7 Manfaat Lari Jarak Menengah Bagi Stamina Dan Kesehatan Tubuh

Menjaga kondisi kesehatan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab manusia terhadap tubuhnya yang telah digunakan dalam melakukan setiap aktivitas tertentu sehari hari. Menjaga kesehatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menghindarkan seseorang dari berbagai macam permasalahan kesehatan yang tentunya dapat menganggu aktivitas maupun kondisi fisik tubuh. Dalam perkembangannya, menjaga kondisi kesehatan sekarang ini bukan hanya sebagai kewajiban namun sudah disadari menjadi salah satu bentuk gaya hidup karena banyaknya manfaat kesehatan.

Gaya hidup sehat merupakan salah satu kunci dimana seseorang dapat memiliki kondisi fisik dan kesehatan yang terjaga. Salah satu komponen dalam gaya hidup sehat tersebut selain menjaga pola dan jenis makan adalah melakukan aktivitas olahraga. Olahraga yang paling mudah dilakukan salah satunya adalah olahraga lari. Ada beberapa tipe lari sesuai dengan jaraknya mulai dekat, menengah, hingga jauh yang berbeda manfaat dan fungsinya. Berikut penjelasan mengenai manfaat lari jarak menengah yang perlu diketahui dalam ulasan di bawah ini.

1. Menjaga kondisi kesehatan

Lari merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup sederhana dan tidak memerlukan banyak peralatan penunjang sehingga dapat dilakukan kapanpun. Olahraga lari merupakan pilihan olahraga yang dapat digunakan untuk membantu dalam menjalani pola hidup sehat. Salah satu jenis lari tersebut adalah lari jarak menengah yaitu lari yang dilakukan dengan jarak 800m, 1500m, maupun 3000m. Salah satu manfaat lari jarak menengah adalah membantu menjaga kondisi kesehatan seseorang yang bisa jadi berbeda dengan manfaat lari jarak jauh.

2. Melatih pengaturan nafas

Olahraga lari merupakan jenis olahraga atletik yang juga diperlombakan di berbagai event olahraga nasional maupun internasional. Lari menengah juga menjadi salah satu bagian dalam cabang atletik. Selain digunakan sebagai olahraga profesional, lari menengah juga mulai banyak digunakan oleh orang sebagai salah satu bentuk olahraga rutin. Lari dengan jarak yang cukup jauh dan konsisten tersebut tentu membutuhkan pengaturan nafas yang baik sehingga salah satu manfaat dari lari menengah adalah membantu melatih pengaturan nafas.

3. Meningkatkan stamina

Selain membutuhkan pengaturan nafas yang tepat, lari jarak menengah yang konsisten tentu membutuhkan stamina yang juga harus kuat. Pengaturan stamina dibutuhkan untuk membantu agar jalannya lari dapat berlangsung secara konsisten. Dengan adanya latihan pengaturan stamina tersebut maka dapat membantu seseorang memiliki kondisi stamina yang lebih baik dari lainnya. Kondisi stamina yang lebih baik tentu dapat membantu tubuh akan lebih menjadi bugar dan sehat. Dampak positif dari lari menengah ini juga sama dengan manfaat lari maraton bagi kondisi tubuh.

4. Mencegah stres dan depresi

Manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari aktivitas lari jarak menengah adalah dapat membantu mencegah stres dan depresi. Kondisi stres dan depresi memang banyak terjadi di masyarakat perkotaan yang dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti masalah pribadi, aktivitas fisik yang terlalu berat, hingga beban kerja yang terlalu banyak, dan beberapa hal lainnya. Berlari jarak menengah akan membantu memberikan hal positif bagi otak dan membantu menyegarkan tubuh sehingga beban pikiran menjadi lebih ringan. Mencegah stres dan depresi menjadi salah satu manfaat lari bagi wanita yang akan sangat membantu.

5. Memperlancar aliran darah

Lari jarak menengah mungkin memang akan cukup melelahkan terutama bagi para pemula yang baru pertama kali merasaknnya. Agar kondisi tubuh tidak bermasalah saat lari maka sebaiknya perhatikan jarak tempuh yang harus diselesaikan agar menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki. Jarak tempuh dapat meningkat secara bertahap. Salah satu manfaat lain dari aktivtias lari jarak menengah adalah membantu memperlancar aliran darah. Dengan lancarnya aliran darah maka tubuh akan berproses secara normal dan lebih baik lagi. Melancarkan aliran darah juga dapat dilakukan menggunakan manfaat lari di tempat.


6. Mengurangi bobot tubuh

Beberapa orang yang memiliki bobot atau berat tubuh berlebihan tentu akan menyadari dan mencari cara agar dapat menurunkan bobotnya. Selain melalui pengaturan pola makan, aktivitas olahraga yang rutin juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Salah satu bentuk aktivitas olahraga yang banyak dilakukan oleh mereka yang sedang menjalani diet adalah olahraga lari jarak menengah. Dengan demikian, salah satu manfaat lari jarak menengah tersebut adalah membantu dalam mengurangi berat badan karena dalam lari akan banyak kalori yang terbuang.

7. Memberikan efek relaksasi bagi tubuh

Berlari menjadi salah satu wadah aktivitas hiburan yang dapat dilakukan oleh setiap orang dengan salah satu efeknya yakni membantu menjadikan tubuh mengalami relaksasi. Relaksasi yang dimaksud dalam hal ini lebih kepada relaksasi psikologis namun memang akan mengalami kelelahan fisik ketika berlari. Aktivitas lari yang dilakukan secara terus menerus dapat membantu dalam menjaga kondisi kesehatan psikologis.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat lari jarak menengah yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap orang yang memang memikirkan kondisi kesehatan tubuhnya. Secara umum, lari dengan jarak menengah 800 meter sampai 3000 meter akan membantu dalam meningkatkan kondisi kesehatan baik fisik maupun kesehatan secara psikis, membantu meningkatkan nafas dan stamina, dan yang mungkin paling banyak dilakukan adalah menjadi salah satu olahraga untuk penurunan berat badan.

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga