6 Manfaat Labu Siam Untuk Asam Urat Ampuh Menetralkan Purin

Labu siam yang juga terkenal di daerah Amerika Latin ini memiliki nol kandungan lemak sehingga seringkali dikonsumsi sebagai menu diet. Labu siam juga membantu untuk menurunkan asupan kalori sebab sebagian besar terdiri dari air yang akan mengurangi nafsu makan secara alami. Dalam labu siam juga mengandung 14% serat yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi serta mengontrol gula darah penderita diabetes sekaligus mengeluarkan racun dalam tubuh. Serat tidak larut dalam labu siam akan membantu pergerakan usus semakin baik. Dalam labu siam juga mengandung asam folat yang penting untuk kesehatan jantung dan bahkan menjadi makanan sehat ibu hamil sehingga risiko bayi terlahir cacat bisa berkurang sekaligus menjaga keseimbangan air dan mineral penting dalam tubuh. Dari sekian banyak kegunaan labu siam, salah satu khasiat yang bisa diambil adalah manfaat labu siam untuk asam urat. Apa saja manfaat labu siam untuk asam urat?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

  1. Mengandung Flavonoid

Hyperuricemia sangat erat hubungannya dengan asam urat yang umumnya bisa dikendalikan dengan obat allopurinol. Namun efek samping dari obat ini bisa menimbulkan rasa sakit saat buang air kecil dan juga mengurangi rasa sakit perut. Salah satu alternatif aman untuk mengatasi asam urat adalah dengan mengkonsumsi daun labu siam yang sudah terbukti tidak mengandung racun dan ternyata bisa menurunkan kadar asam urat karena kandungan senyawa kimia didalamnya yakni flavonoid.

  1. Meluruhkan Kandung Kemih

Masih berhubungan dengan asam urat, labu siam mengandung sifat diuretik sehingga sangat tepat dikonsumsi penderita asam urat dan penderita encok. Labu siam akan meluruhkan kandung kemih sekaligus melancarkan pembuangan urine dari dalam tubuh.

  1. Mengandung Vitamin C

Vitamin C tidak hanya berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun juga baik dikonsumsi untuk penderita asam urat. Vitamin C dalam labu siam berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang menjadi salah satu pemicu dari asam urat. Selain itu, labu siam juga sangat baik untuk menurunkan dan menetralisir zat purin berlebihan dalam tubuh. Aliran darah juga akan semakin lancar karena kandungan vitamin C dalam labu siam sehingga mencegah timbulnya penumpukan kristal penyebab asam urat.


  1. Mengandung Vitamin B

Dalam labu siam juga mengandung beberapa jenis vitamin dari gabungan vitamin B Kompleks seperti manfaat vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, biotin, asam folat serta niasin. Namun unsur terbanyak dalam labu siam adalah vitamin B5 dan B6 yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan tubuh penderita asam urat untuk menyerap cairan yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Mengandung Asam Folat Tinggi

Asam folat yang terkandung dalam labu siam yang merupakan bagian dari vitamin B ini akan membantu mengatasi kerusakan karena makronutrien yang sangat penting untuk fungsi serta efektifitas organ tubuh. Kandungan folat dalam labu siam akan meningkatkan kinerja ginjal serta hati untuk memastikan jika asam urat dalam darah bisa tersaring dengan baik dan terbuang lewat air kencing. Asam folat ini tidak secara langsung menghambat enzim akan tetapi bekerja sebagai petrin aldehida yakni pemecahan folicolase folic acid yang bertanggung jawab dalam inaktivasi xantin oksidase untuk menghambat kambuhnya asam urat.

  1. Mengandung Magnesium

Dalam labu siam juga mengandung magnesium yang juga baik untuk mengatasi asam urat. Manfaat magnesium yang merupakan mineral alkali yang bisa menurunkan pembentukan asam urat dalam tubuh termasuk kasus asam urat akut. Mencukupi kebutuhan magnesium seperti mengkonsumsi labu siam akan menurunkan risiko asam urat kambuh apabila dikonsumsi secara teratur.

Manfaat labu siam untuk asam urat bisa menjadi pilihan menu makanan sehari hari supaya asam urat tidak kambuh karena dalam labu siam mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk menurunkan kadar asam urat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran