7 Manfaat Labu Siam Untuk Hipertensi Yang Belum Terungkap

Tanaman labu siam memiliki banyak khasiat yang bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah ataupun dimasak. Seluruh tanaman dari labu siam ini seperti buah, batang dan juga daun memiliki banyak nutrisi dan juga merupakan sumber anti inflamasi yang bisa membantu anda dalam mengatasi hipertensi, batu ginjal dan juga masalah pada pencernaan. Labu siam juga sangat disarankan untuk dikonsumsi dalam program menurunkan berat badan karena rendah kandungan kalori namun tinggi serat. Ada banyak manfaat labu siam untuk hipertensi yang bisa anda dapatkan hanya dengan mengkonsumsi buah ini secara teratur sebagai menu makanan sehari hari dan beberapa diantaranya akan kami bahas dalam artikel dibawah ini.

  1. Tinggi Akan Serat

Labu siam sangat baik dikonsumsi dalam diet serat tinggi untuk mengatasi sembelit dan meningkatkan kinerja usus. Dalam 1 buah labu siam mengandung manfaat serat sekitar 3.5 gram yang sudah mencukupi 14% kebutuhan serat harian anda. Serat ini juga berfungsi untuk mengendalikan kadar gula darah sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan sistem kardiovaskular yang lebih sehat dan tentunya menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang anda derita.

  1. Sumber Potasium

Labu juga merupakan makanan yang tinggi akan potasium yang merupakan salah satu jenis mineral penting dimana manfaat potasium sangat baik untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, penderita gagal ginjal yang juga memiliki hipertensi sangat disarankan untuk mengkonsumsi labu siam ini. Akan tetapi untuk anda yang memiliki kadar kalium tinggi dalam darah, disarankan untuk membatasi asupan labu siam ini agar tidak memperburuk penyakit dan menyebabkan serangan jantung, detak jantung tak beraturan dan juga serangan stroke.

  1. Tinggi Vitamin B Kompleks

Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan vitamin B sangat bagus untuk menurunkan stres emosional sekaligus menormalkan tekanan darah tinggi. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan sistem saraf, vitamin B kompleks dalam labu siam sudah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan metabolisme, menjaga kesehatan otot dan saraf, mendorong pertumbuhan sel baru sekaligus solusi kanker pankreas. Vitamin B dalam labu siam ini khususnya niasin akan menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara meningkatkan sirkulasi darah dan asam folat yang akan mendukung produksi sel darah merah baru yang sehat.

  1. Sumber Magnesium

Dalam labu siam juga mengandung kadar magnesium tinggi yang merupakan mineral terbaik untuk hipertensi atau tekanan darah tinggi khususnya pada pria dewasa. Mengkonsumsi labu siam akan menurunkan tekanan darah jauh lebih baik dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi labu siam.

  1. Mengatur Endothelin dan Angiotensin

Kandungan seng dalam labu siam juga berperan aktif untuk mengatur endothelin serta angiotensin yang sangat berpengaruh terhadap tekanan darah. Mengkonsumsi labu siam sangat baik untuk mencegah penyempitan pembuluh darah yang merupakan salah satu gejala dari hipertensi yang bisa menyebabkan serangan jantung atau stroke secara mendadak.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Sistolik dan Diastolik

Kegunaan lain dari mengkonsumsi labu siam adalah untuk menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Hal ini didapatkan karena manfaat magnesium tinggi dalam labu siam. Dengan terkontrolnya hipertensi, maka anda akan terhindar dari gejala stroke yang merupakan peringatan dari masalah kesehatan darah ini.

  1. Sumber Seng Tinggi

Seng yang terkandung dalam labu siam juga sangat berpengaruh pada tekanan darah. Dalam Journal of Trace Elements in Medicine and Biology membuktikan jika seng sangat baik dikonsumsi dalam kadar yang cukup untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jika tubuh kekurangan seng maka bisa memperburuk kondisi tekanan darah. Untuk pria dewasa disarankan untuk mengkonsumsi 11 mg seng per hari dan untuk wanita 8 mg per hari yang bisa didapatkan secara mudah dengan mengkonsumsi labu siam ini.

Manfaat labu siam untuk hipertensi merupakan satu dari sekian banyak makanan terbaik yang bisa dikonsumsi karena merupakan sumber vitamin dan mineral penting seperti magnesium, seng, vitamin K, vitamin B dan berbagai nutrisi lain yang semuanya sangat dibutuhkan untuk menstabilkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.