Manfaat Brem Madiun

Apakah Anda pernah makan brem Madiun? Brem Madiun memang makanan khas yang berasal dari Madiun. Jika Anda datang ke daerah ini maka banyak ditemukan brem Madiun yang sudah dikemas dalam kemasan kardus. Makanan ini menjadi sangat terkenal karena cita rasanya yang unik dan menyegarkan. Jika Anda makan brem Madiun maka seketika akan langsung meleleh di mulut. Anda tidak perlu mengunyahnya dan brem akan meninggalkan cita rasa gurih dan sejuk dalam lidah Anda.

Karakteristik Brem Madiun

Brem Madiun merupakan salah satu jenis makanan yang dihasilkan dari proses fermentasi. Ketan hitam yang sudah diolah akan diendapkan selama lebih dari 24 jam dengan memakai ragi atau mikroorganisme buatan. Setelah diendapkan maka sari-sarinya akan diangkat dan dicetak dalam tempat khusus. Makanan ini memiliki warna putih kecoklatan.

Jika dipatahkan maka akan terasa renyah tapi jika dimakan akan terasa lembut dan meleleh. Karakteristik rasa brem akan terasa manis dan asam. Hal ini disebabkan karena brem diolah dari bahan ketan hitam dan putih dengan pengolahan seperti membuat tape. Brem mengandung kalori sehingga bisa membuat badan menjadi lebih segar.

Proses Produksi Brem

brem madiunBrem dibuat dengan mengandalkan proses fermentasi. Brem dibuat dari ketan hitam atau ketan putih. Proses fermentasi akan dibantu dengan sebuah ragi yang dibuat dengan bantuan kapang atau mikroorganisme pengurai. Proses fermentasi brem akan dimulai dengan penghancuran pati yang ditemukan dalam ketan hitam dan ketan putih menjadi gula yang lebih sederhan.

Gula yang dibentuk menjadi lebih sederhana kemudian akan dibentuk menjadi alkohol yang kemudian berubah menjadi zat asam. Proses ini memanfaatkan Acetobacter dan Pediococcus. Kemudian setelah proses ini selesai maka asam yang sudah terbentuk akan dirubah menjadi cita rasa yang muncul pada brem. Zat kimia yang terbentuk dalam proses ini adalah asam piruvat dan asam laktat. Sementara itu zat yang terbentuk dalam brem adalah seperti pati dan gula.

Manfaat Makan Brem Madiun

Brem adalah salah satu makanan yang mengandung alkohol. Alkohol didapatkan dari proses fermentasi. Proses pembuatan brem memang tidak bisa dipisahkan dari produksi tape. Namun brem hanya diambil sarinya dan dipadatkan dalam produksi. Berikut ini adalah beberapa manfaat makan brem.

  1. Makan brem bisa meningkatkan kadar hormon. Brem mengandung alkohol yang bila dimakan tidak berlebihan maka akan membantu meningkatkan fungsi arteri darah. Arteri darah akan menyebabkan aliran darah menjadi lancar dan mendukung pekerjaan enzim dan produksi hormon sehinggga membuat metabolisme tubuh menjadi lebih baik.
  2. Brem juga bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan stroke. Hal ini disebabkan karena alkohol yang terkandung dalam brem bisa membuat aliran darah pada pembuluh darah menjadi lebih lancar. Brem akan menghilangkan timbunan lemak dan plak pada pembuluh darah. Baik juga unutk jantung dan stroke:
  3. Brem juga bisa mengurangi kadar asam dalam darah dan mencegah pembekuan darah. Masalah ini biasanya sering muncul pada orang tua . Brem bisa meningkatkan produksi dehidro epiandrosteron yang ternyata sangat baik untuk melancarakan peredaran darah.
  4. Brem juga bisa mengurangi kadar kolesterol buruk yang bisa menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan beberapa resiko penyakit seperti jantung, diabetes dan stroke. Baik juga untuk mengurangi kadar kolesterol :
  5. Brem juga bisa meningkatkan kesehatan kulit. Konsumsi brem dalam jumlah yang wajar bisa membuat proses regenerasi sel kulit mati berjalan lebih cepat sehingga produksi sel – sel kulit yang sehat akan mudah terbentuk. untuk kesehatan kulit juga dapat menggunakan
  6. Konsumsi brem yang wajar juga bisa menurunkan resiko jerawat dan mengurangi jerawat. Hal ini disebabkan karena brem bisa meningkatkan hormon reproduksi pada remaja yang biasanya menyebabkan jerawat. Baik juga untuk jerawat :
  7. Brem bisa menjadi sumber tenaga karena mengandung gula yang manis. Saat tubuh Anda terasa lemah dan kurang berdaya maka sepotong brem akan membuat tenaga anda menjadi pulih kembali.

Resiko Konsumsi Brem Berlebihan

Semua jenis produk atau bahan makanan yang mengandung alkohol akan menimbulkan resiko jika dikonsumsi secara berlebihan. Semua dampak negatif ini juga muncul jika Anda mengkonsumsi brem dalam jumlah yang terlalu banyak. Terkadang beberapa orang lupa bahwa brem mengandung alkohol sehingga baru merasakan akibatnya. Berikut ini dampak buruk terlalu banyak makan brem.

  1. Makan terlalu banyak brem bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan ada banyak alkohol dalam brem yang bisa menyebabkan lambung menjadi iritasi atau sensitif. Beberapa gejalanya adalah seperti mual, muntah dan diare.
  2. Makan terlalu banyak brem bisa meningkatkan kadar asam lambung sehingga menyebabkan penyakit maag. Orang yang sudah memiliki riwayat penyakit maag sebaiknya makan brem dalam jumlah yang lebih sedikit.
  3. Makan brem yang berlebihan juga bisa meningkatkan kadar gula darah. Sebaiknya orang yang menderita diabetes juga makan brem dalam jumlah yang sedikit saja untuk menghindari kenaikan kadar gula darah.
  4. Konsumsi brem dalam jumlah yang berlebihan juga bisa menyebabkan resiko penyakit jantung dan kanker. Kadar alkohol yang berlebihan dalam darah dapat mengacaukan sistem peredaran darah sehingga meningkatkan resiko penyakit tersebut.
  5. Bagi orang yang memiliki penyakit liver atau gangguan hati sebaiknya juga harus waspada dengan brem. Anda tetap bisa makan brem namun dalam jumlah yang sangat sedikit. Alkohol dalam brem dikhawatirkan bisa menyebabkan penyakit hati menjadi lebih buruk.
  6. Brem tidak boleh dikonsumsi oleh bayi, balita dan anak-anak. Brem memiliki efek yang sangat peka terhadap saluran pencernaan sehingga makan brem pada anak-anak bisa menyebabkan sakit perut dan diare.

Brem adalah jenis makanan yang mengandung alkohol. Bagi orang yang baru pertama kali makan maka akan merasakan sensasi seperti makan permen yang mengandung mint. Namun jika Anda tidak ingin menerima akibat buruknya sebaiknya konsumsi brem dalam jumlah yang sedikit saja. Lebih baik jika langsung minum air putih setelah makan brem untuk menetralisir rasa brem dalam mulut.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 09th, May 2015 / 14:38 Oleh :
Kategori : Makanan