7 Manfaat Daun Labu Siam Selain Sebagai Sayuran

Sebenarnya, daun labu siam sudah menjadi makanan umum bagi masyarakat Jawa. Daun labu siam khususnya bagian pucuk yang masih muda umumnya dimasak menjadi sayur bobor yang dicampur juga dengan buah labu siam, pecel, urap atau lalapan rebus serta juga bisa ditumis. Daun labu siam ini juga memiliki rasa yang nikmat serta tidak pahit. Daun labu siam juga kaya akan nutrisi seperti protein, manfaat karbohidrat, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin A dan vitamin C. Ketika mengkonsumsi daun labu siam ini, umumnya akan lebih mudah buang air kecil sebab daun ini juga mengandung zat yang bersifat diuretik. Selain memiliki rasa yang lezat dan kaya akan nutrisi, manfaat daun labu siam juga sangat beragam seperti yang akan kami jelaskan dalam artikel berikut ini.

  1. Mengatasi Anemia

Dalam daun labu siam mengandung zat besi yang sangat penting untuk mengatasi salah satu penyakit berat yakni anemia defisiensi besi. Dengan mengkonsumsi daun labu siam, maka penyakit yang cukup berbahaya ini bisa teratasi dengan baik.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat vitamin A dan C yang terkandung dalam daun labu siam sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi dengan cara meningkatkan respons limfositik pada antigen penyebab penyakit. Ini nantinya bisa memastikan selaput lendir tetap lembab sekaligus juga meningkatkan aktivitas sel darah putih. Tidak hanya bisa mencegah kuman masuk ke dalam tubuh, namun kandungan vitamin dalam daun labu siam bisa membantu untuk melawan infeksi sesudah kuman masuk ke dalam tubuh.

  1. Melindungi Otot Jantung

Daun ubi jalar juga mengandung manfaat kalsium yang sangat penting untuk melindungi otot otot jantung. Jumlah kalsium cukup dalam daun labu siam ini bisa membantu otot jantung berkontraksi dan lebih rileks. Ini juga sangat penting untuk membantu sistem saraf dalam mempertahankan tekanan yang tepat pada arteri. Otot jantung membutuhkan ion kalsium ekstraseluler untuk berkontraksi. Dengan mengkonsumsi daun labu siam ini, maka bisa meningkatkan jumlah kalsium yang nantinya akan berkumpul dengan troponin protein untuk merangsang sekresi cairan ekstraseluler dan penyimpanan intraseluler termasuk juga otot rangka.

  1. Mengatasi Insomnia

Manfaat zat besi yang ada dalam daun labu siam juga sangat penting untuk mengatasi insomnia sekaligus meningkatkan kualitas tidur yang baik dengan cara mengatur ritme sirkadian. Jumlah sel darah merah yang tepat juga bisa menyebabkan fluktuasi tekanan darah yang semakin baik untuk menghindari seseorang terjaga di malam hari.

  1. Mengurangi Jerawat

Mengkonsumsi daun labu siam juga bisa dijadikan solusi kecantikan kulit khususnya mengurangi produksi sebun berlebih sehingga bisa meminimalisir jerawat. Kandungan vitamin A dalam daun labu siam juga penting untuk menguatkan jaringan pelindung kulit sehingga bisa meningkatkan kesehatan dan vitalitas keseluruhan dari permukaan kulit anda. Mengkonsumsi daun labu siam juga penting untuk memelihara jaringan kulit dan selaput lendir, mengeluarkan racun dari dalam tubuh sekaligus membersihkan sistem karena manfaat antioksidannya.

  1. Mencegah Kanker Kolon

Kombinasi berbagai mineral yang terkandung di dalam daun labu siam juga ternyata tidak hanya bisa mencegah penyakit ringan namun juga penting sebagai solusi kanker. Mengkonsumsi daun ini bisa mengurangi risiko adenoma dan juga tumor non maligna pada usus besar.

  1. Mengurangi Premenstrual Depresi

Para wanita seringkali merasakan gangguan mood ketika sedang datang bulan seperti sakit kepala, perubahan suasana hati, tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi. Hal ini bisa terjadi karena tubuh sedang kekurangan beberapa jenis mineral penting seperti kalsium sehingga bisa melepaskan hormon yang bertanggung jawab terhadap perubahan suasana hati pramenstruasi termasuk juga depresi dan iritabilitas.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran