5 Manfaat Olahraga Lari Lintas Alam

Berdasarkan pengertianyalari lintas alam merupakan suatu jenis lari dengan jarak jauh yang memiliki intensitas ringan hingga sedang dimana biasanya dilakukan pada alam yang terbuka seperti pegunungan, apnatai, hutan atau bahkan pemungkiman. Dapat diambil kesimpulan bahwa lari lintas ala mini merupakan suatu jenis lari yang bukan hanya menekankan pada kemampuan berlari namu  pelari juga bisa refreshing dengan melihat pemandangan yang disediakan.

Lari lintas ala mini tidak dilakukan secara berjam-jam atau terdapat ketentuan khusus, lari ini bisa dilakukan hanya dengan satu atau dua jam tergantung dari kemampuan dari pelari itu sendiri. Biasanya lari hanya dilakukan pad jalanan aspal yang keras namun pada lari lintas alam anda tidak hanya berlari pada aspal namun juga bisa berlari pada tanahsehingga akan menyuguhkan suasana yang berbeda khususnya bagi mereka yang biasanya tinggal pada kota besar. Adapun manfaat dari lari lintas alam adalah

1. Mengukur daya tahan tubuh

Sama halnya dengan lari jenis lain lari lintas alam juga dapat dimanfaat kan sebagai pengukur daya tahan tubuh seseorang. Daya tahan tubuh yang baik atau sedang dalam kondisi fit maka seorang pelari bisa berlari dengan jarak lintasan yang lebih jauh juga waktu yang lebih lama sedangkan jika seorang pelari hanya bisa berlari dengan jarak tempuh yang pendek dan waktu yang singkat maka kondisi daya tubuhnya sedang tidak baik.

Jika seorang perlari hanya mampu menempuh jarak yang tidak terlalu jauh maka ia dapat meningkatkan kembali dengan latihan secara terus menerus sesuai dengan kemampuannya sehingga daya tahan tubuhnya akan meningkat. Manfaat melatih daya tahan tubuh sangat dibutuhkan untuk memberikan dampak positif pada tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

2. Rekreasi atau Wisata

Seseorang yang biasanya tinggal atau hidup di perkotaan besar dimana hidup denganpenuh polusi dan pemandangan gedung-gedung tinggi mungkin akan mudah jenuh sehingga membutuhkan rekreasi untuk mnegembalikan mood pada dirinya. Salah satu caranya ialah dengan lari lintas alam. Pada lari ini seorang pelari dapat berolahraga sambil menikmati pemandangan yang ada sehingga pikiran akan kembali fresh.

3. Menguatkan Otot

Berbeda dengan lintasan lari biasanya yang dilakukan pada jalanan biasan lari lintas alam dilakukan pada beberapa medan seperti pegunungan, bukit, persawahan, hutan dll. Hal ini tentunya akan melatih otot-otot tubuh untuk kuat, seperti otot yang ada pada betis dan paha.

4. Melatih rasa percaya diri

Walaupun kedengarannya sedikit aneh namun lari lintas alam juga bisa digunakan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri seseorang karena seorang pelari harus menghadapi medan yang berbeda dari biasanya dan tidak jarang harus berlari sendiri sehingga mau tidak mau seorang pelari harus mempunyai rasa percaya diri bahwa ia bisa menyelesaikan atau finish pada lintasan lari.

5. Menurunkan berat badan

Sama halnya dengan jenis lari lain, saat kita berlari maka kalori atau lemak yang berada dalam tubuh akan terbakar sehingga berat badan akan menurun. Hal ini tentunya akan membuat tubuh menjadi lebih ideal. Agar memperoleh berat badan yang lebih optimal ternyata dengan memanfaatkan manfaat tidur siang untuk diet pun dapat memberikan untuk menurunkan berat badan yang lebih optimal.

Menurunkan berat badan tidak hanya dilakukan dengan diet, tetapi dengan tidur siang yang cukup dan baik dapat membantu menjaga badan agar tetap sehat. Itulah beberapa manfaat dari lari lintas alam semoga bermanfaat. Sekian. Terima Kasih.

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga