menghilangkan dampak radikal bebas karena dapat mendetokfikasinya.

6. Kaya akan zat besi

Kinoa memiliki kandungan zat besi yang merupakan vitamin dengan banyak sekali fungsi. Zat besi berperan sebagai pembuat hemoglobin serta sel-sel darah merah yang sehat di dalam tubuh. Selain itu, manfaat zat besi juga berperan sebagai pemasok manfaat oksigen dengan cara mengirimkannya dari satu sel ke sel yang lain. Selain beragam manfaat tersebut, zat besi juga digunakan sebagai zat untuk meningkatkan cara kerja otak, stimulasi aktivitas serta untuk mengatur suhu pada tubuh manusia.

Kinoa merupakan salah satu bahan makanan yang berbentuk biji-bijian yang dapat dimasak dengan mudah dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menitan saja. Kinoa atau quinoa ini memiliki rasa yang nikmat dan dapat dimasak dengan mencampurnya menggunakan garam laut serta manfaat minyak zaitun. Mengonsumsi kinoa dapat dilakukan dengan menjadikannya sebagai sereal di pagi hari atau digunakan sebagai salad. Makanan yang satu ini juga dapat dimakan berdampingan dengan ikan, sayur dan daging.

Cara Penyajian Kinoa

Dalam memasak kinoa sebaiknya membilasnya hingga bersih karena ditakutkan racun kinoa yang bernama saponin masih tertinggal disana. Untuk menyajikan kinoa, anda dapat menggunakan langkah-langkah berikut ini :

  • Cuci dan rendam kinoa menggunakan air selama 5 hingga 10 menit.
  • Per 1 cup kinoa sebaiknya gunakan 2 gunakan 2 cup air bersih
  • Buang air rendaman menggunakan saringan
  • Tuang kinoa menggunakan panci lalu tambahkan 1,5 cup air dan garam secukupnya lalu masak selama kurang lebih 15 menit.
  • Matikan api lalu tunggu kinoa selama 5 menit di dalam panci
  • Anda dapat menambahkan garam, merica atau mentega serta bumbu lainnya sesuai dengan selera selain itu anda juga dapat mengonsumsinya seperti nasi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan