6 Manfaat lari berbelok belok atau Zig Zag

Jenis-jenis olahraga berbagai macam. Ada olahraga senam, olahrga lari, olahraga jalan sehat, olahraga erobik dan lain sebagainya. Bahkan lari pun terdapat beberapa jenis perlarian, ada lari jogging, lari sprint, lari santai, lari cepat, lari zig zag dan lain sebagainya.

Biasanya dalam materi lari setiap pembelajaran di sekolah ada salah satu lari yaitu lari zig zag. Lari ini biasanya dilakukan saat sebelum tema olahraga tesebut adalah sepak bola. Mengapa demikian ? simak penjelasan berikut ini mengapa saat olahraga sepak bola diperlukan pemanasan lari zig zag. Hal tersebut dikarenakan

1. Lari zig zag membantu kelincahan

Dengan lari zig zag maka mereka akan melatih kelincahan dalam berlari. Karena lari zig zag membutuhkan konsentrasi yang tinggi agar tidak menabrak batas-batas yang telah diberikan di depannya.

Lari zig zag biasanya dilakukan dengan cara memberikan tanda start di awal, kemudian susunlah pembatas sebanyak 10 – 15 pembatas, tergantung pada keinginan saat latihan. Berilah spasi pada setiap pembatas. Antara ½ meter sampai 1.5 meter.

Biasanya untuk melatih sepak bola, lari zig zag pertama akan dilakukan lari zig zag saja, namun untuk kedua dan ketiga dilakukan dengan menggiring bola sehingga tentu akan memberikan kelincahan dan ketangkasan dalam mengiring bola.

2. Lari Zig zag membantu memperkuat otot kaki

Bagi pemain sepak bola tentu ini diperlukan, karena ketangkasan dalam pemainan sepak bola terletak pada kaki. Oleh karena itu membuat otot-otot kaki kencang adalah hal yang penting. Dengan terus berlatih lari zig zag ini akan membantu untuk memperkuat otot kaki dan memberikan kelincahan pada kaki. Lari zig zag dapat membantu memperkuatu otit kaki karena pada dsanrya lari ini membantu untuk melatih kecepatan dalam berlari.

3. Mengatasi penyakit jantung

Tentu bagi mereka yang rajin melakukan olahraga akan terhindar dari yang namanya penyakit jantung. Penyakit jantung terjadi apabila oot otot di dalam jantung lemah sehingga dalam kerja jantung membutuhkan kekuatan yang banyak. Beda halnya dengan otot jantung yang selalu kuat. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi jantungkarena jantung tidak perlu bekerja keras sebab otot-otot jantung yang kuat. Sehingga dalam melaksanakan aktivitas pun akan lebih mudah.

4. Melatih pernafasan

Jantung yang sehat akan memberikan efek yang positif terhadap pernafasan pula. Pada dasarnya olahraga jenis apapun dapat membantu untuk mengatur pernafasan sehingga nafas akan menjadi lebih panjang. Nafas yang pendek sangat menganggu akibatnya dengan demikian nafas dapat menjadi sesak.

Beda halnya dengan mereka yang senang berolahraga, mereka yang senang berolahraga akan mendapatkan kesegaran pada tubuh serta mendapatkan pernafasan yang sehat.

5. Membakar Kalori

Manfaat Kalori sangat dibutuhkan oleh tubuh, tetapi terlalu banyak kalori dalam tubuh dapat menyebabkan  penyakit. Salah satunya adalah trigeselida. Trigeselida merupakan lemak dalam darah yang berasal dari kalori yang tidak digunakan sehingga akan pecah menjadi lemak. Lemak inilah yang dinamakan trigeselida. Lemak darah ini membawa dampak yang buruk bila tidak segera disembuhkan. Untuk itu aktivitas membakar kalori sangat dibutuhkan agar kesehatan terjaga dengan baik dan terhindar dari bberapa jenis penyakit.


6. Membakar lemak pada tubuh

Lemak pada tubuh akan mudah terbakar dengan melakukan lari zig zag atau ber belok belok karena lari seperti ini lebih membutuhkan banyak tenaga.

Itulah manfaat yang akan diperoleh dari melakukan lari zig zag denan benar. Memang bagi para atlit, kekuatan pada kaki sangat dibutuhkan. Jadi melatih klari zig zag, jogging, maupun sprint pada setiap olahraga akan memberikan efek yang baik pada tubuh. (manfaat lemak bagi tubuh)

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Olahraga