4 Manfaat Lari Jarak Jauh Untuk Kesehatan Dan Keindahan Tubuh

Lari merupakan salah satu jenis olahraga yang selain mudah juga tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Dalam olahraga lari sendiri ada beberapa jenisnya seperti sprint atau biasa disebut dengan lari cepat jarak pendek, lari fartlek, dan lari jarak jauh atau biasa disebut lari marathon. Banyak sekali orang yang menggemari jenis olahraga ini karena memang ini merupakan salah satu jenis olahraga paling efektif selain untuk ketahanan juga untuk membakar lemak di tubuh. Dari jenis- jenis lari tersebut anda juga dapat melihat manfaat lari fartlek, jenis lari marathon paling banyak digemari orang. Hal ini karena selain dapat membakar lemak lebih banyak, juga dapat menghasilkan kepuasan tersendiri terutama bagi anda yang sangat menyukai perjalanan.

Untuk lari jarak jauh sendiri dibedakan berdasarkan jarak yang ditempuh berbeda jika anda melihat manfaat olahraga lompat tali, yaitu mulai dari jarak 3000 m, 5000 m hingga 1000 m. Lalu untuk melakukannya, anda tidak harus melakukannya di stadion saja anda juga bisa melakukannya dengan cara berkeliling di jalan raya ataupun sekitar tempat tinggal anda dengan jarak dan waktu yang tepat berdasarkan lari jarak jauh. Selain mudah dan tidak memerlukan biaya mahal seperti olahraga lainnya, adapun berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan setelah melakukan lari jarak jauh.

Manfaat Lari Jarak Jauh

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan jantung anda serta menjaganya agar selalu sehat dan stabil hampir sama jika anda melihat manfaat olahraga adaptif, anda bisa melakukan lari jarak jauh setiap 1 hingga 2 minggu sekali. Hal ini memungkinkan anda mengurangi resiko terkena penyakit jantung, karena olahraga lari termasuk dalam olahraga kardio yang dapat meningkatkan aktivitas kerja jantung. Sehingga ukuran jantung dapat menjadi lebih besar dan mampu menampung lebih banyak oksigen yang sangat diperlukan tubuh dan memperlancar sistem peredaran darah.

  1. Menghilangkan Stress

Perlu anda ketahui bahwa dengan melakukan lari jarak jauh anda bisa menghilangkan stress yang anda derita berbeda jika anda melihat manfaat olahraga billiard, sembari berlari anda bisa melepaskan stress dan membuat pikiran anda jadi lebih tenang. Hal ini karena dengan berlari, anda tidak hanya akan terfokus pada kecepatan dan gerakan lari yang anda lakukan tetapi juga anda akan disuguhkan pemandangan yang indah di sekitar anda serta adanya candaan kecil dari orang- orang yang mendampingi anda berlari.


  1. Meningkatkan Semangat

Tidak hanya menghilangkan stress tetapi anda juga akan lebih semangat dalam melakukan setiap aktivitas anda. Hal ini karena ketika anda berlari jarak jauh ada target tersendiri yang ingin anda penuhi, keinginan ini secara tidak sadar mempengaruhi alam bawah sadar anda untuk meningkatkan semangat dalam menjalani segala aktivitas di hidup anda, anda pun akan menjadi pribadi yang bersemangat dan selalu optimis.

  1. Keindahan Tubuh

Bagi sebagian besar orang khususnya para wanita, memiliki bentuk tubuh yang ramping dan indah merupakan dambaan tersendiri. Anda bisa mendapatkannya dengan melakukan olahraga lari jarak jauh secara teratur setiap 1 minggu sekali dengan ritme kecepatan yang stabil. Dengan melakukannya secara rutin berbeda jika anda melihat manfaat olahraga lunge, anda akan mendapatkan penyusutan lemak dan pengencangan di berbagai bagian tubuh. Tubuh anda akan terlihat lebih ramping dan seksi.

Beberapa manfaat mengenai lari jarak jauh di atas tentu bisa anda dapatkan dengan melakukannya secara rutin dan teratur. Semoga informasi yang dapat kami sampaikan di atas bermanfaat serta menambah pengetahuan anda seputar manfaat lari jarak jauh.

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga